Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Penyakit Kuning & Anjuran Bagi Penderitanya

Penyebab Penyakit Kuning & Anjuran Bagi Penderitanya

Penyakit kuning adalah penyakit yang menyerang hati atau liver. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme. 

Penyakit kuning memang tidak begitu populer bila dibandingkan dengan penyakit dalam lainnya. Meskipun begitu ternyata cukup banyak yang telah terserang oleh penyakit ini. 

Penyakit kuning bukan tipe penyakit yang mewabah namun efeknya sangat riskan jika terserang karena sasarannya adalah hepar atau hati. Fungsi utama dari hati adalah

1. Memproduksi air empedu, zat pencernaan, memperbaiki sel darah merah, melawan racun dan membentuk sel darah merah pada janin yang masih dalam kandungan.

2. Menyimpan makanan seperti gula, lemak dan sedikit protein

3. Memproduksi protein plasma (darah) dan zat pembeku darah.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit kuning dengan liver hampir sama yaitu kulit dan putih mata menjadi kuning. 

Hal ini disebabkan oleh adanya bilirubin yang lebih dalam plasma darah. Untuk penyakit liver sendiri disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan. 

Sedangkan bilirubin merupakan hasil produksi hati berupa zat warna yang dibentuk dari hasil olahan sel-sel darah merah yang sudah rusak kemudian bercampur dengan air empedu yang terdapat pada kantung empedu. 

Setelah itu zat warna ini masuk ke dalam usus dan darah, sehingga menyebabkan warna kulit dan putih mata menjadi kuning.

Penyakit kuning ternyata memiliki beberapa jenis misalnya hepatitis, hepatitis merupakan penyakit yang menyebabkan radang pada hati. 

Selain itu juga sirosis, yaitu penyakit yang menyebabkan terjadinya pengerasan pada hati. 

Penyebab utama dari penyakit ini adalah konsumsi alcohol yang berlebihan. 

Selain itu ada juga jenis penyakit kuning yang menyerang pada bayi baru lahir, namun ini tidak membahayakan karena penyakit ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Penyebab Penyakit Kuning

Penyakit ini timbul karena adanya sel-sl darah merah ekstra yang rusak.

Hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit kuning yang disebabkan oleh virus hepatitis. Maka dari itu penyakit ini sangat cepat proses penyebarannya. 

Hepatitis memiliki beberapa jenis yaitu A, B dan C. Berikut Penjelasan singkatnya:

Hepatitis A adalah jenis hepatitis yang paling ringan, penyakit jenis ini bisa disembuhkan secara total. 

Untuk hepatitis B merupakan jenis yang agak berat karena setelah sembuh penderita harus tetap mendapatkan penanganan, hal ini dilakukan agar tidak kambuh lagi. 

Sedangkan untuk hepatitis C merupakan jenis penyakit yang paling parah dari hepatitis karena penderita harus opname untuk memastikan bahwa penyakit ini benar-benar sembuh.

Bagi penderita hepatitis, mereka dilarang untuk mendonorkan darah karena ini bisa menularkan virusnya. 

Kebanyakan darah penderita hepatitis sudah terkontaminasi oleh virus. Tetapi bagi penderita penyakit kuning, mereka masih bisa mendonorkan darah jika penyebabnya bukan virus melainkan infeksi.

Anjuran Bagi Penderita Penyakit Kuning

Penderita ini sangat dianjurkan untuk melakukan diet baik makanan atau minuman serta mengonsumsi air putih yang banyak, minimal 8 gelas 1 hari. 

Air putih juga sangat dianjurkan bagi mereka pecandu alcohol, obat-obatan dan jamu, pencegahan akan menjadi cara yang paling efektif daripada mengobati.

Olahraga juga sangat baik untuk kesehatan. Setiap hari kita dianjurkan untuk meluangkan waktu sekitar 2-3 jam untuk berolahraga minimal 4 kali dalam 1 minggu. 

Jika anda tidak memiliki banyak waktu atau sibuk anda bisa melakukan PENNASIA (terapi normalisasi) untuk menjaga dan merawat tubuh agar terhindar dari penyakit kuning.

PENNASIA tidak menggunakan jamu atau obat-obatan dalam mengobati, mereka menggunakan metode dan alat tertentu yang belum ada sebelumnya. 

Sehingga perawatan ini lebih aman dan efektif untuk mengobati penyakit kuning.

Sumber & Referensi
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15367-adult-jaundice
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/infant-jaundice/symptoms-causes/syc-20373865
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Penyakit Kuning & Anjuran Bagi Penderitanya"