Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai sangat banyak terutama bagi kesehatan kita. Susu kedelai selama ini menjadi idola bagi mereka yan rutin meminumnya sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan atau diet. 

Susu kedelai mulai naik pamor hari ini jika dilihat dari jumlah orang yang mengkonsumsinya. Manfaat susu kedelai sangat banyak dan telah teruji secara klinis bisa mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes, stroke, hingga obesitas. 

Dulu, kita mengenal kacang kedelai sebagai salah satu produk olahan rumah tangga. 

Kemasannya cuma dibungkus plastik, dan dijajakan oleh banyak pedagang asongan dengan harga berkisar antara Rp 500 sampai Rp 1.000 per bungkus.

Manfaat Susu Kedelai Telah Teruji Secara Klinis

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa ahli gizi, manfaat susu kedelai sangat besar dan sangat dianjurkan untuk dijadikan pengganti susu formula untuk bayi 4 bulan ke atas karena telah terbukti secara klinis lebih aman dari bakteri jahat yang dapat memunculkan gangguan kesehatan pada bayi. 

Dalam tubuh setiap manusia terdapat kolesterol jahat yang bisa menuai pengapuran pembuluh darah. Maka kolesterol baik dalam susu kedelai bisa mencegah pengapuran tersebut dengan cara melawan kolesterol jahat. 

Susu kedelai juga bisa berfungsi untuk membentuk kandungan tulang baru, mengatur fungsi otot, memperkuat tulang, mengontrol asam lemak di usus, dan meredarkan darah dengan normal.

Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa polisakarida yang ada dalam kedelai bisa menekan kadar trigliserida postpandrial dan glukosa, serta mampu menurunkan resiko insulin glukosa postpandrial setelah makan. 

Hal ini telah membuktikan bahwa manfaat susu kedelai sangat besar karena kandungan polisakarida yang ada pada kedelai bisa mengendalikan kadar gula dalam darah yang berlebih dalam tubuh manusia.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Mencegah dari Diabetes sampai Stroke

Para ilmuwan telah meyakini bahwa manfaat susu kedelai sangat besar bagi tubuh fisik kita.

Manfaat yang pertama adalah untuk mencegah diabetes karena susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah yang sangat besar sehingga bisa mencegah penyerapan gula secara berlebihan. 

Mengurangi kadar gula bisa mencegah diabetes dan susu kedelai adalah asupan yang sangat penting bagi penderita diabetes. 

Susu kedelai juga bisa mencegah tekanan darah tinggi karena mengandung steroid, magnesium, potasium yang merupakan zat yang sangat ampuh untuk memberantas natrium, salah satu penyebab utama hipertensi.

Manfaat selanjutnya dari susu kedelai adalah untuk mencegah stroke dan serangan jantung koroner. 

Steroid, kalium, kalsium, dan magnesium dalam susu kedelai bisa memperkuat dan meningkatkan aliran darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan nutrisi ke otot jantung, dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh untuk mencegah kejang-kejang. 

Minum segelas susu kedelai setiap hari bisa menurunkan resiko sampai 50 % kambuhnya kembali penyakit jantung koroner dan stroke. 

Mencegah kepikunan, mencegah penuaan, sembelit, obesitas atau kegemukan adalah beberapa yang bisa kita ambil dari manfaat susu kedelai.

Sumber & Referensi
  • https://www.webmd.com/diet/health-benefits-soy-milk
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2009/10/091006120510.htm
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19494552/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh"