Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gejala Malaria Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Malaria Yang Harus Anda Ketahui

Gejala malaria umumnya yang kita tahu adalah demam tinggi, tetapi sebenarnya masih banyak gejala-gejala lain yang disebabkan oleh malaria, yaitu penderita akan merasa dingin, sakit kepala, mual, muntah, nyeri pada otot, anemia, pendarahan pada anus, penyakit kuning (jaundice/ ikterus), kejang-kejang bahkan koma. 

Malaria memiliki beberapa jenis, dan dari masing-masing jenis itu akan membawa efek dan komplikasi yang berbeda.

Malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit. Parasit ini masuk ke pembuluh darah melalui perantara nyamuk. Parasit ini dikenal dengan nama plasmodium. 

Plasmodium akan berkembang dan berevolusi dalam darah yang bisa menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, demam ini akan datang dan pergi dalam beberapa hari, sering atau tidaknya demam ini dipengaruhi oleh daya tahan yang dimiliki oleh penderita, itu semua adalah gejala malaria secara umum. 

Kadang ada juga penderita malaria yang tidak mengalami demam sama sekali mereka akan mengeluh dengan adanya flu, sakit kepala, mual, menggigil (kedinginan), berkeringat dan mudah lelah.

Gejala malaria akan dirasakan beberapa hari. Mungkin bagi penderita yang belum terlalu parah ketika infeksi berlangsung mereka tampak sembuh tetapi sebenarnya proses infeksi ini akan terus berjalan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. 

Hal tersebut terjadi karena infeksi ini disebabkan oleh parasit, dan parasit ini akan terus hidup dan berkembang dalam tubuh kita, menyerang system imun yang kita miliki, maka dari itu jika anda merasakan gejala-gejala yang mirip dengan malaria segera periksakan diri untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

A. Gejala Malaria Ringan (malaria tanpa komplikasi)

Malaria ringan memang tidak menimbulkan komplikasi yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit yang lebih serius, sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kematian. 

Tetapi malaria ringan juga memiliki efek yang begitu menyiksa bagi penderita, gejala ini terdiri dari tiga stadium berurutan yang disebut dengan trias malaria, antara lain :

1. Gejala Malaria Cold Stage (Stadium dingin)

Penderita akan mengalami gejala yang disebut dengan kedinginan. 

Gejala ini menyebabkan penderita menggigil atau merasa dingin, gigi gemeretak, denyut nadi cepat, bibi dan jari pucat kebiruan (sianotik), kulit kering, mual, muntah dan lemah. 

Dan gejala ini akan berlangsung selama 15 menit hingga 1 jam.

2. Gejala Malaria Hot Stage (Stadium Demam)

Pada stadium ini penderita akan mengalami demam tinggi dan merasa sangat panas dibagian luar maupun dalam tubuh. 

Muka menjadi merah, mual, muntah,kulit kering dan sakit kepala. Selain itu nadi penderita juga akan normal kembali dan merasa sangat haus. 

Demam yang dialami penderita bisa mencapai 41o C, jika ini dialami oleh anak-anak bisa mengakibatkan kejang-kejang atau step. 

Demam ini akan berlangsung selama 2 hingga 4 jam.

3. Gejala Malaria Sweating Stage (Stadium Berkeringat)

Pada tahap ini penderita akan mengeluarkan keringat sangat banyak kemudian suhu tubuh berangsur-angsur turun hingga normal bahkan ada juga yang sampai dibawah normal. 

Biasanya penderita akan merasa lemah kemudian istirahat setelah bangun penderita akan merasa normal kembali dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan seringkali gejala ini tidak akan kambuh kembali.

Gejala ini bisa dialami oleh penderita selama lebih dari 2 jam hingga 4 jam.

B. Gejala Malaria Berat (Malaria Dengan Komplikasi)

Malaria berat adalah penyakit malaria yang bisa menimbulkan komplikasi pada penderita. Analisa ini bisa dilakukan dengan uji lab Sediaan Darah Tepi atau Rapid Diagnostic Test (RDT). 

Penderita bisa disebut menderita malaria berat jika telah terbukti dalam darah pasien mengandung parasit plasmodium dan memiliki beberapa gejala komplikasi seperti dibawah ini:

1. Penderita akan mengalami sesak nafas atau cepat nafas

2. Mata atau tubuh tampak kuning

3. Demam tinggi

4. Kejang-kejang

5. Penderita akan merasa sangat lemah hingga tidak mampu berdiri maupun duduk

6. Penderita akan mengalami dehidrasi yang mengakibatkan mata cekung, turgor dan elastisitas kulit berkurang, bibir kering, produksi air seni berkurang. Selain itu penderita juga akan mengalami pendarahan pada hidung, gusi dan saluran pencernaan.

7. Penderita akan mengalami gangguan kesadaran dalam beberapa tahap mulai dari koma, penurunan kesadaran tingkat ringan seperti mengigau, salah bicara, merasa sangat lelah dan ingin tidur terus, banyak diam, dan tingkah laku berubah.

Media perantara yang menyebarkan penyakit malaria adalah nyamuk anopheles, nyamuk ini membawa parasit/plasmodium yang kemudian disalurkan ke darah melalui gigitannya. 

Nyamuk anopheles betina yang terinfeksi oleh plasmodium akan menghasilkan keturunan yang terinfeksi pula sehingga media penyebar bertambah banyak, selain itu nyamuk yang telah menggigit penderita malaria kemudian menggigit orang yang sehat, orang juga akan tertular malaria. 

Maka dari itu jagalah kebersihan lingkungan agar nyamuk anopheles tidak berkembang biak selain itu waspadai semua gejala malaria.

Sumber & Referensi
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15014-malaria
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Gejala Malaria Yang Harus Anda Ketahui"