Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Kebiasaan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

Penurun berat badan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan diet. Cara ini dianggap mereka paling efektif namun sebenarnya berusaha untuk hidup sehat saja itu sudah mampu menjaga berat badan anda. 

Mungkin bagi sebagian besar wanita menganggap wanita yang cantik adalah wanita yang memiliki berat badan ideal atau tidak gemuk dan langsing. 

Maka dari itu untuk mendapatkannya mereka akan berusaha sebisa mungkin menjaga berat badannya bahkan mengurangi porsi makannya. 

Banyak orang ingin menurunkan berat badan namun sebagian besar dari mereka gagal, hal ini disebabkan oleh kurangnya kesiapan mental dan fisik akibat perubahan gaya hidup yang dialami. 

Jika memang anda menginginkan berat badan turun, maka anda harus sedikit merubah gaya hidup anda. 

10 Kebiasaan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan

berikut ini adalah beberapa tips kebiasaan sehat yang mampu menurunkan berat badan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

1. Rajin Berolahraga

Olahraga memang penurun berat badan yang paling efektif. Tetapi ini mungkin masih sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. 

Selain sibuk, lelah dan bosan adalah alasan yang sering mereka katakan. Padahal olahraga itu sangat mudah, anda tidak perlu lari-lari setiap hari, senam, jogging atau lainnya. 

Olahraga disini bisa kita buat menyenangkan mungkin dengan jalan-jalan pagi, bersepeda. Fungsi utama dari olahrga adalah membakar lemak, jadi jika kita melakukannya secara teratur maka lemak yang kita bakar juga akan semakin banyak dan secara otomatis berat badan akan berangsur turun. 

Namun perlu anda ketahui untuk melakukan ini anda harus benar-benar menyiapkan mental dan fisik karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ini tidak bisa secara instan pastinya bertahap dan anda harus bersabar.

2. Jangan Lupa Sarapan

Orang diet selalu berasumsi bahwa mengurangi jatah makan mereka, sehingga sebisa mungkin mereka akan menahan nafsu untuk makan. 

Padahal jika anda ketahui penurun berat badan tidaklah sekejam itu. Makan pagi secara teratur mampu mencegah rasa lapar berlebih ketika siang hari sehingga ini bisa menghindarkan anda agar tidak makan berlebih ketika siang. 

Karena memang untuk melakukan aktivitas kita membutuhkan energy dan energy berasal dari makanan yang kita makan.

3. Gunakan Camilan Sehat

Saat bekerja memang kita membutuhkan camilan yang dapat menurunkan stress atau tekanan, selain itu juga untuk mengganjal perut yang lapar. 

Jika memang anda menginginkan camilan yang tidak menggemukkan maka sebaiknya anda mengonsumsi camilan yang banyak mengandung protein dan sedikit kalori. 

Camilan seperti ini banyak terdapat pada kacang-kacangan dan buah. Maka dari itu dengan sedikit merubah pola makan saja, ini sudah bisa dijadikan sebagai media penurun berat badan.

4. Menyikat Gigi Setelah Makan

Biasakan untuk menyikat gigi setelah makan. Selain untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi, kegiatan ini juga bisa mencegah timbulnya nafsu makan lagi, selain itu anda juga bisa menggunakan obat kumur agar keinginan untuk makan lagi benar-benar bisa ditekan. 

Itulah cara jitu sebagai penurun berat badan.

5. Makan Dengan Perlahan

Makan dengan perlahan adalah salah satu cara efektif sebagai penurun berat badan. Dengan anda makan perlahan, anda akan menikmati setiap suap makanan yang masuk dalam mulut anda, selain itu otak juga akan memberikan sinyal kenyang lebih cepat, jadi anda tidak akan makan berlebih sehingga berat badan dapat ditekan.

6. Bagi Makanan Anda Dalam Bagian Kecil

Selain makan perlahan anda juga harus membagi makanan anda dalam suapan yang lebih kecil. Ini bertujuan agar otak memberikan sinyal kenyang pada tubuh, dan untuk memberikan sinyal ini otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit. 

Maka dari itu, ini bisa anda jadikan sebagi resep penurun berat badan.

7. Jangan Lakukan Aktivitas Lain Saat Makan

Sebagai aktivitas penurun berat badan memang sangat dianjurkan agar kita tidak makan sambil menonton TV, ngobrol, atau lainnya. 

Karena, tanpa anda menyadarinya porsi makan anda akan bertambah banyak ini karena otak tidak bisa memberikan sinyal kenyang lebih cepat pada tubuh anda.

8. Makan dengan Teratur

Makan secara teratur memang sangat efektif jika kita jadikan sebagai media penurun berat badan. 

Anda tidak perlu mengurangi porsi makan anda namun pastikan bahwa anda makan pada waktu-waktu yang telah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari. 

Makan secara teratur dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh, menjaga kestabilan gula darah dan mencegah rasa lapar berlebih. Dari situ anda akan mampu menjag berat badan.

9. Belanjalah Dalam Keadaan Kenyang

Belanja dalam keadaan kenyang memang bisa dijadikan sebagai media penurun berat badan. 

Hal ini bisa terjadi Karena dalam keadaan kenyang akan mampu menghindarkan anda dari jajanan yang kurang sehat yang mampu meningkatkan berat badan anda dalam sekejap. 

Maka dari itu jaga waktu makan anda dan tahan nafsu untuk makan diluar jam makan anda.

10. Hindari Makanan Tinggi Kalori

Kalori memang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai penghasil energy. Namun jika itu berlebih bisa menyebabkan kegemukan. 

Maka dari itu konsumsilah makanan rendah kalori jika anda menginginkan makan diluar jam makan anda. 

Sayuran, buah dan kacang-kacangan merupakan yang tepat sebagai camilan sekaligus penurun berat badan.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "10 Kebiasaan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan"