Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Muncul Jerawat di Pipi

Penyebab Jerawat di Pipi

Penyebab jerawat pastinya ingin diketahui oleh banyak orang supaya mereka bisa meminimalisir terjadinya jerawat itu sendiri. 

Penyakit pilosebabaceous unit (PSUs) merupakan suatu penyakit yang digambarkan oleh dokter mengenai jerawat. 

Rambut halus yang mana terdapat di folikel yang merupakan kelenjar sebasea yang pada sebuah kanal terhubung dan ini merupakan bagian dari PSUs yang bisa temukan pada semua bagian tubuh manusia.

Namun bagian seperti dada, punggung dan muka merupakan bagian yang paling utama. 

Pori-pori yang merupakan folikel yang terbuka yang mana pada permukaan wajah bisa menghitam atau gosong karena sebum atau zat minyak yakni kelenjar sebasea. 

Keratinocytes baris folikel disebut juga dengan sel.

Awal mula penyebab jerawat bisa dilihat karena sebuah plug yang muncul yang dihasilkan oleh folikel sempit yang terisi oleh karatinocytes, sebum dan rambut. 

Lewat pori-pori sebum yang akan masuk ke permukaan wajah akan dicegah oleh steker. Di dalam pasangan folikel pada kulit akan muncul bakteri Pripionibacterium yang dihasilkan oleh campuran sel dan minyak. 

Suatu peradangan akan muncul karena sela darah putih yang tertarik oleh suatu bakteri yang bisa menghasilkan bahan enzim dan kimia. 

Ada beberapa gejala pada peradangan yang mana peradangan itu sendiri bisa diartikan dengan adanya cedera atau reaksi karakteristik jaringan suatu penyakit, gejalanya seperti bengkak, nyeri, panas dan kemerahan. 

Apabila terjadi kerusakan pada pasangan dinding folikel maka jerawat akan muncul karena bakteri, sel-sel kulit gudang serta berbagai sesuatu yang tumpah dan akan masuk ke dalam kulit yang areanya berdekatan dengan sebum.

Dibawah ini akan disebutkan diagram mengenai lesi yang seringkali berhubungan dengan penyebab jerawat yang banyak dirasakan oleh orang. 

Komedo (Kom-e-do) yang merupakan lesi jerawat dasar, yakni yang terpasang pada folikel rambut yang mana hanya ada pembesaran. 

Whitehead merupakan benjolan yang berwarna putih yang mana disebut juga dengan komedo tertutup apabila tetap terdapat dibawah kulit dari komedo atau folikel yang dipasang tersebut. 

Apabila pada permukaan kulit terlihat hitam maka disebut dengan blackhead atau komedo yang terbuka yang mana pada permukaan wajah komedo tersebut telah sampai. 

Karena udara yang mengenai sebum merupakan perubahan yang menyebabkan warna yang mengitam tersebut. 

Kotoran sebenarnya bukanlah penyebab dari terjadinya komedo tersebut. Pada jangka waktu yang tidak pendek mungkin saja komedo dan whiteheads akan tetap berada di situ.

13 Penyebab Utama Jerawat

Tidak banyak yang tau apa saja sebenarnya penyebab jerawat yang seringkali diresahkan oleh banyak orang. 

Namun adapula yang menyebutkan bahwa factor genetis merupakan penyebab terjadinya jerawat tersebut. 

Tetapi tak hanya itu, ada banyak lagi faktor-faktor yang dapat kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penyebab Jerawat Karena Paparan Senyawa Kimia Tertentu

Chlorinated dioksin merupakan paparan dioksin yang beracun yang ada hubungannya dengan chloracne.

2. Penyebab Jerawat Karena Paparan Halogen

Paparan halogen seperti fluoride, klorida dan iodide ada hubungannya dengan halogen jerawat.

3. Penyebab Jerawat Karena Menggunakan Kronis Amfetamin

Tak hanya kronis amfetamin saja namun obat-obatan lainnya juga berpengaruh dengan timbulnya jerawat pada muka anda.

4. Penyebab Jerawat Karena Di Dalam Pori Pori Terdapat Bakteri

Jerawat bisa terjadi karena suatu bakteri anaerobic yang merupakan propionibacterium acnes (P. acnes). Hal ini karena terjadinya peningkatan pada zat antibiotic pada in-vitro yang melawan P. acnes.

5. Penyebab Jerawat Karena Penggunaan Steroid Anabolic

Hal ini juga bisa mempengaruhi terjadinya jerawat pada permukaan wajah.

6. Penyebab Jerawat Karena Obat Tertentu

Dalam hal ini obat-obatan yang dapat menyebabkan jerawat seperti androgen, barbiturates ataupun litium.

7. Penyebab Jerawat Karena Tingkatan Stress

Jerawat suar akan timbul karena stress dan hal ini merupakan daftar yang telah disampaikan oleh National Institutes of Health (USA). 

Jerawat yang dianggap amat parah dan ada hubungannya dengan stress yang meningkat yang secara statistiknya telah terjadi peingkatan mengenai studi yang dilakukan oleh remaja di Negara Singapura.

8. Penyebab Jerawat Karena Hormone Tertentu Yang Hiperaktif

Dalam hal ini yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat karena hormone sekunder dan kelenjar sebasea yang terlalu hiperaktif.

9. Penyebab Jerawat Karena Akumulasi Dari Kulit Mati Sel

Pori yang tertutup ataupun kulit mati sel juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

10. Penyebab Jerawat Karena Aktifitas Hormone

Pubertas dan siklus haid bisa menjadi factor yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat itu sendiri. 

Sebum yang dihasilkan akan lebih besar lagi dan kelenjar akan menjadi terlihat lebih besar karena kelenjar folikular androgen yang mana dalam hal ini telah meningkat ketika memasuki masa pubertas.

11. Penyebab Jerawat Karena Terjadinya Peradangan

Radang bisa terjadi karena adanya aktifitas radang yang terjadi sebagai akibat dari kulit yang terjadi iritasi dan karena garukan. Jerawat akan lebih meningkat lagi dan hal ini disebut dengan antiradang.

12. Penyebab Jerawat Karena Stres

Mulai dari kelenjar adrenal (stress) output hormone akan meningkat sehingga timbullah stress itu sendiri. 

Dalam hal ini mengenai timbulnya jerawat dapat diketahui melalui hasil penelitian secara ilmiah yang mana mengenai parahnya jerawat yang muncul.

13. Penyebab Jerawat Karena Adanya Sejarah Keluarga Atau Genetic

Apabila ada saudara yang memiliki riwayat jerawat maka sangat berpengaruh besar pada timbulnya jerawat pada seseorang. 

Dalam hal ini bisa dilihat pada anak-anak yang dirasa usianya masih tergolong belia namun sudah muncul jerawat maka kemungkinan hal ini karena factor keturunan. 

Pada  hal ini jumlah retentional jerawat lesi terutama dalam peningkatannya dan mengenai sebelumnya jerawat yang muncul ada hubungannya dengan riwayat pada keluarga mengenai penyebab jerawat.

Sumber & Referensi
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/325971
  • https://www.self.com/story/face-acne-causes
  • https://www.nhs.uk/conditions/acne/causes/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Muncul Jerawat di Pipi"