Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Tinggi Protein Untuk Menambah Berat Badan

Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan tinggi protein memang sangat diperlukan bagi banyak orang karena kegunaan dari protein yakni sebagai zat pembangun, memelihara serta mengatur proses-proses yang terjadi pada tubuh. Selain itu protein juga berfungsi sebagai sumber energy. 

Mengingat banyaknya manfaat dari protein, jika tubuh kekurangan akan asupan protein seseorang akan mengalami gejala, seperti kerontakan pada rambut, hipotonus, gangguan pertumbuhan, dan yang paling parah adalah menyebabkan marasmus. 

Marasmus merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian bagi penderita.

Bagi seorang binaragawan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Karena salah satu fungsi dari protein adalah sebagai sumber energy. 

Protein bisa mempercepat pembentukan otot, maka dari itu banyak atlit binaraga yang mengonsumsi susu whey protein agar otot-otot mereka cepat membesar. 

Namun konsumsi protein berlebih juga kurang bagus, kelebihan protein dapat menyebabkan gangguan pada metabolisme protein yang ada pada hati. 

Jika hal ini terjadi maka ginjal akan bekerja lebih keras untuk menetralisirnya, kelebihan protein juga menimbulkan gangguan pada jantung karena adanya dehidrasi, selain itu tulang juga bisa kehilangan kalsium dan masa otot akan hilang.

12 Makanan Tinggi Protein

Berikut ini adalah Makanan Tinggi Protein Untuk Menambah Berat Badan yang bisa kita temukan dalam keseharian kita, antara lain :

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi terutama pada kacang almond dan kenari. Selain itu kacang ini juga bisa diolah dalam berbagai cara. 

Misalnya dengan ditambahkan pada salad, campur dengan kentang goreng, atau juga bisa ditambahkan dalam masakan sayur seperti kacang hijau atau bayam

Biji-Bijian

Biji-bijian banyak mengandung protein, misalnya kuaci atau biji bunga matahari. 

Anda bisa menggunakan biji ini sebagai makanan ringan, selain itu ini juga bisa digunakan sebagai tambahan campuran makanan panggang dan salad

Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan tinggi protein. Untuk mendapatkan kandungan protein yang lebih sebaiknya anda memilih yoghurt bergaya yunani. 

Selain itu anda juga bisa memilih yoghurt tawar dengan rendah lemak. 

Untuk olahan yoghurt bisa ditambahkan dalam kue atau mencampurnya dengan mayonnaise rendah lemak serta sebagai topping kentang panggang untuk menggantikan krim asam

Sarden

Sarden merupakan salah satu makanan tinggi protein. Selain itu dalam sarden juga terdapat lemak yang baik. Sebaiknya anda menyimpan sarden tetap dengan airnya. 

Bagi anda yang suka makan toast bread, anda juga bisa menggunakan sarden sebagai campuran yaitu dengan menghaluskan ikan, kemudian menaruhnya diatas roti dengan ditambah sedikit bawang merah cincang dan cuka. 

Kemudian panggang selama 2 menit dan yang terakhir tambahkan sedikit jeruk nipis.

Biskuit

Biscuit merupakan salah satu makanan tinggi protein. Anda juga bisa memakannya dengan berbagai olahan seperti sandwich biscuit. 

Caranya cukup ambil biskuit tawar kemudian tambahkan sayuran segar, bawang bombay, paprika dan tomat serta telur dan ayam

Daging Beku

Daging meskipun sudah beku tetapi kandungan proteinnya tidak akan berkurang, asalkan anda membungkus dan menyimpannya dengan benar. 

Selain itu anda juga bisa menyimpan daging panggang atau steak dalam freezer selama 6 bulan tanpa mengurangi nutrisi yang ada didalamnya. 

Untuk mencairkannya anda hanya perlu menaruhnya pada lemari es bagian atas, biarkan mencair dahulu (jangan lupa untuk membungkusnya dengan baik agar air daging tidak menetes) setelah itu daging siap untuk diolah kembali.

Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein yang biasa kita konsumsi. Anda bisa menyimpan telur dalam lemari es, jangan biarkan telur berada diluar udara dingin dan kering karena penyimpanan seperti itu bisa menyebabkan hilangnya nutrisi. 

Kita biasa mengonsumsi telur sebagai lauk, atau juga bisa digunakan untuk sarapan pagi berupa telur rebus, telur juga biasa digunakan sebagai campuran sup

Salmon Kaleng

Salmon kaleng merupakan makanan tinggi protein, karena umumnya salmon yang dikalengkan adalah salmon yang liar sehingga bebas dari kontaminan. 

Selain itu harga salmon kaleng juga lebih murah jika dibandingkan dengan salmon segar atau beku. 

Salmon bisa diolah sesuai dengan selera, misalkan dengan menambahkan irisan tomat dan perasan jeruk nipis serta bawang cincang pada irisan salmon. 

Tak hanya itu anda juga bisa mengolahnya menjadi salmon goreng tepung dengan cara masukkan potongan salmon dalam mangkuk kemudian tambahkan bumbu dan 2 putih telur serta tepung terigu. 

Goreng salmon dan angkat ketika warnanya sudah kuning keemasan, dan salmon siap disajikan.

Ayam Beku

Di hotel atau restaurant kita sering melihat kalau hampir semua bahan makanan yang berupa daging, ikan, ayam dibekukan. 

Pernah kita bertanya bagaimana dengan nutrisi yang ada di dalamnya, masih tetap atau sudah hilang ? ayam beku yang disimpan dalam lemari es memiliki kandungan nutrisi yang tetap. 

Setelah mencairkannya anda bisa mengolah ayam sesuai dengan selera, misalnya ayam masak kecap, ayam goreng tepung, ayam goreng biasa atau ayam lada hitam.

Tuna Kaleng

Bagi anda yang menginginkan makanan tinggi protein, tuna bisa menjadi solusinya. Belilah tuna kaleng yang dikemas dalam air, selain praktis tuna ini juga memiliki kandungan nutrisi tetap. 

Jangan memilih tuna kaleng yang dikemas dalam minyak karena bisa melarutkan asam lemak omega 3 dalam ikan yang baik untuk kesehatan jantung. 

Anda bisa mengolah tuna sesuai dengan selera anda, tetapi kalau mau praktis anda bisa makan tuna bersama biskuit gandung dan tambahkan sedikit perasan lemon untuk menghilangkan rasa amis.

Udang Beku

Hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa udang juga mengandung nutrisi yang disebut betain. Umumnya betain banyak ditemukan pada bayam, bit dan bekatul. 

Penelitian yunani menemukan bahwa betain sangat bermanfaat untuk menurunkan penyebab peradangan jantung hingga 26%. 

Cara menggunakannya sangat mudah hanya dengan mencairkan udang beku dalam lemari es selama semalam kemudian sudah bisa diolah keesokan harinya.

Teri

Bagi anda yang menginginkan makanan tinggi protein namun terkendala dengan biaya. Ada solusi lain untuk anda yang lebih murah yaitu teri. 

Selain memberikan rasa gurih yang khas teri juga bisa diolah bersama bahan makanan lain. 

Tidak sedikit chef berpengalaman yang sengaja menambahkan teri dalam masakan mereka seperti nasi goreng ikan teri atau mungkin juga bisa digunakan sebagai salad dressing, saus pasta dll.

Akhir Kata

Ternyata untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh kita tidak perlu susah dan mahal. Ada banyak makanan yang relatif murah dan memiliki nutrisi hampir sama dengan makanan mahal. 

Semua uraian diatas telah menjelaskan beberapa makanan tinggi protein.

Sumber & Referensi
  • https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/protein
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Makanan Tinggi Protein Untuk Menambah Berat Badan"