Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Leukemia Gejala dan Penyebabnya

Gejala Leukemia dan Sebab-sebabnya

Gejala leukemia sangat penting untuk diketahui sedini mungkin agar anda dapat segera melakukan penanganan yang tepat jika benar anda sedang menderita kanker darah atau leukemia. 

Kanker darah atau leukemia adalah salah satu penyakit yang tergolong sangat mematikan di dunia. Penyakit ini menyerang sel darah putih yang ada dalam tubuh manusia. 

Sel-sel darah putih pada tubuh manusia adlah salah satu type sel darah yang dihasilkan oleh sumsung tulang. Selain sel darah putih, sumsum tulang juga memproduksi sel darah merah dan platelet. 

Gejala leukemia dapat ditemukan jika sel-sel darah putih pada tubuh manusia sudah kehilangan keseimbangannya dalam melakukan fungsinya. 

Sel-sel darah putih diproduksi oleh sumsum dalam jumlah yang berlebihan sehingga keadaan tubuh juga menjadi tidak seimbang. 

Dengan mengetahui gejala leukemia sedini mungkin, maka kita akan dapat mengurangi resiko kematian yang seringkali disebabkan oleh penyakit ini.

Gejala Leukemia dan Tanda-Tandanya

Ada banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai gejala leukemia. Tanda pertama yang sering kali terjadi pada orang yang mengidap leukemia adalah keadaan tubuh yang cepat sekali merasa lelah. 

Hal ini disebabkan oleh jumlah sel darah putih yang terlalu banyak membuat tubuh menyerap energi dalam jumlah yang besar pula. 

Selain itu gejala leukemia juga dapat dilihat dari berat badan yang semakin lama semakin berkurang secara tidak wajar. 

Hal ini terjadi bila anda merasa tidak ada perubahan pada pola dan porsi makan anda, namun anda tetap kehilangan berat badan anda. Hal ini disebabkan oleh sel darah putih yang berlebihan dapat merebut kalori yang seharusnya untuk tubuh. 

Gejala leukemia yang ketiga adalah ketika anda sering mengalami sakit kepala pada frekuensi tertentu. Hal ini dimungkinkan karena jumlah sel darah yang terlalu banyak tersebut telah diserap oleh sistem syaraf pusat.

Gejala Leukemia Berupa Mimisan

Gejala leukemia yang paling jelas adalah ketika anda sering mengalami perdarahan dan mimisan. Selain itu, akan muncul lebam yang tidak disebabkan oleh benturan pada kulit. 

Sebaiknya, sebelum terlambat, setelah mengetahui gejala leukemia tersebut anda langsung memeriksakan diri ke dokter. Sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat untuk gejala leukemia.

Mungkin anda juga perlu membaca gelaja penyakit serius lainnya seperti gejala penyakit ginjal, gejala kolesterol serta gejala hepatitis a. 

Gejala leukemia sangat perlu untuk diketahui, lebih cepat lebih baik agar segera dapat dilakukan penanganan yang tepat terhadap penyakit tersebut.

Sumber & Referensi
  • https://www.cancer.org.au/cancer-information/types-of-cancer/leukaemia
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Leukemia Gejala dan Penyebabnya"