Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Gagal Ginjal Kronis, Akut

Penyebab Gagal Ginjal Kronis, Akut

Penyebab gagal ginjal awalnya diakibatkan oleh beberapa penyakit, diantarannya penyakit kanker, Diabetes Melitus, dan hipertensi. 

Penyakit-penyakit tersebut merupakan beberapa penyakit yang sulit disembuhkan. Sehingga penyakit-penyakit tersebut dapat digolongkan penyakit berat. 

Selain itu, penyebab gagal ginjal juga dapat diakibatkan oleh kelain atau infeksi pada organ ginjal dan organ yang berhubungan dengan ginjal. 

Gagal ginjal dapat disebabkan karena penyumbatan pada saluran kemih. Selain itu, gagal ginjal juga disebabkan oleh kelainan ginjal seperti terdapatnya banyak kista di dalamnya. 

Penyebab gagal ginjal yang lain adalah rusaknya sel penyaringan pada ginjal yang diakibatkan oleh infeksi atau akibat penyakit darah tinggi.

Penyebab Gagal Ginjal: Penyakit Berat

Penyebab gagal ginjal dapat berupa penyakit berat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit berat yang dapat menyebabkan gagal ginjal. 

Fungsi utama ginjal sebagai penyaring darah. Pada orang yang memiliki penyakit hipertensi, mereka harus menjaga tekanan darah mereka. Penyebab gagal ginjal pada penderita hipertensi adalah naik turun tekanan darah. 

Naik turunnya tekanan darah mengakibatkan kerja ginjal lebih berat daripada biasanya. Sehingga, penderita penyakit hipertensi selalu disarankan untuk menjaga tekanan darah dengan pola makan yang sesuai.

Penyebab Gagal Ginjal: Rusaknya Sel Penyaringan

Infeksi pada sel penyaring menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Infeksi tersebut pengakibatkan peradangan pada organ ginjal. 

Dengan adanya infeksi pada sel penyaringan ginjal. Organ ginjal kehilangan fungsinya sebagai penyaring darah. 

Rusaknya sel penyaringan pada organ ginjal juga berhungan dengan penyakit berat yang telah dibahas. 

Hipertensi sebagai penyebab gagal ginjal dapat mengakibatkan kerja sel penyaringan terlalu berat. 

Kerusakan ini dapat menyebabkan sel penyaringan tidak dapat menyaring dengan seharusnya. Sehingga, kondisi darah bercampur dengan zat-zat yang tidak baik.

Penyebab gagal ginjal umunmnya disebabkan oleh organ ginjal yang tidak dapat berfungi lagi seperti seharusnya. Hal ini disebabkan diantaranya oleh penyakit hipertensi. 

Hipertensi berhubungan dengan tekanan darah yang naik turun. Hal tersebut menyebabkan ginjal berkerja lebih keras. 

Penyebab gagal ginjal yang lain adalah infeksi pada sel penyaringa. Organ ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring. 

Ketika sel penyaring rusak, organ ginjal kehilangan fungsinya, dan dapat penyebabkan kondisi tubuh yang memburuk. 

Menjaga pola makan yang berhubungan dengan darah dapat mengurangi penyebab gagal ginjal.

Penyebab gagal ginjal diakibatkan oleh fungsi ginjal sebagai penyaring darah telah hilang karena beberapa penyakit berat dan infeksi.

Sumber & Referensi
  • https://www.alodokter.com/penyebab-gagal-ginjal-dan-pencegahannya
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/gagal-ginjal-kronis
  • https://hellosehat.com/urologi/ginjal/penyebab-gagal-ginjal/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Gagal Ginjal Kronis, Akut"