Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Penambah Darah Untuk Darah Rendah

Makanan Penambah Darah Mengandung Zat Besi Tinggi

Makanan penambah darah sangat dibutuhkan bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah. Makanan penambah darah tersebut bisa berupa sayuran maupun buah-buahan ataupun suplemen dalam bentuk kapsul sebagai asupan tambahan. 

Jika anda penderita anemia atau tekanan darah rendah, maka sebaiknya anda memperbaiki makanan anda dan menggantinya dengan makanan yang mengandung zat besi tinggi. 

Hal itu dikarenakan penyakit anemia sendiri merupakan gejala kekurangan zat besi dalam tubuh. 

Sedangkan zat besi mempunyai fungsi untuk membentuk hemoglobin atau zat darah merah. 

Untuk itulah, penderita tekanan darah rendah sangat dianjurkan makan makanan tinggi zat besi seperti kangkung dan udang laut.

Mengapa anda perlu mewaspadai anemia atau tekanan darah rendah? Dan mengapa anda harus segera menambah asupan zat besi yang tekandung dalam makanan penambah darah ketika anda terserang anemia? Sedikit jawaban dari dua pertanyaan tersebut sudah terkuak pada penjelasan diatas. 

Anemia merupakan penyakit dimana darah kekurangan zat besi sedangkan zat besi dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Umumnya, penderita anemia umumnya merasa pusing dan mata berkunang-kunang karena oksigen yang diangkut ke seluruh tubuh tidak maksimal. Ketidakmaksimalan tersebut disebabkan oleh alat pengangkut oksigen yaitu sel darah merah yang diproduksi juga tidak maksimal.

Jangan pernah anda menganggap enteng gejala kekurangan sel darah merah. 

Rasa pusing dan keliyengan yang anda rasakan terus menerus akan semakin menjadi jika anda membiarkannya. Pusing yang berkelanjutan akan mengakibatkan pingsan mendadak. 

Untuk menghindarinya, anda perlu mengatur pola makan dengan mengkonsumsi gizi seimbang serta mengkonsumsi makanan penambah darah. 

Makanan Penambah Darah

Selain kangkung dan udang laut, ada beberapa macam lagi makanan sehat yang bisa meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh.

Makanan Penambah Darah : Buah Bit dan Sayuran Hijau

Jika anda ingin meningkatkan tekanan darah atau ingin mencegah gejala anemia yang bisa mengganggu aktifitas anda, maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah bit dan sayuran hijau. 

Buah berwarna ungu tua ini kaya akan kandungan zat besi serta protein. 

Dua kandungan tersebut mampu meningkatkan hemoglobin serta bagus untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh anda. 

Untuk itu, bit dan sayuran hijau bisa dijadikan sumber makanan penambah darah. 

Selain mengandung zat besi dan protein yang cukup tinggi, buah bit juga mengandung vitamin C yang baik untuk kulit.

Sedangkan sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, selain mengandung zat besi, sayuran tersebut juga sebagai sumber serat untuk memperlancar sistem pencernaan manusia. 

Untuk itu, tambahkan bit dan sayuran hijau pada menu keseharian anda.

Makanan Penambah Darah : Almond dan Aneka Buah

Selain buah bit dan sayuran hijau, almond serta aneka buah bisa menjadi sumber zat besi untuk mengatasi gejala kekurangan darah yang anda alami. 

Dengan mengkonsumsi almond sebanyak 1ons, kebutuhan zat besi harian anda akan terpenuhi sejumlah 6%. 

Sedangkan untuk buah-buahan, anda bisa mengkonsumsi semangka, aprikot, kismis, anggur, serta ara kering sebagai makanan penambah darah.

Sumber & Referensi
  • https://www.webmd.com/diet/iron-rich-foods
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Makanan Penambah Darah Untuk Darah Rendah"