Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Gejala Awal Penyakit Ginjal ?

Gejala Ginjal Kenali Sebelum Terkena

Gejala ginjal awalnya bisa sangat halus, oleh sebab itu banyak sekali orang yang tidak sadar mengalami penyakit ginjal kronis. Ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun untuk penyakit ginjal kronis dan yang lebih parah hingga menderita gagal ginjal. 

Gejala ginjal awalnya sangat halus dan banyak orang tidak sadar telah mengalami penyakit ginjal kronis. 

Beberapa orang dengan penyakit ginjal kronik ini bisa hidup tanpa pernah mencapai pada tahap gagal ginjal. 

Akan tetapi, bagi orang pada tiap tahap penyakit ginjal, mengetahui tentang penyakit ini justru adalah suatu kekuatan. 

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Padahal, mengetahui gejala awal penyakit ginjal sebenarnya dapat membantu memperoleh perawatan yang dibutuhkan demi kesehatan.

Perubahan Kencing

Jika Anda atau seseorang yang Anda sayangi atau anda kenal mempunyai satu atau lebih gejala ginjal berikut, atau khawatir mengenai masalah ginjal, maka konsultasi dengan dokter untuk tes urin dan darah menjadi sangat penting. 

Anda perlu ingat bahwa banyak gejala bisa disebabkan oleh alasan yang lain daripada penyakit ginjal itu sendiri. 

Satu-satunya cara untuk mendeteksi penyebab gejala penyakit ginjal secara efektif dan tepat adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter.

Perubahan kencing adalah salah satu gejala ginjal yang perlu Anda ketahui. Gejala penyakit ginjal ini sangat berkaitan erat dengan fungsi ginjal sebagai sebuah organ ekskresi urin, jadi jika menderita gagal ginjal, maka urin bisa berubah. 

Orang yang menderita penyakit ginjal sangat mungkin harus bangun di malam hari pada waktu sedang tidur untuk buang air kecil. 

Urine bisa bergelembung atau berbusa, dimana frekuensi tidak normal, dapat lebih sedikit atau lebih banyak, biasanya urin berwujud pucat atau mungkin mengandung darah atau hematuri.

Pada penyakit batu ginjal, akan terjadi tekanan atau mengalami kesulitan untuk buang air kecil.

Pembengkakan, Mual, dan Nyeri Punggung

Pembengkakan dan kelelahan juga bisa menjadi gejala ginjal yang perlu anda ketahui. 

Gagal ginjal tidak akan mengeluarkan cairan tambahan, yang menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, tangan, dan wajah. 

Ginjal yang sehat membuat erythropoietin hormon yang akan memberitahu tubuh untuk memproduksi pembawa oksigen sel darah merah. 

Jika seseorang menderita gagal ginjal, maka produksi eritropoietin akan lebih sedikit. 

Dengan lebih sedikit sel darah merah yang ada untuk membawa oksigen, maka otak dan otot menjadi lelah dengan sangat cepat. 

Kondisi ini sering disebut sebagai anemia.

Penumpukan limbah dalam darah atau uremia juga bisa menyebabkan muntah dan mual. Kehilangan selera makan bisa menyebabkan penurunan berat badan. 

Beberapa orang yang mempunyai masalah penyakit ginjal sangat mungkin akan merasa perih di bagian samping atau belakang terkait dengan ginjal yang terkena. 

Penyakit ginjal polikistik, yang dapat menyebabkan besar, kista berupa cairan pada ginjal dan terkadang hati, dapat menyebabkan rasa sakit yang juga menjadi salah satu gejala ginjal.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Apa Gejala Awal Penyakit Ginjal ?"