Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gejala TBC - Kenali dan Cegah!

Gejala TBC - Kenali dan Cegah!

Gejala TBC mungkin sudah banyak kita jumpai di iklan layanan masyarakat, spanduk di pinggiran kota, pamphlet, Televisi, radio, dan media-media lainnya. Gejala TBC mungkin sudah banyak kita jumpai di beberapa media, namun kita perlu mengenal lagi apa saja tandanya dan bagaimana mencegahnya. 

Selain itu anda juga harus waspada dengan gejala penyakit lainnya seperti gejala kolesterol dan gejala leukemia. 

Penyakit yang diakibatkan oleh Mycobacterium tuberculosis ini memang mempunyai gejala yang sangat khas. 

Walaupun tubuh mungkin sudah terinfeksi bakteri yang mengakibatkan TBC tetapi sistem kekebalan tubuh sering kali bisa mencegah penyakit ini tanpa ada pengobatan TBC lagi. 

Untuk alasan ini, maka dokter telah membuat perbedaan antara TBC laten dan TBC aktif.

Gejala TBC : Tanda TBC Secara Umum dan TBC Paru

Dalam kondisi TBC Laten, seseorang mempunyai infeksi TB, akan tetapi bakteri tetap ada di dalam tubuh tetapi dalam keadaan tidak aktif serta tidak menimbulkan gejala TBC. 

Sedangkan kondisi TBC aktif penderita akan merasa sakit dan dapat menyebar ke orang lain. 

Hal ini bisa terjadi dalam beberapa minggu pertama saja setelah infeksi bakteri TBC, atau bisa terjadi tahun kemudian. 

Kebanyakan orang yang terinfeksi oleh kuman TBC tidak akan pernah mengembangkan gejala penyakit TBC aktif.

Penderita yang terinfeksi terutama bagi penderita yang tergolong dalam TBC aktif akan mengembangkan gejala-gejala yang lain antara lain batuk yang khas disertai dengan dahak berdarah, cepat kelelahan, penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan, berkeringat pada malam hari, demam, kedinginan, sampai kehilangan nafsu makan. 

TBC sangat sering menyerang paru-paru, maka dari itulah kenapa kita mengenal TBC paru atau TB paru. 

Tanda dan gejala TBC paru-paru pada umumnya terdapat beberapa perbedaan diantaranya batuk yang berlangsung tiga minggu atau bahkan lebih, nyeri dada atau sakit pada saat bernapas atau batuk, dan batuk darah.

Gejala TBC : Kenali Sejak Dini dan Lakukan Pencegahan

Di samping paru-paru, TBC juga bisa mempengaruhi bagian-bagian tubuh lainnya, termasuk ginjal, otak, atau tulang belakang. 

Bila TBC terjadi di luar paru-paru, maka gejala TBC yang muncul akan bervariasi tergantung organ yang terlibat. 

Sebagai contoh kasus, tuberkulosis tulang belakang bisa memberikan nyeri di punggung, dan gejala penyakit TBC di ginjal Anda bisa mengakibatkan darah dalam urin atau hematuri. 

Segera temui dokter jika Anda mengalami demam, keringat malam atau batuk terus-menerus, atau penurunan berat badan. 

Tanda-tanda ini adalah sebuah peringatan akan penyakit oleh sebab itu mungkin sangat diperlukan pengobatan TBC sejak dini, karena bisa saja tanda tanda itu adalah gejala TBC.

Adapun beberapa langkah agar tidak terjadi penularan pada orang lain di sekitar penderita di antaranya adalah sebagai berikut: Tutuplah mulut pada saat bersin atau batuk, jagalah jarak jika sedang berbicara dengan orang lain, dan selalu menjemur semua barang setelah pemakaian karena virus akan mati bila terkena sinar matahari. 

Pencegahan ini sangat penting disamping pengetahuan mengenai gejala TBC.

Sumber & Referensi
  • https://www.nhs.uk/conditions/tuberculosis-tb/
  • https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/t/tuberculosis-tb.html
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Gejala TBC - Kenali dan Cegah!"