Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Herpes Kulit Serta Cara Pengobatannya

Penyebab Herpes Kulit serta Cara Pengobatannya

Penyebab herpes seringkali diabaikan oleh para penderitanya. Virus merupakan penyebab umum munculnya penyakit herpes pada seseorang yang mana pada area alat kelamin, mulut dan sekitarnya terjadi luka yang bisa melepuh dan rasanya pun sungguh tidak bisa terbayangkan betapa sakitnya.

Selain dari apda area itu seperti kaki, jari-jari tangan, mata dan wilayah anus juga seringkali ditumbuhi herpes yang juga terjadi pada beberapa penderita. 

Dikatakan dengan virus herper yakni cytomegalovirus, varicella zoster, virus Epstein-Barr serta virus herpes simpleks 1 dan 2.

Mengetahui Lebih Jauh Penyebab Herpes Kulit

Virus herpes simpleks 2 (HSV-2) dan virus herpes simpleks 1 (HSV-1) merupakan 2 macam virus yang seringkali membuat masalah. 

Gejalanya seperti pada selaput lendir dan kulit terjadi lepuhan yang berisi cairan, iritasi dan bintik-bintik kecil yang merupakan gejala kedua jenis virus tersebut. 

Terkadang alat vital biasanya dipengaruhi oleh HSV-2, di sisi lain mulut seringkali di pengaruhi oleh HSV-1. 

Terkadang dalam beberapa jam dan harian terjadi bentukan jerawat yang berwarna merah, rasa sakit karena lecet, gatal-gatal yang diiringi dengan rasa yang panas, pada area hidung dan pinggiran mulut. 

Rasanya seperti kesemutan dan adanya rasa yang terbakar yang diiringi dengan demam yang merupakan tanda awal dari penyakit herpes tersebut.

Melalui sentuhan langsung biasanya penularan dari virus yang merupakan vaktor penyebab herpes. Pada sel saraf virus akan menjadi aktif ketika penderitanya mengalami stres karena sifat dari virus tersebut merupakan virus aktif. 

Karena seseorang melakukan sentuhan langsung dengan penderita penyakit herpes maka melalui lubang kecil di kulit dan selaput lendir tubuh akan dimasuki HSV. 

Sebagai contoh dari sentuhan tersebut seperti bersentuhan dengan penderitanya walaupun dilihat dari luar di tidak menunjukkan tanda akan menderita, dengan melalui air ludah, menyentuh luka penderita herpes yang mana merupakan virus yang sangat utama dalam penularannya. 

Selain itu bisa juga disebabkan oleh hubungan intim anal, oral maupun vagina dan berciuman.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Kulit

Sangatlah tergolong gampang dalam mengatasi penyakit herpes tersebut seiring dengan perkembangan jaman. 

Gejala penyakit herpes ini bisa diobati dengan berbagai macam obat diantaranya adalah acyclovir, valacyclovir dan famciclovir. 

Selain itu es, krim anestasi, aspirin maupun parasetamol bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakitnya. 

Namun yang perlu anda ingat adalah jangan menggunakan sabun antibakteri, deodorant maupun douche dan sebagai cara untuk memperlambat dampak pengeringannya anda bisa gunakan krim anestesi.

Usahakan untuk area yang terkena herpes harus selalu bersih dan kering supaya infeksi sekunder tidak memperparah keadaan. 

Selain dari pada itu anda bisa menggunakan baju yang tergolong besar untuk menghindarkan lebih parahnya lagi herpes tersebut.

Anda juga bisa selalu mengkonsumsi air putih yang sangat banyak untuk mengurangi rasa sakit ketika anda sedang kencing maupun BAB. 

Sebagai langkah supaya infeksi herpes tidak menjadi lebih parah setelah buang air usahakan untuk membersihkan tangan anda dengan bersih dan jangan menyentuh area mata maupun mulut. 

Dalam proses pengeringan herpes tersebut bisa menggunakan garam mandi Epson pada area yang terkena infeksi tersebut. 

Yang dapat anda lakukan pula yakni selalu istirahat yang cukup dan jangan terlalu berfikir dengan kerasa agar stres tidak menyerang anda. 

Anda juga bisa meningkatkan imunitas tubuh anda dengan pola makan yang sesuai dengan kesehatan. 

Yang perlu anda perhatikan juga dalam hal ini yakni apabila anda menderita virus ini jangan pernah menyentuh langsung supaya orang-orang disekitar anda tidak tertular penyakit herpes.

Sumber & Referensi
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/326173
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/151739
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Herpes Kulit Serta Cara Pengobatannya"