Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyakit Jantung dan Gejalanya

Penyakit Jantung dan Gejalanya

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. 

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga kebutuhan tubuh akan oksigen bisa terpenuhi, oleh sebab itu jantung termasuk dalam organ yang paling penting dalam tubuh. 

Selain oksigen jantung juga berfungsi untuk mengedarkan sari-sari makanan yang diperlukan oleh tubuh sebagai metabolisme melalui darah. 

Selain memompa darah ke seluruh tubuh jantung juga berfungsi untuk membersihkan karbondioksida (sisa metabolisme) dalam tubuh. 

Sistem kerja jantung adalah mengumpulkan darah dari seluruh tubuh yang kekurangan oksigen kemudian memompanya menuju paru-paru dimana darah akan mengambil oksigen yang diperlukan dan membuang karbondioksida. 

Setelah darah penuh dengan oksigen kemudian jantung memompanya lagi menuju seluruh jaringan dalam tubuh.

System kerja jantung adalah diastol dan sistol. Diastol merupakan keadaan jantung ketika berdenyut dan setiap ruang jantung akan mengendur dan terisi oleh darah kemudian jantung akan berkontraksi dan memompa darah keluar dari jantung, sistem ini disebut dengan sistol. 

Dua atrium dalam jantung ini akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan selain itu dua ventrikelnya juga akan mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. 

Bagi darah yang memiliki oksigen kurang dan kelebihan karbondioksida akan mengalir menuju 2 vena terbesar (vena kava) dan akan dialirkan ke dalam atrium kanan. 

Setelah itu, jika atrium kanan sudah terisi penuh oleh darah, darah akan di dorong menuju ventrikel kanan kemudian dipompa menuju arteri pulmonalis malalui katup pulmoner dan terakhir masuk dalam paru-paru. 

Dalam paru-paru darah akan mengalir mengelilingi paru-paru yang kaya akan oksigen melalui pembuluh yang sangat kecil yang disebut dengan kapiler kemudian darah akan menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida. 

Karbon dioksida keluar bersama dengan napas yang kita hembuskan. Jika salah satu saja sistem ini tidak berfungsi dengan baik maka bisa menyebabkan penyakit jantung. 

Kemudian darah yang berada dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri. 

Selanjutnya dipompa menuju seluruh jaringan dalam tubuh kecuali paru-paru. Darah yang dialirkan ke seluruh tubuh ini sudah mengandung oksigen yang sangat banyak. 

Darah ini sebelum mengalir dalam tubuh akan melewati katup aorta dan masuk dalam aorta. Aorta adalah arteri terbesar dalam tubuh.

Gejala-Gejala Penyakit Jantung

Berikut gejala-gejala yang akan muncul pada seseorang ketika akan terkena Penyakit Jantung:

Pusing dan Pingsan

Salah satu gejala penyakit jantung adalah bisa menyebabkan penderita mengalami pusing dan pingsan. 

Hal ini terjadi karena aliran darah yang menurun, penurunan ini bisa disebabkan oleh keadaan jantung yang abnormal menyebabkan buruknya kamampuan jantung dalam memompa. 

Selain itu keadaan ini juga bisa disebabkan oleh adanya penyakit otak atau saraf tulang belakang atau mungkin terjadi tanpa adanya penyebab yang serius.

Pingsan juga bisa terjadi karena emosi atau nyeri yang sangat kuat sehingga mengaktifkan sebagian sistem saraf pusat.

Palpitasi (Jantung Berdebar-Debar)

Penyakit jantung juga bisa ditandai dengan gerakan jantung yang lebih cepat dari biasanya. Namun beberapa orang tidak begitu memperhatikan denyut jantungnya, bagi orang yang yang sehat denyut jantung akan bertambah cepat jika dia mengalami atau menonton sesuatu yang dramatis dan ketika dia berolahraga. 

Bagi dokter, mereka akan mendeteksi detak jantung pasien dengan meraba denyut nadi atau mendengarkan denyut jantung meggunakan stetoskop.

Kelelahan atau Kepenatan

Penyakit jantung juga bisa menyebabkan kelelahan bagi penderita. Hal ini disebabkan oleh kerja jantung yang kurang efektif dalam memompa sehingga darah yang dialirkan juga kurang, apalagi jika penderita melakukan aktivitas yang lebih. 

Mungkin bagi sebagian orang menganggap hal ini sebagai akibat dari penuaan yang kemudian mereka mengurangi aktivitasnya secara bertahap.

Sesak Nafas

Salah satu gejala dari penyakit jantung adalah sesak nafas. Sesak nafas ini terjadi karena rongga udara dalam paru-paru kemasukan cairan, keadaan ini disebut dengan kongesti pulmoner atau edema pulmoner. 

Awal gejala yang ditimbulakn bagi penderita jantung adalah sesak nafas ketika dia beraktivitas saja, jika dia tidak melakukan aktivitas sesak nafas tidak akan terjadi. 

Namun seiring dengan memburuknya keadaan atau semakin parahnya penyakit sesak nafas akan terjadi ketika penderita melakukan aktivitas yang ringan bahkan ketika dia sedang istirahat pun keadaan ini juga bisa terjadi.

Nyeri

Penyakit jantung juga bisa menyebabkan nyeri pada penderitanya. Nyeri ini akan dialami penderita jika otot tidak mendapatkan darah yang cukup, keadaan ini disebut dengan iskemi. 

Jika hal ini terjadi maka darah yang tidak mengandung cukup oksigen dan kelebihan hasil metabolisme (karbondioksida) bisa mengakibatkan kejang atau kram. Jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup maka dada akan merasa sesak dan seperti diremas-remas, keadaan ini disebut dengan Angina. 

Rasa nyeri bagi masing-masing orang berbeda tergantung pada jenis dan beratnya. 

Bahkan ada orang yang yang tidak merasakan nyeri sama sekali ketika darah yang dialirkan ke seluruh tubuh berkurang atau tidak cukup mengandung oksigen, keadaan ini disebut dengan silent ischemia.

Akhir Kata

Itu semua adalah penjelasan tentang sistem kerja jantung dan gejala atau efek yang ditimbulkan oleh penyakit jantung.

Sumber & Referensi
  • https://www.nhs.uk/conditions/coronary-heart-disease/symptoms/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyakit Jantung dan Gejalanya"