Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Penyebab batuk memang beragam ada yang karena debu, asap, makanan, lendir dan lainnya. Namun itu semua adalah satu yaitu reaksi terhadap suatu iritasi pada tenggorokan. 

Sebenarnya batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang berada pada saluran pernapasan dan itu merupakan reaksi terhadap iritasi. 

Batuk terjadi karena adanya rangsangan yang pada reseptor batuk seperti hidung, saluran pernapasan atau telinga. Kemudian reseptor akan mengirimkan sinyal ke pusat batuk melalui syaraf. 

Pusat batuk berada di otak setelah itu sinyal dikirimkan ke otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, dari situlah terjadinya batuk. 

Tetapi bagaimana jika ada orang menderita batuk hingga berkepanjangan? apa penyebabnya?

Apakah batuk anda tidak bersahabat? sudah terjadi berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan namun tidak kunjung sembuh? jika berbagai cara sudah anda lakukan atau mungkin obat apa saja sudah anda minum namun batuk anda tetap saja tidak mau hilang maka anda wajib membaca artikel ini. 

Batuk yang terjadi kurang dari 3 minggu adalah batuk tidak akut, sedangkan untuk batuk yang tengah berlangsung sekitar 3 hingga 8 minggu adalah batuk akut. 

Dan untuk batuk yang berlangsung lebih dari 8 minggu adalah batuk kronis dan apa yang menjadi penyebab batuk itu. Dari jenis batuk ini, penanganannya pun juga berbeda.

5 Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Ada sekitar 5 kondisi yang menyebabkan batuk ini dan ini yang biasa terjadi di masyarakat, yaitu :

1. Batuk Rejan atau Pertusis

Batuk rejan atau pertusis disebabkan oleh bakteri. Gejala yang umum ditimbulkan oleh batuk jenis ini adalah demam, hidung meler, batuk yang terus-menerus tanpa henti sehingga penderita mengalami kesulitan dalam bernafas.

Gejala yang khas dari batuk rejan adalah ketika anda menghirup udara ke paru-paru saat batuk akan menghasilkan suara rejan yang bernada tinggi. 

Batuk kronis yang disertai oleh pertusis bisa berlangsung hingga berminggu-minggu dan kadang pada awal batuk penderita belum menunjukkan gejala demam.

2. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu batuk kronis yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Penyebab batuk ini adalah adanya infeksi bakteri, alergi dan penyumbatan hidung yang menyebabkan peradangan pada salah satu atau lebih rongga sinus. 

Biasanya orang yang menderita batuk jenis sinusitis ini akan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

3. Gastroesophageal Reflux (GERD)

GERD adalah penyebab batuk yang memberikan rasa nyeri pada dada dan sesak napas. Penyakit ini berasal dari lambung dan kerongkongan. 

Penyakit ini terjadi karena adanya kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan. 

Hal ini disebabkan oleh katup yang lemah. Batuk yang dtimbulkan oleh GERD biasanya juga bertahan dalam waktu yang relative lama.

4. Merokok

Merokok memang tidak memberikan manfaat yang berarti bagi penggunanya. Namun kebudayaan kita telah menganggap orang yang merokok adalah orang yang jantan, keren, dan eksis. 

Pengakuan social inilah yang menjadikan sebagian besar remaja kita merokok. Merokok adalah salah satu penyebab batuk secara umum. Batuk itu terjadi akibat adanya benda asing yang berada pada saluran batuk. 

Jika anda merokok maka zat kimia yang terkandung dalam rokok akan menempel pada saluran batuk sehingga menimbulkan reaksi, reaksi inilah yang menyebabkan seseorang batuk. 

Maka dari itu sebaiknya anda segera menghentikan kebiasaan buruk anda itu supaya anda tidak mengidap batuk kronis yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda.

5. Common Cold

Umumnya tubuh akan bereaksi terhadap perubahan cuaca. Salah satunya adalah common cold, pada kondisi dingin tubuh akan berusaha melindungi diri dengan cara meningkatkan sekresi lendir. 

Sehingga tidak heran jika saat dingin kita akan lebih sering mengalami pilek karena ini memang bentuk perlindungan terhadap tubuh kita dari dingin. 

Lendir pada hidung juga bisa terjadi karena virus, yang disebut dengan rhinoviruses, virus ini virus inilah yang menyebabkan anda pilek. 

Banyaknya lendir atau cairan yang berada pada hidung inilah yang akan menjadi penyebab batuk.

Sumber & Referensi
  • https://www.dispatchhealth.com/blog/cough-that-wont-go-away/
  • https://www.healthline.com/health/cough-that-wont-go-away
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh"