Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gejala HIV AIDS Yang Harus Anda Ketahui

Gejala HIV AIDS Yang Harus Anda Ketahui

Gejala HIV AIDS tidak muncul di awal terinfeksi, oleh karena itu, apabila Anda masuk dalam kelompok yang kemungkinan berisiko, maka lebih baik Anda memeriksakan diri. 

Setelah satu sampai dua bulan virus HIV menyerang tubuh penderita, sekitar 40-90 persen penderita yang terinfeksi akan mengalami gejala yang sangat mirip dengan gejala flu yang sering disebut sebagai acute retroviral syndrom atau ARS. 

Gejala HIV AIDS bisa tidak muncul di awal terinfeksi, maka dari itu anda sangat dianjurkan untuk segera mengenali gejala-gejalanya. 

Meski demikian, gejala terinfeksi HIV bisa saja tidak terdeteksi bahkan hingga bertahun-tahun kemudian.

Gejala HIV AIDS

Berikut beberapa Gejala HIV AIDS Yang Harus Anda Ketahui:

Demam dan Nyeri Otot

Salah satu gejala HIV AIDS adalah hanya demam ringan dengan suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat celsius. 

Gejala demam ini sering kali diikuti dengan gejala ringan yang lain, misalnya sakit tenggorokan, kelelahan, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening. 

Pada periode ini virus akan berpindah ke peredaran darah dan akan mulai mereplikasi dalam jumlah yang sangat banyak. 

Oleh sebab itu, maka terjadi reaksi yang disebut inflamasi oleh sistem imun tubuh.

Gejala HIV AIDS juga sering dideteksi sebagai infeksi virus, mononucleosis, influenza, bahkan hepatitis dan sifilis. 

Hal ini sangat tidak mengherankan sebab banyak sekali gejala yang sangat mirip, termasuk nyeri pada persendian dan otot. 

Pembengkakan kelenjar getah bening juga sangat mungkin terjadi sebab kelenjar ini adalah bagian dari sistem imun tubuh yang akan mengalami sebuah peradangan bila terjadi infeksi. 

Kelenjar getah bening ini banyak terdapat di paha, ketiak, juga leher. Ruam pada kulit berwujud bercak kemerahan bisa muncul pada tahap awal atau tahap akhir terserangnya tubuh oleh virus HIV AIDS. 

Bila timbulnya ruam ini tidak bisa diterangkan dan Anda termasuk salah satu orang yang sangat berisiko tertular virus HIV, maka segera konsultasi dengan dokter dan lakukan tes.

Berat Badan Turun dan Sering Kesemutan

Berat badan turun bisa menjadi salah satu gejala HIV AIDS. Penurunan berat badan adalah pertanda perburukan penyakit dan juga disebabkan diare berat. 

Jika penurunan berat badan sudah terjadi, maka itu berarti sistem imun dalam tubuh sudah kehabisan tenaga. 

Akan tetapi, berkat terapi antiretroviral, gejala ini sudah sangat jarang muncul. Seseorang yang menderita sindrom AIDS wasting biasanya akan kehilangan 10 persen atau bahkan lebih dari berat badan dia, serta mengalami diare dan kelelahan serta demam lebih dari 30 hari.

Sebagian besar orang di awal periode infeksi HIV akan mudah berkeringat pada malam hari, yang mana tidak terkait sama sekali dengan suhu ruangan. 

Gejala ini bisa saja menjadi lebih buruk pada tahap lanjut dari infeksi yang disebabkan oleh virus HIV. Infeksi HIV pada tingkat lanjut dapat menyebabkan rasa kebas dan geli pada tangan serta kaki. Kebas dan rasa kesemutan ini adalah salah satu gejala HIV AIDS.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Gejala HIV AIDS Yang Harus Anda Ketahui"