Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyakit Diabetes Gejala dan Pantangannya

Penyakit Diabetes Gejala dan Pantangannya

Penyakit Diabetes perlu di waspadai karena penyakit ini sangat membahayakan. Kondisi dimana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga ke dalam aliran darah akan tercecernya sumber energi dari glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh merupakan arti dari penyakit kencing manis (diabetes mellitus), bahkan dalam air seni akan ikut terbuang. 

Dengan bantuan dari hormon insulin yang berasal dari pankreas maka akan dapat dilakukan pengaturan gula darah oleh tubuh.

Akibat dari penyakit diabetes ini lama kelamaan pembuluh darah dan saraf akan dapat rusak yang dapat berimbas pada fungsi saraf, ginjal dan mata serta dapat meningkatkan resiko serangan jantung impotensi dan stroke akibat dari kadar gula darah yang tinggi.

Gejala Diabetes

Dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan maka control gula darah akan dapat dilakukan, hal ini dalam diabetes tipe 2. 

Resiko diabetes akan dapat ditekan dan perubahan ini sangat terbukti secara efektif seperti dari hasil dari berbagai penelitian. 

Jika gejala diabetes telah ada dalam diri anda maka anda harus melakukan cara tersebut. 

Menurut WHO sebanyak 8.6 % penduduk Indonesia telah mengidap penyakit diabetes namun kasusnya banyak yang telah menjadi kronis karena mereka tidak menyadari hal tersebut.

Jika kadar gula dalam darah diatas 126 mg / dl setelah puasa dan 200 mg / dl dalam pemeriksaan sewaktu-waktu maka seseorang dapat dikatakan bahwa dia telah mengidap gejala diabetes. 

Namun jika kadar gula dalam darah telah mencapai 270 mg / dl kebanyakan gejala diabetes ini baru bisa terlihat. 

Dalam mengetahui penyakit diabetes dalam tubuh anda jangan hanya mengandalkan gejalanya saja. 

Dengan tes darah atau urin akan dapat diketahui secara pasti apakah anda mengidap penyakit ini atau tidak dan hal ini merupakan satu-satunya cara untuk dapat mengetahuinya, ada baiknya pula anda mengetahui cara mencegah diabetes.

Umumnya gejala-gejala diabetes yang terjadi adalah :
  • Lamanya dalam penyembuhan luka
  • Penglihatan yang terganggu
  • Berat badan menurun
  • Kelelahan
  • Frekuensi kencing yang meningkat
  • Rasa haus yang terus menerus
  • Dehidrasi
Terdapat 2 jenis gejala penyakit diabetes, diantaranya adalah :

Gejala Diabetes Tipe 1

Untuk mengendalikan kadar gula dalam darah maka bagi para penderita akan dilakukan suntik insulin setiap harinya karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin. 

Perkembangan diabetes tipe 1 ini sangat cepat dan biasanya terjadi pada Remaja dan anak-anak.

Gejala Diabetes Tipe 2

Pada diabetes tipe ini, insulin diproduksi dari pankreas tetapi tidak dapat merespon secara normal dari sel-sel tubuh. 

Beberapa kasus kehamilan dan obesitas sering berhubungan dengan jenis diabetes ini. Serta pada usia 40 tahun penyakit ini akan dapat timbul di dalam tubuh.

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Roti putih

Agar terhindar dari gejala diabetes, roti yang berbehan dari tepung putih usahakan untuk mengurangi dalam mengkonsumsinya. 

Sebaiknya untuk menggantikannya dengan mengkonsumsi roti dari bahan dasar tepung gandum. Jantung juga akan lebih baik selain yang kaya akan serat dengan tepung gandum ini.

Mie dan Pasta

Indeks glikemik yang sangat tinggi terdapat pada sebagian besar mie dan pasta. Kandungan karbohidrat yang sederhana terdapat didalam makanan ini seperti halnya tepung beras atau gandum.

Sebagian besar pasta dan mie memiliki indeks glikemik tinggi. Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. 

Oleh karena itu agar gejala diabetes tidak terjadi uahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang tidak diperbolehkan.

Kafein

Bagi penderit diabetes kafein memiliki dampak yang negatif jika dikonsumsi dan hal ini dapat dibuktikan pada beberapa penelitian salah satunya yang berjudul “ Diabetes Care “ yang di ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada tahun 2005. 

Maka dari itu jika gejala diabetes tidak ingin anda rasakan maka hindari makanan yang mengandung kafein.

Kentang

Agar tidak terjadi gejala penyakit diabetes pada diri anda maka hindari untuk mengkonsumsi kentang baik yang digoreng ataupun di panggang. 

Karena kandungan karbohidrat di dalamnya sangat tinggi sehingga akan tinggi pula indeks glikemiknya.

Pil Kontrasepsi

Perubahan kadar gula dalam darah akan terjadi sehingga munculah gejala diabetes karena akibat dalam mengkonsumsi pil yang berkombinasi. 

Memang kebanyakan pil kontrsepsi terbuat dari kombinasi progestin, estrogen atau ada pula yang progrestin saja.

Soda

Dengan meningkatnya dalam mengkonsumsi minuman yang bersoda maka berat badan akan dapat naik dan terjadilah resiko gejala diabetes yang sangat tinggi pula. 

Hal ini banyak ditemukan pada wanita yang berusia 22 sampai 44 tahun seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study terhadap 51.603 wanita.

Teh Manis

Kadar gula dalam darah akan dapat meningkat sangat tinggi karena pada teh manis terkandung gula yang tinggi pula dan belum lagi kelebihan kalorinya sehingga dalam hal ini gejala diabetes akan dapat muncul pada tubuh anda. 

Kira-kira sebanyak 250-300 kalori (tergantung kepekatannya) terdapat pada 1 gelas teh manis. 1900 kalori perhari merupakan kebutuhan rata-rata pada wanita dewasa. Dan 1000-1200 kalori sudah dapat diperoleh dari teh manis. 

Belum lagi makan nasi dan lauknya dalam 3 kali sehari. Oleh karena itu obesitas atau kegemukan yang disertai dengan diabetes akan ada pada kita jika setiap harinya saja kita kelebihan kalori.

Gorengan

Kita tidak puas jika hanya mengkonsumsi 1 gorengan saja karena kebanyakan gorengan berukuran sangat kecil padahal pemicu penyakit degeneratif dapat terjadi karena salah satu faktor yakni gorengan ini. 

Seperti stroke, gejala penyakit diabetes mellitus dan kardiovaskular. Penyumbatan pembuluh darah koroner dan dislipidemia sebagai faktor resiko utamanya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular (PKV).

Rokok

Sebesar 22 persen perokok aktif akan beresiko terhadap diabetes seperti hasil dari sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.372 relawan pria dan wanita. 

Oleh karena itu hindari rokok agar tidak terjadi gejala penyakit diabetes.

Sumber & Referensi
  • https://www.cdc.gov/diabetes/basics/symptoms.html
  • https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-diabetes
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Penyakit Diabetes Gejala dan Pantangannya"