Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Manfaat labu kuning bagi kesehatan ternyata cukup banyak. Salah satunya adalah pencegah kanker dan penyakit jantung. 

Mungkin kebudayaan yang sangat terkenal mengenai labu adalah Halloween day. Di hari tersebut masyarakat amerika menggunakan labu kuning sebagai media perayaan Halloween. 

Mereka mengukir labu menyerupai wajah yang menyeramkan atau wajah yang tersenyum. Berbeda halnya dengan di Indonesia, mereka menggunakan labu sebagai kolak, dan ini ramai sekali ketika bulan ramadhan. 

Dibulan tersebut semua warga muslim menjalankan ibadah puasa dan pastinya kolaklah yang menjadi santapan nikmat ketika berbuka. 

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui jika labu kuning bisa dijadikan sebagai sayuran. Labu kuning mengandung nutrisi yang sangat banyak sehingga bagus untuk kesehatan. 

Maka dari itu jika anda bosan dengan kolak labu anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam olahan yang lezat.

Labu memiliki jenis yang beragam, misalnya labu siam, labu air, labu butternut, labu mi dan kabucha. 

Labu kuning merupakan jenis sayuran yang banyak digemari dan bisa diolah menjadi berbagai masakan. 

Manfaat labu kuning sangat beragam sehingga kita disarankan agar mengonsumsinya. Labu ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dari jenis lainnya, selain bentuk, rasa yang disajikan juga lebih manis dan bagian kulit luarnya keras. 

Sayuran ini banyak dijumpai ketika musim kemarau karena umumnya pada musim ini adalah musim panen. 

Dalam penanamannya labu tidak membutuhkan banyak air sehingga lebih cocok ditanam pada musim kemarau.

Nutrisi & Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Tubuh

Karena nutrisinya kita disarankan agar mengonsumsi labu kuning sehingga kita bisa menikmati khasiat labu kuning. 

Sayuran ini kaya akan beta-karoten dan zat lainnya yang banyak mengandung antioksidan. Zat-zat ini sangat efektif dalam menjaga dan meningkatkan system imun tubuh. 

Jika system imun kuat maka penyakit juga akan sulit untuk menyerang. 

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini mampu mencegah penyakit kanker dan jantung.

Selain itu labu juga rendah akan kalori sehingga sangat cocok untuk menu diet anda yaitu setiap 1 cangkir labu yang sudah dimasak hanya memiliki 50 kalori dan serat hampir 3 gram. 

Dengan kandungan gizi yang banyak labu bisa anda jadikan menu harian anda. Sebuah penelitian mengenai labu menyatakan bahwa biji labu kuning mampu menghambat gangguan prostat. 

Maka dari itu ketika anda mengonsumsi labu jangan membuang bijinya namun olahlah menjadi minyak biji labu kuning.

Cara Menikmati Labu Kuning

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengolah labu kuning sehingga menjadi menu makanan yang nikmat. 

Misalnya adalah dengan mengolah labu kuning menjadi pie. Rasa manis alami yang terdapat pada sayuran inilah yang membuatnya cocok untuk diolah menjadi pie atau kue. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa menambahkan beberapa racikan bumbu sehingga rasa menjadi lebih gurih. 

Pemotongan bentuk labu bisa disesuaikan dengan selera anda, misalnya anda ingin dipotong, dikupas atau langsung dipanggang dengan ditambah bumbu dasar sederhana seperti minyak zaitun, garam, merica.

Dengan beberapa bumbu ini saja anda sudah bisa menikmati kelezatan sayuran ini. Ketika anda mengonsumsi daging labu, olah juga bijinya, jangan dibuang sia-sia karena biji labu memiliki manfaat yang juga luar biasa. 

Seperti yang dijelaskan diatas jika biji labu mampu menjaga kesehatan prostat. Jika anda mengalami kesulitan dalam mengolauh biji labu anda bisa membelinya di supermarket saja, lebih praktis dan mudah, disini rasanya juga dijamin pasti enak dan gurih. 

Biji labu disebut juga dengan pepitas, maka dari itu anda bisa mencari di supermarket dengan nama itu. Dengan begitu anda bisa menikmati semua manfaat labu kuning.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan"