Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Kanker Otak pada Anak-Anak

Penyebab Kanker Otak pada Anak-Anak

Penyebab kanker otak secara pasti belum diketahui, namun sudah banyak hasil studi mengenai hal ini yang sudah dikumpulkan sehingga kita bisa menghindari beberapa hal yang bisa memicu timbulnya kanker otak dan berusaha melakukan tindakan awal ketika kita mengidap penyakit ini. 

Tumor yang paling banyak berkembang pada anak-anak adalah tumor otak, selain itu penyakit ini lebih banyak berkembang pada anak perempuan daripada anak lelaki.

Hingga saat ini para ahli telah berusaha mencari tahu apa penyebab kanker otak melalui berbagai penelitian sehingga didapatkan beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan anak terkena kanker otak. 

5 Penyebab Kanker Otak pada Anak-Anak

Berikut ini adalah 5 kondisi yang berhubungan dengan risiko kanker otak sesuai dengan yang dilansir oleh Onlymyhealth,

1. Terapi Radiasi

Penyebab kanker otak yang pertama adalah efek samping yang diakibatkan terapi radiasi yang dilakukan pada anak untuk mengobati penyakit tertentu. 

Awalnya anak akan mengidap tumor di otak kemudian akan berkembang terus menjadi kanker dan ini akan merusak daerah yang berada di sekitarnya.

2. Paparan Bahan Kimia

Penyebab kanker otak yang berikutnya adalah adanya bahan kimia yang masuk dalam tubuh kemudian mengubah struktur gen yang seharusnya melindungi tubuh menjadi gen kanker yang bisa membahayakan tubuh. 

Maka dari itu orang yang bekerja pada tempat penyulingan minyak dan laboratorium kimia dan nuklir lebih berisiko terhadap penyakit kanker. 

Ada kemungkinan mereka yang bekerja ditempat tersebut tidak menderita kanker namun kanker tersebut akan tumbuh pada anaknya, hal ini disebabkan oleh struktur gen yang ada dalam tubuh ayah yang telah berubah.

3. Riwayat Kanker Otak dari Orang Tua

Penyebab kanker otak yang selanjutnya adalah karena faktor keturunan. 

Anak yang orang tuanya mengidap kanker lebih berisiko terhadap kanker karena tumor akan berkembang pada sistem saraf pusat anak. 

Oleh karena itu tindakan pencegahan harus segera dilakukan untuk memutus pertumbuhan kanker.

4. Kelainan Gen

Kelainan gen terjadi akibat adanya penyusunan ulang pada kromosom. Jika ini terjadi pada anak, maka anak tersebut akan sangat berisiko terhadap penyakit kanker karena kelainan gen bisa menumbuhkan sel yang sangat banyak dan tidak terkendali. 

Kondisi inilah yang akan memicu tumbuhnya kanker pada anak.

5. Kondisi Tertentu yang Dipengaruhi Genetic

Penyakit kanker juga bisa disebabkan oleh kondisi genetic tertentu, misalnya neurofibromatosis, sindrom tertentu dan retinoblastoma. 

Karena kondisi ini bisa merubah kondisi gen atau kromosom yang ada dalam dirinya yang kemudian diwariskan kepada anaknya. 

Jika penyakit ini telah diderita oleh orang tua maka anaknya akan lebih berisiko mengidap kanker, itulah salah satu penyebab kanker otak.

Sumber & Referensi
  • https://www.onlymyhealth.com/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kanker Otak pada Anak-Anak"