Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gejala Sakit Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Gejala Sakit Ginjal Yang Harus Anda Ketahui

Gejala sakit ginjal bisa bermacam-macam, maka dari itu, Anda sangat perlu mengetahuinya sebelum Anda terkena penyakit berbahaya ini. Ginjal adalah bagian dari tubuh kita yang memiliki fungsi yang sangat penting. 

Ginjal adalah organ ekskresi yang mempunyai bentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem pembuangan air, ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran terutama urea dari darah dan kemudian akan membuangnya bersama dengan air yang berbentuk urin. 

Gejala sakit ginjal bisa bermacam-macam, maka dari itu, Anda sangat perlu mengetahuinya dan melakukan pencegahan. 

Pada manusia normal, dia memiliki sepasang ginjal yang terdapat tepat di belakang perut, atau abdomen. 

Ginjal tersebut terdapat di bagian kanan dan kiri tulang belakang manusia, di bawah limpa dan hati.

Gejala Sakit Ginjal : Mengenali Penyebabnya

Terjadinya gagal ginjal bisa disebabkan oleh beberapa penyakit kronis yang di dederita oleh tubuh di mana secara perlahan-lahan akan berdampak pada kerusakan organ ginjal. 

Sebelum anda mengetahui apa saja gejala sakit ginjal, ada beberapa penyakit yang perlu Anda ketahui, penyakit yang sering berdampak kerusakan ginjal. 

Beberapa di antaranya adalah penyakit tekanan darah tinggi, penyakit Diabetes Mellitus, tersumbatnya saluran kemih seperti batu, tumor, dan penyempitan, kelainan autoimun seperti lupus eritematosus sistemik, dan penyakit kanker.

Adapun penyakit lain yang juga dapat mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal jika tidak ditangani dengan cepat antara lain adalah hilangnya banyak carian yang mendadak seperti muntaber dan perdarahan, serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru, Sifilis, Hepatitis, Preeklampsia, Malaria, Obat-obatan dan Amiloidosis. 

Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan bersamaan dengan munculnya gejala sakit ginjal kearah yang semakin buruk yang mana ginjal tidak lagi mampu bekerja dengan baik atau sebagaimana fungsinya.

Gejala Sakit Ginjal dan Pencegahannya

Adapun tanda dan gejala sakit ginjal yang sering dialami penderita secara akut diantaranya bengkak mata, kaki, kencing sakit, demam, kencing sedikit, nyeri pinggang hebat atau kolik, air kencing berwarna merah atau keluar darah, sering kencing. 

Sedangkan tanda dan gejala yang sangat mungkin muncul oleh adanya gagal ginjal kronis adalah diantaranya lemas, tidak ada tenaga, mual, muntah, bengkak, nafsu makan kurang, kencing berkurang, sesak napas, gatal, dan pucat atau anemi. 

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika menjumpai gejala-gejala yang mengarah pada suatu kelainan fungsi ginjal. 

Penanganan yang tepat dan cepat akan sangat mungkin memperkecil resiko terjangkit penyakit ginjal tersebut.

Untuk pencegahan, lakukan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat seperti makan sayur dan buah buahan setiap hari, banyak minum air putih, olahraga teratur, dan berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol. 

Anda juga perlu waspada dengan penggunaan obat karena banyak obat yang mengandung zat yang akan merusak ginjal Anda. 

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan tadi, anda bisa meminimalisir munculnya gejala sakit ginjal.

Sumber & Referensi
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15604-kidney-stones
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Gejala Sakit Ginjal Yang Harus Anda Ketahui"