Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyakit Hernia dan Jenis-Jenisnya

Penyakit Hernia dan Jenis-Jenisnya

Penyakit hernia merupakan penyakit yang banyak dimiliki oleh kaum lelaki yang mana juga dikenal dengan penyakit turun berok yang merupakan lapisan otot di dinding perut sehingga buah zakar turun. 

Jika dibandingkan dengan pria dewasa, pada anak-anak akan lebih rentan terkena penyakit ini. 

Apabila di dalamnya tersebut terjadi suatu infeksi maka penderitanya akan merasakan rasa yang sangat nyeri yang mana kebanyakan dirasakan oleh anak-anak yang aktif dalam setiap melakukan sesuatu. 

Selain itu hernia juga bisa diartikan pada dinding rongga melemahnya jaringan ikat tipis sehingga isi rongga akan menonjol. 

Kata hernia itu sendiri berasal dari bahasa latin yakni hernia. Yang berupa pintu cincin yang merupakan suatu kantong pada dinding rongga yang melemah tersebut. 

Pada bagian di usus isinya akan keluar yang mana masalah tersebut seringkali terjadi di perut penderitanya.

Faktor makanan dan minuman juga menjadi faktor yang sangat penting di dalam proses penularan penyakit hernia tersebut. 

Namun hernia yang terjadi pada anak seringkali karena belum sempurnanya processus vaginalis yang mana hal ini terjadi karena buah zakar atau testisnya turun. 

Di sisi lain otot pada dinding perut yang melemah dan juga karena usia sehingga di dalam rongga perut ada suatu tekanan yang tinggi yang merupakan penyebab penyakit hernia pada orang tua.

Di wilayah dataran tinggi Papua Barat yakni di kota Maumere seorang professor melakukan penelitian dan nama orang tersebut dijadikan nama penyakit hernia tersebut. 

Jika dibandingkan dengan virus influenza HSN1 hampir serupa dengan virus yang terdapat di penyakit hernia tersebut, seperti yang dikatakan oleh professor tersebut. 

Seringkali orang-orang yang selalu melakukan segala kegiatan yang membutuhkan tenaga keras terutama bagi mereka yang tinggal di kota merupakan mayoritas mereka yang seringkali menderita penyakit hernia. 

Penyakit ini akan meyerang tatkala kekuatan fisik yang tidak begitu sehat namun tetap diharuskan untuk bekerja.

Penyakit Hernia dan Jenis-Jenisnya

Internal dan eksternal merupakan 2 macam jenis dari penyakit hernia, berikut ini penjelasannya.

1. Penyakit Hernia Internal

Penyakit jenis ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang karena terdapat di dalam tubuh penderitanya. Seperti belum sempurnanya diafragma yang terbentuk maka terjadilah hernia diafragmatika sebagai akibat adanya celah pada diafragma yang mana diantara bagian perut dan dada sebagai otot pemisahnya. 

Selain dari pada itu ada jenis lain yang dapat kita ketahui yakni hernia hiatal esofagus yang merupakan jenis hernia yang mana pada rongga dada esofagus masuk ke dalamnya melalui suatu celah. 

Apabila kita lebih terperinci lagi dalam mencari tahu ada beragam jenis dari penyakit hernia.

2. Penyakit Hernia Eksternal

Hernia yang terjadi pada daerah pusar dinamakan dengan hernia umbilikalis, sedangkan yang timbul pada area lipat paha dinamakan dengan hernia inguinalis. 

Sebagai akibat bisa dilihat dengan mata telanjang dan bisa didiagnosa dengan mudah penyakit hernia eksternal seringkali terjadi pada bayi.

Penyakit kongenital merupakan penyebab penyakit hernia ekseternal yang seringkali di derita oleh bayi. Penyebab terjadinya penyakit kongenital ini seringkali tidak bisa dideteksi dan pada bayi masih dalam rahim ibunya penyakit ini sudah bisa timbul. 

Jika dibandingkan dengan bayi perempuan, bayi laki-laki akan seringkali menderita penyakit ini dikarenakan lebih kompleksnya kelangsungan dari organ reproduksinya yang mana buah pelir atau testis terjadi proses penurunan. 

Bayi premature juga akan rentan terkena hernia karena ligamen yang terbentuk belum sempurna dan pada saat dilahirkan terjadi penurunan proses testis.

Sumber & Referensi
  • https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hernia-basics
  • https://www.medicinenet.com/hernia_overview/article.htm
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyakit Hernia dan Jenis-Jenisnya"