Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat tomat ternyata sangat besar terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Sering kali manfaat tomat di pergunakan sebagai kecantikan. 

Seperti kita semua tahu buah tomat sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai jenis makanan, selain itu buah tomat juga sangat populer untuk digunakan dalam jus. 

Tomat tidak hanya menarik karena warnanya yang merah cerah. 

Tetapi, tomat juga sangat kaya akan antioksidan yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena itu, jangan lupa untuk menyertakan tomat ke dalam daftar diet Anda.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Dibalik warna merahnya yang sangat menarik, anda perlu mengetahui keistimewaan atau manfaat tomat bagi kesehatan manusia. 

Salah satu kandungan yang ada di dalam tomat yang sangat bermanfaat adalah lycopene. 

Lycopene adalah salah satu jenis antioksidan alami yang sangat dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia. Antioksidan ini adalah salah satu dari keluraga pigmen yang sering disebut dengan karoten. 

Karoten adalah komponen alami yang bisa menimbulkan adanya warna pada sayuran dan buah. Sebagai contoh, beta karoten adalah pigmen berwarna orange yang banyak ditemukan pada wortel.

Kandungan yang ada di dalamnya membuat manfaat tomat menjadi semakin besar gunanya untuk kesehatan manusia. 

Manfaat buah ini yang di dalamnya ada kandungan Lycopene dapat melawan pembentukan sel-sel kanker atau tumor serta berbagai jenis komplikasi masalah kesehatan lainnya. 

Lycopene berfungsi melawan radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh manusia.

 Lycopene tidak diproduksi di dalam tubuh secara alami jadi, tubuh kita membutuhkan sumber makanan dari luar. 

Antiokasidan ini bisa ditemukan pada berbagai jenis buah berwarna pink lainnya, semangka dan beberapa jenis makanan lain.

Akan tetapi, kandungan lycopene pada makanan ini cuma sedikit dibandingkan dengan jumlah yang terkandung pada tomat. 

Jadi, tomat bisa menjadi teman terbaik untuk memperoleh lycopene.

Manfaat Tomat untuk Kecantikan Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan. Manfaat yang pertama adalah untuk menghaluskan wajah. 

Anda cukup menaruh air jus tomat pada wajah, sementara itu, untuk mencerahkan kulit Anda, gunakan satu buah tomat yang telah dihaluskan. 

Kemudian, untuk mengobati jerawat, rebus cukup satu buah tomat, lalu Anda potong potong. Gosokkan potongan tomatnya pada bagian yang berjerawat. 

Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang atau paling tidak berkurang.

Tomat juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi komedo yang ada di wajah Anda. Caranya, haluskan satu buah tomat dan campur dengan madu. 

Sebarkan campuran di wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu Anda bilas dengan air hangat. 

Disarankan agar tomat diolah lebih dulu sebelum digunakan. Zat yang terkandung dalam tomat sangat bermanfaat menghancurkan radikal bebas ketika dimasak. 

Tidak seperti sayur lain, setelah dimasak, Anda tidak mengurangi manfaat tomat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan"