Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Suplemen Bagi Tubuh Anda

Manfaat Suplemen Bagi Tubuh Anda

Manfaat suplemen bagi tubuh adalah untuk membantu agar tubuh berfungsi dengan baik. Untuk menjalankan fungsinya tubuh memang memerlukan asupan nutrisi. 

Namun terkadang orang tidak bisa mengonsumsi semua makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, maka dari itu anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen. 

Nutrisi alami yang diperlukan oleh tubuh terdapat dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, yaitu nasi, lauk, sayur, buah dan susu. 

Suplemen bukanlah makanan pengganti namun hanya sebagai makanan pendamping saja. 

Umumnya suplemen makanan mengandung vitamin dan mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, oleh karena itu harus melalui asupan dari luar.

Khasiat Mengonsumsi Suplemen Bagi Tubuh

Berikut ini adalah manfaat suplemen yang bisa kita nikmati, antara lain :

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Suplemen yang banyak mengandung vitamin C dapat meningkatkan system imun tubuh sehingga daya tahan tubuh pun semakin kuat. 

Orang yang memiliki daya tahan tubuh kuat tidak akan mudah terserang oleh penyakit. 

Asupan suplemen diperlukan mengingat tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri sehingga harus ada asupan dari luar. 

Secara alami vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan yang berasa masam, seperti jeruk, apel dan lainnya. 

Vitamin C dalam tubuh juga akan berubah menjadi zat antioksidan yang menangkal radikal bebas dan mengatasi kerusakan otot pada saat anda melakukan latihan beban. 

Namun jika anda merasa sudah cukup mengonsumsi vitamin alami anda tidak perlu lagi menambahnya dengan suplemen.

Membantu Diet Vegetarian

Tubuh ideal, langsing dan menarik pasti menjadi idaman bagi semua wanita. Untuk mendapatkannya salah satu caranya adalah dengan diet. 

Diet mengharuskan mereka mengurangi makanan yang banyak mengandung kalori, atau mungkin mereka tidak makan makanan hewani. 

Bagi anda yang sedang melakukan program diet vegetarian pastinya anda menghindari semua jenis makanan hewani. 

Padahal makanan hewani merupakan sumber protein tinggi bagi tubuh. setiap harinya tubuh membutuhkan vitamin, protein dan mineral untuk menjalankan fungsinya dengan baik. 

Jika salah satu tidak terpenuhi maka tubuh tidak akan bekerja dengan optimal. Maka dari itu anda bisa melengkapinya dengan tambahan suplemen agar tubuh mampu bekerja secara optimal. 

Maka dari itu salah satu manfaat suplemen adalah menjaga kestabilan nutrisi dalam tubuh.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat suplemen adalah dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. 

Gangguan metabolisme atau pencernaan pada tubuh mengakibatkan makanan yang kita makan tidak sterserap sempurna oleh tubuh. 

Sehingga sia-sia saja makanan yang kita konsumsi namun nutrisinya tidak bisa kita nikmati. 

Jika sampai ini terjadi maka tubuh tidak akan bisa bekerja dengan baik. Dengan asupan suplemen yang cukup, anda akan mampu memperlancar metabolisme dan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memang mengalami masa-masa dimana ini sangat rentan sekali dengan hilangnya beberapa zat dalam tubuh atau membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. 

Selain itu wanita juga sangat rentan sekali dengan osteoporosis (tulang keropos) maka dari itu wanita membutuhkan asupan nutrisi yang benar-benar cukup agar kesehatannya stabil. 

Disinilah manfaat suplemen akan lebih terasa yaitu disaat makanan yang mereka konsumsi tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Pre Menopause

Ini adalah fase dimana wanita mengalami masa menstruasi yang sangat berat yaitu mereka akan mengeluarkan darah yang sangat banyak sehingga memungkinkan mereka kehilangan zat besi yang banyak pula. J

ika mereka banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, ini tidak akan menjadi masalah yang serius. 

Namun jika asupan zat besi kurang, mereka akan sangat rentan terhadap anemia sehingga membuat mereka pucat, mudah lelah dan tidak bertenaga. 

Dengan suplementasi zat besi, tubuh akan lebih produktif dalam memproduksi sel darah merah sehingga mereka bisa terhindar dari anemia.

Kehamilan

Pada masa kehamilan wanita membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi, hal ini dipengaruhi oleh janin yang ada didalam tubuhnya, selain untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh ibu, dia juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin. 

Untuk mengurangi resiko cacat hamil mereka disarankan agar mengonsumsi 400 mcg asam folat per hari. Jika ini terpenuhi maka 70%, bayi akan terlahir normal. 

Selain wanita hamil, wanita pasca melahirkan dan sedang menyusui juga membutuhkan asupan suplemen seperti zat besi dan vitamin D, ini nanti berfungsi untuk memenuhi nutrisi pada janin melalui asi yang mereka minum. 

Maka dari itu manfaat suplemen sungguh luar biasa.

Kesehatan Tulang

Manfaat suplemen yang lain adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang adalah kalsium dan vitamin D. 

Dengan asupan nutrisi tulang yang cukup maka tulang akan semakin kuat dan anda bisa terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. 

Sebagian besar orang tidak bisa memenuhi asupan kalsium dan vitamin D yang cukup setiap harinya maka dari itu anda membutuhkan bantuan suplemen untuk memenuhinya.

Suplemen memang penting bagi tubuh karena sangat membantu dalam menjaga kestabilan nutrisi dalam tubuh. 

Namun sebelum anda mengonsumsinya secara rutin, akan lebih baik jika anda konsultasi dulu dengan dokter ahlinya sehingga jelas takaran-takarannya. 

Dengan begitu anda akan bisa menikmati secara optimal manfaat suplemen.

Sumber & Referensi
  • https://www.knowyourotcs.org/dietary-supplements-make-sure-get-benefits/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/WYNTK-Consumer/
  • https://www.clancymedicalgroup.com/benefits-vitamin-supplements/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Suplemen Bagi Tubuh Anda"