Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Demam Berdarah Dengue Akibat Gigitan Nyamuk

Gejala Demam Berdarah Dengue Yang Harus Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas gejala demam berdarah dengue. Virus dengue sebagai penyebab dari penyakit demam akut yang disebut dengan demam berdarah.

Penyakit ini timbul melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes penyakit ini masuk ke peredarahan darah manusia, seperti contohnya adalah Aedes albopictus dan Aedes aegypti. 

Virus dengue terdapat empat jenis yang tidak sama, tetapi demam berdarah akan dapat terjadi karena ini berelasi dengan dekat. 

Family Flaviviridae dari genus Flavivirus merupakan virus dari virus dengue. 

Di berbagai belahan dunia yang memiliki iklim suptropis dan tropis terutama dimusim hujan yang sangat lembab dapat ditemukan penyait demam berdarah ini. 

Di seluruh dunia dapat diperkirakan setiap tahunnya ada 50 sampai 100 juta kasus dari infeksi virus dengeu oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Banyak penyakit yang bermunculan dikala musim hujan. Demam berdarah dengue (DBD) atau Dengeu Hemorrahagic Fever (DHF) adalah penyakit yang banyak mewabah ketika musim ini terjadi dan harus kita waspadai. 

Terdapat 4 jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Keempat virus tersebut adalah DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-yang merupakan kelompok Flafivirus dari serotip yang berbeda. 

Nyamuk Aedes aegypti membawa virus dengue ini dan jiga mereka menggigit manusia yang sehat maka akan menyebabkan inveksi virus sehingga berbagai macam penyakit akan timbul seperti dengue dan haemorrhagic fever (DHF-DBD), dengue fever (demam dengue), mild undifferentiated febrile illness dan asymtomatis.

Gejala demam berdarah dengue yang terjadi sangat beragam dari infeksi virus dengue ini, hingga pendarahan yang sangat fatal dan sindroma virus non spesifik yang disertai dengan menurunnya kesadaran, kejang, diare, nyeri otot atau tulang, nyeri perut, nyeri tenggorokan, muntah, mual, pilek, batuk, sakit kepala dan demam, dan semua itu merupakan gejala yang umum.

Dari berbagai penyakit seperti penyakit infeksi virus atau infeksi bakteri lain gejala-gejala tersebut juga sering dijumpai. 

Berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan laboratorium hematokrit dan trombosit diagnosis DBD hanya dapat diketahui jika mereka ingin memastikan diagnose dari demam berdarah dengue dan hal ini juga kriteria khusus yang telah dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization).

Gejala Demam Berdarah Dengue

Gejala spesifiknya sebagai berikut:

Belum ditemukan hingga saat ini pengobatan khusus untuk mengobati infeksi virus DBD ini. 

Turunnya tekanan darah, pembuluh darah bocor, demam dan lain sebagainya merupakan efek yang ditimbulkan oleh virus ini dan pengobatan ini hanya bertujuan untuk mengatasi efek-efek tersebut.

Daya tahan tubuh (imunitas) seseorang sangat diharapkan untuk mengatasi virus dan termasuk juga gejala demam berdarah.

Anak-anak sering diserang oleh penyakit demam berdarah dengue, namun seiring perkembangan jaman seperti sekarang penyakit ini mulai menyerang dengan tidak pandang bulu sehingga semua orang dapat terkena gejala demam berdarah yang dapat datang kapanpun tidak kenal waktu. 

Karena penyebaran penyakit Aedes Aegypty ini sudah menyebar keseluruh pelosok Indonesia yang merupakan daerah tropis maka dari itu kita harus lebih waspada lagi dan selalu untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. 

Apalagi jika sedang musim hujan, sudah kewajiban kita untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit ini karena faktor perilaku manusia dan pengaruh musim atau alam merupakan hal yang sangat berpengaruh dari kehadiran virus ini.

Jagalah kondisi tubuh anda agar tetap sehat dan prima sehingga akan dapat menjadi fondasi sebagai penghalang datangnya virus ini. 

Terlebih lagi dengan lingkungan sekitar anda, usahakan agar tetap bersih dari genangan air agar terhindar dari gejala demam berdarah dengue.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyebab Demam Berdarah Dengue Akibat Gigitan Nyamuk"