Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat singkong ternyata sangat luar biasa, yaitu bisa menjadi antioksidan bagi tubuh sehingga sangat efektif dalam mencegah kanker, tumor dan penyakit lainnya. 

Singkong disebut juga dengan tanaman rakyat karena harganya yang sangat murah dan mampu tumbuh diberbagai musim. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui jenis tanaman ini.

Singkong atau yang disebut dengan ubi kayu adalah salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia, bahkan di daerah tertentu singkong dijadikan sebagai makanan pokok. 

Selain itu efek makologis dari tanaman umbi ini bisa dijadikan sebagai penambah nafsu makan.

Khasiat Singkong Untuk Mengobati Penyakit

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan manfaat singkong dan mengembalikan kesehatan tubuh yang disadur dari website resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul,  yaitu :

Beri-beri

Daun singkong sangat efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit beri-beri. 

Maka dari itu tidak mengherankan jika mereka yang sangat gemar sekali dengan sayuran ini terbebas dari penyakit beri-beri. 

Namun jika anda sudah terlanjur menderita penyakit ini sebaiknya konsumsi 200 gram daun singkong rebus secara rutin.

Sakit Kepala

Manfaat singkong yang lainnya adalah sebagai peredam nyeri kepala. Jika anda termasuk orang yang sering menderita sakit kepala atau mungkin migrain tidak ada salahnya jika anda mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun singkong sebagai obat. 

Karena ini lebih aman dan alami berbeda halnya jika anda mengonsumsi obat-obatan kimia, efeknya sangat merugikan bagi kesehatan. 

Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menumbuk daun singkong yang kemudian gunakan sebagai kompres kepala. Dengan sendirinya rasa nyeri pada kepala anda akan berangsur mereda.

Cacingan

Salah satu manfaat singkong adalah mengatasi cacingan. Cacingan memang sangat meresahkan terutama bagi orang tua yang anaknya mengidap penyakit ini karena anak akan mulai susah untuk makan. 

Jika anda sudah mencoba beberapa cara namun hasilnya belum maksimal, tidak ada salahnya jika anda beralih ke cara herbal yaitu dengan cara merebus 60 gram kulit batang singkong yang ditambah dengan 30 gram daun cina ketepeng dan 600 cc air. 

Rebus hingga mendidih dan reduce hingga airnya tinggal 300 cc kemudian saring dan minum airnya. Menjelang tidur adalah waktu yang tepat untuk minum obat ini.

Diare

Manfaat singkong yang lainnya adalah mengobati diare. Sudah banyak yang mengakui jika daun singkong sangat efektif dalam mengatasi diare. 

Caranya sangat mudah yaitu ambil 7 lembar daun singkong kemudian rebus dengan 800 cc air setelah mendidih biarkan air mereduce hingga tersisa sekitar 400 cc. 

Diamkan sejenak dan saring, minum air ini ketika hangat.

Luka

Manfaat singkong yang berikutnya adalah untuk mengobati luka. Memang hampir semua jenis tanaman umbi-umbian sangat efektif dalam mengobati luka, bahkan ketika luka itu sudah memasuki tahap infeksi (bernanah). 

Caranya sangat mudah yaitu ambil batang singkong yang masih segar kemudian tumbuk dan tempelkan pada luka setelah itu perban. 

Sealin batangnya anda juga bisa menggunakan singkongnya yaitu dengan cara memarut singkong kemudian tempelkan pada luka dan perban. 

Jika anda mendapati luka bakar, singkong yang sudah diparut tadi tambah dengan air kemudian peras, diamkan air perasan hingga sari patinya mengendap. 

Buang airnya dan ambil patinya kemudian tempelkan pada luka.

Demam

Manfaat singkong yang lainnya adalah sebagai penurun demam. Anda bisa menggunakan batang singkong sebagai medianya. 

Caranya mudah yaitu dengan merebus 60 gram batang singkong yang masih segar dengan 300 gram daun singkong. Reduce hingga airnya tersisa 400 cc, saring dan minum ketika masih hangat. 

Minumlah sehari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Reumatik

Salah satu manfaat singkong adalah sebagai obat reumatik. Cara pengobatannya pun beragam yaitu anda bisa mengobatinya dari dalam juga dari luar. 

Pengobatan luar bisa anda lakukan dengan cara menumbuk 5 lembar daun singkong, tambahkan 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya, setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang nyeri.

Sedangkan untuk pengobatan dalam bisa dilakukan dengan cara merebus 100 gram batang singkong, 1 batang serai tambahkan sedikit garam dan jahe dengan 1000 cc air. 

Setelah air mendidih biarkan hingga air menyusut menjadi 400 cc. 

Saring dan minum airnya 2 kali sehari, lakukan ini secara rutin 2 hari sekali agar hasil yang didapatkan maksimal.

Selain mengobati berbagai penyakit seperti yang disebutkan diatas, manfaat yang lain adalah sebagai peningkat stamina. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal caranya cukup mudah yaitu dengan mencampur 100 gram singkong dengan 25 gram kencur dan 5 butir angco kemudian tambahkan air secukupnya. 

Tambahkan madu agar rasanya tidak pahit dan getir. Minum ini secara rutin dan nikmati hasilnya. 

Tubuh anda akan lebih sehat dan bugar, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat singkong.

Sumber & Referensi
  • https://dinkes.bantulkab.go.id/berita/334-singkong-ketela-makanan-ndeso-banyak-manfaat
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh"