Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyakit Herpes Zoster, Tanda, Gejala dan Pengobatan

Penyakit Herpes Zoster, Tanda, Gejala dan Pengobatan

Pada kulit terdapat penyakit yang meradang dan biasanya timbul gelembung yang didalamnya berisi air dan secara berkelompok merupakan arti dari penyakit Herpes. 

Terdiri dari 2 macam herpes itu yaitu herpes zoster yang menyerang kulit dan herpes Genitalis yeng merupakan penyakit kelamin. 

Herpes zoster sering disebut dengan dompo oleh orang Jawa. Pegal hanya pada satu bagian saja, sendi terasa nyeri, menggigil, demam dan sesak nafas merupakan tanda-tanda awal dari penyakit herpes ini.

Selain hal diatas, serangan jantung, migraine dan usus buntu merupakan beberapa gejala yang akan menyerang pasien dari penyakit herpes itu sendiri. 

Tetapi pada satu sisi saja lalu akan muncul gelembung kecil di daerah punggung pada daerah persarafan tertentu. 

Bakteri akan dapat menginfeksi karena gelembung tersebut terasa nyeri dan akan dapat pecah. Selain itu hanya pada satu sisi saja gelembung tersebut akan dapat muncul pada sekitar genital, dahi dan daerah sekitar mata. 

Pada beberapa daerah area persarafan serangan penyakit ini dapat terjadi seketika. Sehingga akan berakibat pada bagian tubuh lain hingga kepala akan terkena penyakit ini yang telah meluas.

Pada daerah persarafan di daerah dada umumnya meupakan area dimana penyakit herpes akan menyerang. 

Sebisa mungkin untuk tetap menjaga supaya gelembung pada kulit tersebut tidak pecah sehingga kuman dan bakteri tidak dapat masuk dan menimbulkan bekas. Hal ini dapat dengan cara melicinkan kulit menggunakan bedak talek. 

Dengan begitu gelembung pada kulit tersebut akan mengempis karena penyerapan yang terjadi di dalam tubuh sehingga akan timbul bekas hitam pada kulit. 

Biasanya hal ini akan terjadi pada beberapa hari kemudian. Dalam hal ini boleh saja mandi apabila penderita tahan terhadap suhu air yang dingin.

Melalui kontak secara langsung pada umumnya penularan dari penyakit herpes ini. Bahkan dapat ditularkan pula melalui udara tetapi daya tahannya tidak begitu kuat sekuat cacar air dari herpes zoster ini. 

Jika penyakit herpes zoster tertular pada seseorang walaupun sebelumnya dia belum pernah sakit cacar air maka biasanya dia akan terkena cacar air terlebih dahulu. 

Oleh karena itulah hingga rasa pegalnya tidak terasa hingga lukanya mengering disarankan bagi penderita herpes sebaiknya beristirahat dulu.

Tanda dan Gejala Penyakit Herpes Zoster

Munculnya bintik kemerahan pada kulit yang pada akhirnya akan membentuk sebuah gelembung cair, nyeri pada persendian atau pegal pada satu bagian tubuh, sesak napas, menggigil dan demam merupakan gejala-gejala secara umumnya yang akan mincul akibat dari virus herpes ini. 

Selain itu sakit perut merupakan keluhan lain yang akan dirasakan oleh penderitanya.

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Herpes Zoster

Dengan menjaga agar gelembung cairan tidak pecah sehingga bekas luka tidak akan timbul sehingga kuman dan bakteri tidak sampai masuk yang merupakan infeksi sekunder dengan memberikan bedak talek agar kulit agar dapat licin, hal ini merupakan cara terpenting bagi para penderita penyakit cacar air atau herpes ini. 

Agar tidak menimbulkan perasaan shock bagi penderita disarankan untuk tidak mandi jika mereka tidak tahan terhadap hawa dingin.

Para penderita penyakit herpes akan diberikan paracetamol agar dapat mengurangi keluhan gejala yang ada seperti demam dan nyeri. 

Selain itu ada juga obat-obatan lain seperti Acyclovir tablet (Desciclovir, penciclovir, valacyclovir, famciclovir) sebagai obat antiviral yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri, demam serta komplikasi juga dapat melindungi seseorang karena ketidakmampuan dalam melawan virus herpes karena daya tahan tubuhnya yang kurang kuat.

Dalam hal ini tidak perlu menunggu timbulnya gelembung cairan (blisters) dalam pemberian obat Achclovir ketika penderita merasakan rasa panas yang membakar kulit dan rasa nyeri.

Sebaiknya penderita penyakit herpes mendapatkan pengobatan terapy infuse (IV) Acyclovir pada saat dalam situasi serius dimana pada seseorang imunitas tubuhnya mulai melemah. 

Selain hal tersebut sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster sebagai upaya dalam mencegah virus ini. 

Pemberian ini dapat dilakukan 1 kali pada anak yang sehat berusia 1-12 tahun. Pada masa pubertas imunisasi ini dapat dilakukan sekali lagi sehingga sebanyak 60-80 persen merupakan besar dari kekebalan tubuh mereka. 

Sebagai tahap penyempurnaan ketika dewasa dapat dilakukan sekali lagi sehingga selama 10 tahun merupakan kekebalan yang akan mereka miliki untuk menghindarkan tubuh mereka dari penyakit herpes.

Sumber & Referensi
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/shingles/symptoms-causes/syc-20353054
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyakit Herpes Zoster, Tanda, Gejala dan Pengobatan"