Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari

Panduan Cara Mengatasi Susah Tidur

Bagaimana cara mengatasi susah tidur yang benar? Pada saat ini telah banyak orang yang mengalami susah tidur pada malam hari. 

Apa saja yang membuat orang susah tidur? Ada banyak hal yang telah membuat seseorang mengalami susah tidur pada malam hari. 

Sering kali seseorang menjelang tidur masih di sibukkan dengan aktivitas menonton TV dan browsing di internet. 

Aktivitas menjelang tidur akan berpengaruh kepada pola dan kualitas tidur seseorang sehingga sering kali di antara anda sering kali mengalami kesulitan tidur atau sering kali di sebut dengan gangguan tidur.

Bagaimana agar tidak terkena gangguan tidur? Supaya aktivitas tidur menjadi suatu ritual yang menyehatkan, ada baiknya seseorang mengenal kebiasaan yang membuat tidur secara teratur. 

Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Dibawah ini adalah beberapa panduan yang membantu seseorang memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik atau lebih menyehatkan.

1. Setengah Jam Sebelum Tidur

Untuk menerapkan cara mengatasi susah tidur pastikan Layar televisi, gadget atau koneksi internet anda sudah tidak di fungsikan atau di matikan. 

Para ahli telah merekomendasikan agar anda membaca buku-buku ringan dengan pencahayaan yang redup. Cara ini telah di yakini bisa membantu seseorang tertidur dengan cepat.

2. 1 Jam Sebelum Tidur

Langkah selanjutnya cara mengatasi susah tidur turunkan intensitas cahaya pada televisi atau gadget anda pada waktu anda sedang menonton siaran televisi atau browsing di internet. 

Menonton TV, browsing atau membuka gadget mungkin saja membuat seseorang menjadi rileks, namun hal tersebut akan mengganggu pola tidur anda (bila di tonton malam hari). 

Jika anda melakukan hal ini maka anda akan merasakan keasyikan tersendiri yang membuat anda tidak segera tidur, ingat ketika anda melakan ini terus menerus otak anda akan terus bekerja. 

Hilangkan kebiasaan ini, cara menguranginya adalah dengan mengurangi intensitas cayaha sehingga tidak terlalu terang. Bila di rasa sudah cukup silahkan pergi ke kamar tidur.

3. 2 Jam Sebelum Tidur

Langkah selanjutnya cara mengatasi susah tidur adalah ketika akan tidur biasakan untuk menurunkan intensitas cahaya lampi kamar anda. 

Jenis bola lampu dapat mempengaruhi mudah tidaknya seseorang seseorang untuk pergi tidur. Cahaya putih yang terang dan dingin seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan adalah jenis cahaya yang dapat mengganggu waktu tidur. 

Tetapi lain halnya dengan cahaya biru yang lebih dari pada warna lain dalam spektrum cahaya dapat menekan tubuh untuk melepaskan melatonin yang membuat kita menjadi kantuk.

4. Lakukan Aktivitas Yang Menyehatkan Tubuh 

Terutama pada siang hari usahakan meluangkan waktu untuk ber aktivitas fisik yang menyehatkan bagi tubuh anda seperti berolahraga pada siang hari atau pagi hari. 

Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan serta depresi dan dapat membantu mengatur suhu tubuh kita.

Demikianlah cara mengatasi susah tidur bagi seseorang yang sulit mengalami susah tidur, jika ada tambahan silahkan berkomentar.

Sumber & Referensi
  • https://www.pihhealth.org/wellness/articles/how-to-overcome-insomnia/
  • https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2020/january/how-to-conquer-insomnia
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Susah Tidur Di Malam Hari"