Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya

Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya

Semua orang ingin tahu apa yang menjadi penyebab asam urat, karena penyakit ini sangat merepotkan dan menganggu kegiatan sehari-hari. 

Penyakit asam urat akan menyebabkan rasa nyeri di pinggang dan persendian. Tentunya hal ini akan sangat menganggu pekerjaan dan produktivitas sehari-hari karena rasa sakit yang diderita membuat kita tidak bisa bekerja normal seperti biasa. 

Untuk dapat menghindari penyakit ini sangat penting untuk mengetahui penyebab asam urat. 

Bagi anda yang telah terkena asam urat, jika anda tahu penyebabnya maka anda akan dapat menghindari hal-hal yang mungikn akan membuat asam urat anda menjadi lebih parah.

Apa yang Menjadi Penyebab Asam Urat?

Penyakit asam urat dapat teridentifikasi jika anda merasakan nyeri atau ngilu di persendian atau di pinggang anda. 

Penyebab asam urat adalah tingginya kadar asam urat yang ada di dalam darah manusia. Tingginya kadar asam urat tersebut dikarenakan adanya gangguan metabolism yang menyebabkan protein purin tidak dapat termetabolis dengan baik. 

Hal ini menyebabkan asam urat (uric acid) yang terbentuk akibat gangguan metabolism tersebut tidak dapat dibuang oleh tubuh kita. 

Hal tersebut merupakan penyebab asam urat. Maka dari itu asam urat yang tidak terbuang menjadi tertimbun di persedian kita.

Apa yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Penyebab Asam Urat?

Agar dapat mencegah asam urat, kita sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin dengan kadar tinggi. Dengan mengurangi makanan terebut maka penyebab asam urat dapat dicegah sejak dini. 

Beberapa makanan yang menjadi penyebab asam urat yang mengandung purin tinggi adalah diantaranya bayam, asparagus, jamur dan kembang kol karena sayuran-sayuran tersebut mengandung purin yang tinggi. 

Daging merah dan kerang juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit ini. Sementara untuk minum minuman seperti yang mengandung manis dengan gula buah  alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko asam urat.

Kurangi konsumsi makanan makanan tersebut sebelum anda menderita asam urat. Seperti biasanya anda juga dapat mebaca artikel lainnya yang berhubungan yaitu penyebab sakit kepala dan penyebab keputihan.

Dengan mengetahui penyebab asam urat, anda dapat mulai menghindari penyebab penyebab tersebut. Seperti pepatah kuno yang selalu disebut sebut hingga saat ini, mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

Dengan menghindari hal hal yang menjadi penyebab asam urat mudah-mudahan anda akan dapat terhindari dari asam urat. 

Namun perlu diingat bahwa, kami tidak menganjurkan anda untuk berhenti memakan sayuran tersbut, karena kandungan nutrient lainnya dibutuhkan oleh tubuh. Maka konsumsilah dalam jumlah yang cukup untuk menghindari penyebab asam urat.

Sumber & Referensi
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gout/symptoms-causes/syc-20372897
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya"