Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Hindari Makanan Ini, Karena Menyebabkan Bau Badan

Hindari Makanan Ini, Karena Menyebabkan Bau Badan

Penyebab bau badan bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi maka dari itu berhati-hatilah terhadap beberapa makanan tersebut. 

Bau badan dan bau mulut merupakan satu hal yang bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. 

Bau badan dan bau mulut tidak hanya disebabkan oleh makanan namun ada banyak hal yang mempengaruhinya misalnya obat-obatan tertentu, genetika, suasana hati, pekerjaan, jenis kelamin dan diet tertentu. 

Namun kita akan membahas tentang penyebab dari makanan saja sehingga kita bisa menghindari makanan tersebut. 

Selain itu kebanyakan orang mengatasi bau badan dengan menggunakan deodorant namun penggunaan deodorant secara berlebihan kurang bagus dalam kesehatan.

10 Makanan Penyebab Bau badan

Berikut ini beberapa makanan yang harus Anda hindari karena bisa menjadi penyebab bau badan dan bau mulut.

Trimetilamina

Trimetilamina adalah keadaan dimana tubuh seseorang tidak bisa memecah asam amino, trimetilanin dalam tubuh sehingga menimbulkan bau badan amis. 

Asam amino banyak ditemukan dalam makanan seperti seafood, minyak ikan, telur brokoli, produk kedelai, kacang-kacangan, susu sapi dan hati. 

Dan orang-orang yang memiliki kelainan genetic seperti ini disebut dengan trimethylaminuria. 

Maka dari itu jika anda memiliki kelainan ini lebih anda menghindari makanan yang banyak mengandung asam amino.

Alkohol & Kafein

Konsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan bisa menjadi penyebab bau badan. 

Mungkin ini merupakan kebiasaan bagi kita mengonsumsi alkohol dan kafein seperti kopi, teh, cokelat, soda dan lain-lain. 

Maka dari itu segera kurangi dan batasi kebiasaan anda tersebut agar bau badan anda lebih terasa segar.

Makanan Olahan & Junk Food

Penyebab bau badan dan mulut juga bisa disebabkan oleh makanan olahan dan junk food. Karena makanan olahan banyak mengandung garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi dan lainnya. 

Zat ini yang kemudian akan membusuk dalam perut sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap baik pada badan maupun mulut. 

Maka dari itu untuk mencegah atau menghilangkan bau badan seperti ini sebaiknya kita menghindari makanan olahan atau junk food.

Gorengan

Ehm, mungkin bagi anda penikmat gorengan setelah membaca artikel ini bisa lebih waspada ya dalam mengonsumsinya. Karena ternyata gorengan bisa menjadi penyebab bau badan. 

Pastinya anda tidak mau kan jika memiliki bau badan kurang sedap. Lemak dan minyak yang ada pada gorengan dalam jangka waktu tertentu akan berubah baunya menjadi tengik. 

Maka dari itu jika kita mengonsumsinya berlebihan, sudah pasti bau badan kita juga akan berubah menjadi tengik apalagi jika gorengan tersebut di goreng menggunakan minyak yang sudah tidak layak pakai.

Kolin

Kolin ternyata bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap. Jika mengonsumsi makanan yang mengandung kolin berlebih maka bau badan kita akan lebih amis seperti bau ikan. 

Apalagi jika tubuh tidak mampu mencerna kolin dengan baik. Contoh makanan yang banyak mengandung kolin adalah telur, ikan, hati dan kacang-kacangan.

Tembakau

Tembakau termasuk dalam makanan yang bisa menjadi penyebab bau badan kurang sedap. Tembakau adalah bahan utama dalam campuran rokok. 

Jika anda termasuk dalam pecandu rokok maka perlu waspada karena bisa saja keringat yang keluar dari tubuh anda menjadi kurang sedap. 

Asap rokok yang kita hisap, dalam tubuh akan bercampur dengan unsur-unsur lain kemudian keluar melalui kelenjar keringat dengan bau yang khas dan kurang sedap. 

Bahkan ketika anda sudah tidak merokok bau ini akan tetap menempel pada tubuh anda selama berminggu-minggu lamanya.

Produk Susu

Umumnya makanan yang tinggi akan protein sangat berisiko dengan bau tak sedap. 

Misalnya produk susu yang tinggi protein, jika kita mengonsumsi susu ini maka protein ini dalam tubuh akan dibelah dan sebagian menjadi hydrogen sulfida dan metal. 

Kedua zat inilah yang akan menjadi penyebab bau badan menjadi kurang sedap.

Rempah-Rempah

jika kita sering mengonsumsi rempah-rempah dengan aroma yang kuat biasanya dalam tubuh akan dicerna dan menghasilkan gas sulfur. 

Gas ini kemudian akan mengalir bersama darah dan dieliminasi melewati paru-paru dan pori-pori kulit. 

Gas inilah yang kemudian menjadi penyebab bau badan dan mulut kita kurang sedap. 

Contoh rempah-rempah yang memiliki aroma kuat adalah jenis bawang (bawang merah atau putih) dan kari.

Daging Merah

Daging merah memang memilki manfaat yang cukup banyak, namun makanan ini juga bisa menjadi penyebab bau badan yang biasa kita alami. 

Sebabnya karena daging merupakan makanan yang sulit untuk dicerna atau membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. 

Saat makanan ini tidak tercerna dalam tubuh maka racun dan gas akan dilepaskan, inilah yang menyebabkan bau badan. 

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Chemical menyebutkan bahwa pria yang tidak mengonsumsi daging akan lebih menyenangkan, menarik, dan jarang memiliki masalah dengan bau badan.

Karbohidrat Rendah

Jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah maka kebutuhan tubuh akan karbohidrat tidak akan terpenuhi. 

Hal ini bisa menyebabkan peningkatan pada protein atau tubuh kelebihan protein, protein yang tinggi mampu membakar timbunan lemak dalam tubuh. 

Dalam proses ini akan menghasilkan keton yang kemudian mengalir bersama darah. 

Zat keton inilah yang akan membuat bau badan anda kurang sedap maka dari itu konsumsi karbohidrat yang seimbang karena karbohidrat yang rendah bisa menjadi penyebab bau badan.

Sumber & Referensi
  • https://www.eatthis.com/foods-make-you-smell/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Hindari Makanan Ini, Karena Menyebabkan Bau Badan"