Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gejala Kanker Otak dan Rangkaian Tes Kanker Otak

Gejala Kanker Otak dan Rangkaian Tes Kanker Otak

Gejala kanker otak sangat perlu diketahui dan dipahami secara dalam. Akan tetapi, karena penyakit ini bukan penyakit ringan, maka pengetahuan dasar tentang kanker otak perlu diketahui secara menyeluruh.

Otak sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting bagi segala sistem yang ada dalam tubuh manusia. Apapun yang anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik itu belajar, berjalan, melihat, menyetir, berteriak, tertawa, dan aktifitas yang kita lakukan selalu melibatkan otak. 

Secara sadar atau tidak sadar, otak melakukan ribuan hal dalam beberapa jam saja. Kenalilah dan pahamilah gejala kanker otak sedini mungkin.

Otak sendiri terletak di tulang tengkorak dan terdiri dari tiga bagian. Bagian tersebut adalah otak kecil atau cerebellum, otak besar atau cerebrum, dan juga batang otak atau sering di sebut stem. 

Tiga bagian otak ini terbagi lagi menjadi bagian-bagian kecil yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Tiga bagian dasar otak tersebut, masing-masing bisa terkena kanker dan menimbulkan gejala kanker otak berupa rasa pusing yang luar biasa. 

Antar bagian otak terdapat cairan otak yang biasa disebut cerebrospinal fluid. Bagian luar otak terdapat selaput tipis yang mempunyai fungsi untuk melindungi otak dari cairan tersebut. 

Selaput yang dimaksud adalah meninges. Semua bagian yang ada di otak dilindungi oleh tulang keras yaitu tulang tengkorang.

Kanker sendiri ada dua macam yaitu kanker stadium lanjut dan juga tumor jinak. 

Tumor jinak tetap berbahaya karena tumbuhnya di pusat susunan saraf pusat manusia. Pertumbuhannya bisa merusak susunan tersebut. 

Tumor tersebut akan terus tumbuh dan berkembang menjadi semakin besar, sedangkan otak terletak di sebuah rongga yang tidak bisa membesar dengan ukuran yang sangat terbatas. 

Untuk itulah, kanker atau tumor tersebut bisa mendesak dan menekan seluruh jaringan otak. 

Karena inilah, penderita kanker otak merasakan pusing luar biasa sebagai gejala kanker otak yang awal muncul.

Tanda-tanda dan Gejala Kanker Otak

Gejala awal yang muncul pada penyakit mematikan ini sangat biasa dan mirip seperti penyakit maag. Penderita akan merasakan pusing luar biasa dan merasa mual. Tidak jarang, karena rasa mual tersebut, penderita muntah. 

Cara muntahnya pun berbeda dengan orang ngidam ataupun masuk angin. Cara muntah penderita kanker otak adalah menyemprot dan menyembur berupa cairan. 

Setelah itu, perlahan-lahan fungsi tubuh seperti penglihatan, pendengaran, berbicara, dan gerak motorik menjadi terganggu. Keseimbangan tubuh serta anggota gerak penderita pun semakin melemah. 

Pada wanita gejala kanker otak bisa berupa masa haid yang tiba-tiba tidak teratur dan berhenti sebelum masanya.

Penanganan Gejala Kanker Otak

Setelah merasakan semua hal di atas, sepertinya anda wajib melakukan serangkaian tes untuk memastikan iya atau tidaknya penyakit tersebut dalam tubuh manusia. 

Selain itu, tes-tes medis juga bisa membantu mengetahui tingkat atau stadium kanker otak tersebut. 

Serangkaian tes tersebut adalah dimulai dari CT-Scan, MRI, Angiogram, Myelogram, Spinal Tap, dan tes yang disebut biopsi. 

Tes harus segera dilakukan setelah muncul gejala kanker otak yang sudah disebutkan sebelumnya.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Gejala Kanker Otak dan Rangkaian Tes Kanker Otak"