Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat semangka yang utama pastinya adalah sebagai penghilang dahaga, memberikan kesegaran kepada kita setelah beraktivitas atau pada cuaca yang agak panas. 

Warna daging buah yang merah merona membuat mata orang terpana melihatnya. 

Apalagi jika haus menghampiri, ini akan menjadi sajian yang sangat nikmat. Selain itu buah ini juga memiliki harga yang reltif murah sehingga hampir semua orang bisa membelinya. 

Selain kesegaran itu, kandungan yang ada dalam semangka ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Khasiat Semangka Untuk Kesehatan Badan

Berikut Manfaat Semangka yang bisa Anda peroleh bagi Kesehatan Tubuh Anda:

Kaya Likopen Sebagai Antioksidan

Manfaat semangka yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung dan tulang, selain itu likopen juga mampu berfungsi sebagai antioksidan. 

Umumnya likopen banyak terdapat pada jambu biji dan jeruk namun ternyata dalam semangka jika terdapat kandungan zat ini sangat tinggi. 

Ketika likopen berperan sebagai antioksidan, ini mampu menangkal dan mentralisir molekul radikal bebas yang bisa merusak sel dan jaringan pada tubuh. 

Likopen ini juga mampu menjaga kesehatan kulit sehingga tampak lebih fresh.

Baik Untuk Jantung dan Tulang

Seperti yang kami jelaskan diatas manfaat semangka adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang dengan kandungan likopen di dalamnya. 

Likopen merupakan karotenoid, yaitu salah satu jenis antioksidan yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. 

Bahaya radikal bebas bagi tubuh adalah mampu merusak sel dan jaringan pada tubuh. 

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang terbaru ternyata likopen juga sangat efektif dalam memerangi kolesterol jahat sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan tulang, hal ini sesuai dengan yang dilansir oleh whfoods. 

Selain semangka anda juga dapat menjumpai likopen pada buah tomat.

Kaya Vitamin dan Nutrisi Penting

Semangka merupakan buah dengan kandungan likopen sangat tinggi. Selain itu semangka juga kaya akan vitamin dan mineral. 

Bagi anda yang sangat menjaga berat badan dan takut dengan berat badan berlebih, jangan takut untuk mengonsumsi semangka karena buah ini mengandung kalori rendah sehingga tidak akan menambah berat badan anda. 

meskipun buah ini memiliki harga yang relative murah namun khasiatnya sangat banyak. Dalam 152 gram semangka anda sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, yaitu 20,4% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C, 17,2% kebutuhan harian tubuh akan vitamin A, 7,8% kebutuhan tubuh akan potassium, 3,8% magnesium. 

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi sudah dapat dipastikan jika manfaat semangka juga sangat banyak.

Obat Kuat Alami

Mungkin inilah yang jarang disadari oleh semua lelaki, sesungguhnya semangka mampu berperan sebagai obat kuat alami bagi mereka. 

Maka dari itu manfaat semangka yang berikutnya adalah sebagai obat kuat. ini sesuai dengan yang dipaparkan oleh Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruits and Vegetable Improvement Center di College Station. 

Dengan mengonsumsi semangka ini sama dengan anda minum Viagra, selain itu zat yang terkandung dalam semangka juga mampu mencegah sekaligus mengobati impoten. 

Yang lebih membahagiakan lagi jika anda mengonsumsi obat kuat kimia berlebih maka akan menimbulkan efek samping kurang baik bagi tubuh, berbeda halnya dengan semangka, ini tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa, itulah yang dilansir oleh sciencedaily.

Menghindari Dehidrasi dan Kaya Serat

Manfaat semangka yang selanjutnya adalah mengatasi dehidrasi dan menghindarkan kita dari masalah sembelit. 

Karena semangka merupakan buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, begitu juga dengan serat. 

Jadi tidak mengherankan jika buah ini menjadi buah idaman bagi mereka yang berada di daerah tropis dan sedang menjalani musim panas pada daerah yang memiliki 4 musim. 

Mungkin bagi sebagian besar orang minum air putih hanya mampu menghilangkan dahaga tetapi tidak memberikan kesegaran yang luar biasa seperti halnya yang anda rasakan ketika anda makan semangka.

Itulah hal-hal yang bisa kita nikmati dari manfaat semangka.

Sumber & Referensi
  • Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruits and Vegetable Improvement Center di College Station. 
  • Sciencedaily.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Tubuh"