Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyakit Malaria – Gejala dan Penyebarannya

Penyakit Malaria – Gejala dan Penyebarannya

Penyakit Malaria pastinya semua orang mengetahuinya karena banyak dari mereka yang juga pernah menderita penyakit sebagai akibat dari suatu gigitan nyamuk ini. 

Sebagai arti yang lebih lanjut lagi yakni sel-sel darah merah di dalam tubuh telah terinfeksi oleh suatu parasit yang dinamakan dengan Plasmodium sehingga timbullah penyakit malaria. 

Gejala-gejala yang bisa dilihat yakni adanya fase keringat, sakit, demam dan menggigil. 

Pada awal dari kehidupan manusia penyakit ini telah bisa ditemukan seperti yang telah di catat dalam sejarah dunia. 

H. Walpole merupakan orang yang menjelaskan mengenai penyakit malaria ini pada thun 1740 yang mana udara buruk merupakan arti dari kata Malaria yang asalnya dari bahasia Italia.

Penyebaran Penyakit Malaria

Adanya infeksi Plasmodium ini telah mengakibatkan banyak nyawa diseluruh dunia ini melayang yakni pertahunnya sebanyak 2 juta jiwa yang telah terbunuh di seluruh muka bumi ini. 

Di negara Afrika sub-Sahara penyakit malaria ini cenderung menyerang anak-anak yang usianya 5 tahun kebawah. 

Di seluruh dunia ini permasalahan yang telah ditemukan yakni pertahunnya sebanyak 400 juta khasus. 

Terkadang orang yang habis dari wilayah endemic penyakit malaria dan mereka melakukan perjalanan dan sempat tinggal di wilayah tersebut seringkali di jadikan alasan penularan infeksi malaria yang didapat di luar negeri yakni mereka orang negara Amerika yang telah mendiagnosanya.

Pada wilayah subtropics dan tropis salah satu gangguan bagi kesehatan tubuh seseorang yaitu penyakit malaria. 

Bisa diperkirakan orang telah kehilangan nyawanya sebanyak 1 juta jiwa dan per tahunnya mengenai permasalahan penyakit malaria sebanyak 300 hingga 500 juta kasus. 

Bagi para wisatawan iklim hangat yang perlu diwaspadai dan merupakan salah satu penyait yang paling berpengaruh bagi kesehatan hingga nyawa mereka yakni penyakit tersebut. 

Resistensi mengenai antibiotic bisa dikembangkan oleh parasit, di sisi lain resistensi mengenai insektisida bisa dikembangkan dengan dibawa oleh nyamuk pembawa malaria dan hal ini pada beberapa daerah di dunia. 

Dalam hal ini menyebarnya penyakit malaria ataupun hanya tingkat infeksinya saja sangat susah untuk dikendalikan.

Penyebab dari terjadinya penyakit malaria yakni karena suatu penyakit yang mana dinamakan dengan Plasmodium. 

Beberapa binatang yang mempunyai darah panas seringkali di tempati oleh parasit plasmodium ini. 

Nyamuk anopheles dan darahnya telah dihisap oleh jenis binatang serangga yang mana proses pengembangbiakannya yakni nyamuk anopheles. 

Nyamuk anopheles yang menggigit, di dalam darah parasit plasmodium akan masuk dan dengan cara membelah diri pada organ hati akan berkembang biak. 

Oleh karena itu berbagai komplikasi menurut macam dari parasit yang telah menyebar di dalam darah sebagai akibat dari infeksi dan sel-sel darah merah yang telah rusak.

Gejala Penyakit Malaria

Para penderitanya seringkali tidak bisa mengetahui apakah dirinya telah terserang penyakit malaria karena gejalanya tidak bisa diktehaui secara jelas. 

Hal ini dikarenakan masing-masing parasit yang menginfeksi memiliki gejala yang berbeda-beda seperti menggigil, sakit otot dan sakit kepala. 

Dibawah ini akan disebutkan beberapa gejalanya yang seringkali muncul diantaranya adalah sebagai berikut ini.

- Sifat dari penyakit malaria ini akan menetap apabila di dalam darah beberapa parasit juga menetap. Sehingga penderitanya akan mengalami demam diiringi dengan lemah, pada lidah akan terasa pahit dan nafsu makan yang turun.

- Rendahnya kadar gula di dalam darah karena penyakit malaria.

- Karena penyakit malaria meningkatnya jumlah monosit dan limfosit. Pada limfa dan hati akan membesar dan sakit kuning atau jaundice ringan akan muncul apabila penyakit ini tidak segera diberi penanganan yang sesuai.

- Gejalanya seperti menggigil, sakit pada otot, sakit kepala dan demam ringan serta situasi ini berlangsung selama 2 hingga s hari. 

- Selain dari pada itu seringkali dokter menyebutkan gejala flu yang merupakan salah diagnosa yang mana sesungguhnya adalah penyakit malaria.

Sumber & Referensi
  • https://www.cdc.gov/malaria/about/faqs.html
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15014-malaria
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyakit Malaria – Gejala dan Penyebarannya"