Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Kanker Serviks pada Wanita

Sebenarnya apa penyebab kanker serviks? Data dari World Health Organization (WHO), kanker serviks merupakan kanker penyebab kematian wanita nomor satu di dunia. 

Mengapa kanker ini sangat berbahaya? Karena gejala awalnya sangat sulit untuk diidentifikasi. Sama seperti kanker lainnya, kanker serviks merupakan penyakit yang mematikan jika tidak diambil tindakan sejak dini. 

Namun, tetap pencegahan jauh lebih baik dari pengobatan. Maka dari itu kita perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab kanker serviks.

Apa Saja Penyebab kanker Serviks?

Penyebab utama dari penyakit berbahaya dan mematikan ini adalah virus yang bernama HPV (human papilloma virus). 

Virus HPV memiliki lebih dari 100 tipe. Uniknya, sebagian dari virus tersebut tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Tetapi beberapa jenis dari virus tersebut akan menjadi penyebab kanker serviks. 

Dua tipe virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks adalah tipe 16 dan 18. Selain diakibatkan oleh virus tersebut, kanker serviks juga bisa disebabkan oleh paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi terus menerus dan pada jangka waktu yang lama. 

Radiasi tersebut akan mendorong terbentuknya sel kanker serviks pada leher rahim.

Berapa Lama Penyebab kanker Serviks Tumbuh?

Jika virus HPV tipe 16 dan 18 telah menginveksi, maka mereka akan tumbuh dan menyebabkan sel kanker. 

Pada awal pertumbuhan sel kanker, penyakit ini akan tumbuh pada waku yang lama. Masa preinvasif yang merupakan penyebab kanker serviks adalah petumbuhan sel sebelum sel sel tersebut menjadi ganas. 

Secara umum, setelah infeksi penyebab kanker serviks terjadi hingga fase lesi pra-kanker dan positif kanker membutuhkan waktu mulai dari lima hingga dua puluh tahun. 

Jangka waktu tersebut terlihat lama, namun jangan pernah anggap remeh penyakit kanker. Adapun gejala kanker serviks ini anda dapat membaca ciri-ciri kanker serviks.

Tentu tidak ada orang yang ingin terkena kanker. Jika anda ingin terbebas dari penyebab kanker serviks, jalani polah hidup yang sehat dan olah raga. 

Jangan terpapar radiasi kimia secara terus menerus, dan hidup anda akan terbebas dari penyebab kanker serviks.

Sumber & Referensi

  • https://www.who.int/health-topics/cervical-cancer
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Kanker Serviks pada Wanita"