Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menjaga Kesehatan Mata

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa cara, nanti akan kami sajikan uraiannya. Mata merupakan organ vital yang dimiliki oleh manusia, dengan mata manusia bisa melihat dan membaca. Bayangkan jika kita tidak memiliki mata. 

Kita tidak akan bisa melihat warna dunia yang indah ini. Namun faktanya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sebanyak 180 juta jiwa di dunia mengalami gangguan penglihatan dan 40-45 juta diantaranya buta. 

Jika dihitung setidaknya ada sekitar 7 juta jiwa di dunia mengalami kebutaan setiap tahunnya. Yang lebih parah lagi sebenarnya sekitar 80% dari masalah kebutaan ini bisa dicegah namun mereka tidak menyadari akan hal itu. 

Seharusnya sudah sepatutnya jika kita menjaga apa yang sudah tuhan anugrahkan kepada kita dengan menjaga dan memelihara kesehatan mata.

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut 7 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda:

1. Mengunjungi Dokter Mata

Meskipun saat ini kita tidak merasakan keluhan terhadap kesehatan mata, tetapi akan lebih baik jika kita memeriksakan dan konsultasi dengan dokter sebagai upaya pencegahan. 

Hal ini merupakan cara yang efektif untuk mencegah adanya gangguan pada mata. Pemeriksaan bisa kita lakukan 1-2 tahun secara rutin. 

Jika anda saat ini sedang menggunakan kaca mata atau lensa kontak sebaiknya lebih sering mengunjungi dokter mata, hal ini dilakukan untuk menghindari adanya iritasi pada mata. 

Selain itu jika anda mengalami gejala seperti penglihatan berkurang, kabur, nyeri pada mata, kemerahan dan gatal-gatal di sekitar mata atau kelopak mungkin saja itu disebabkan oleh adanya infeksi. 

Maka dari itu sebelum mejadi penyakit mata kronis sebaiknya segera memeriksakan diri. Jangan sampai ini mangakibatkan kebutaan permanen.

2. Lakukan Kebiasaan Yang Baik Terhadap Mata

Umumnya gangguan pada mata dipengaruhi oleh factor usia. Namun ada factor-faktor lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya melihat benda selama berjam-jam dengan jarak focus yang sama, setelah itu ketika anda melihat benda-benda yang jauh dan dekat, akan terasa kabur. 

Hal ini disebabkan oleh hilangnya flexibilitas pada mata karena otot-otot mata terkunci pada posisi yang tetap. 

Melihat tv atau computer selama berjam-jam merupakan contoh yang sering kali kita lakukan, maka dari itu hindari kebiasaan seperti ini, ambillah jeda beberapa saat dan alihkan penglihatan anda dengan benda-benda yang jaraknya berbeda. 

Selain itu anda juga bisa melakukan latihan mata yaitu dengan melihat benda-benda dengan jarak yang berbeda dan sudut yang berbeda pula. 

Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kita dimasa mendatang.

3. Menjaga Kesehatan Mata Dengan Menggunakan Pelindung Mata

Pelindung mata sangat dianjurkan dipakai oleh mereka yang bekerja pada tempat-tempat yang sangat rentan terhadap kesehatan mata. 

Seperti tukang las, atlet renang, tenis, hoki dll. Semua pekerjaan itu berisiko terhadap kesehatan mata maka dari itu disarankan agar mereka menggunakan kaca mata dan alat lain yang bisa melindungi mata dari bahaya. 

Pengendara sepeda motor juga disarankan agar menggunakan helm yang ada kacanya.

4. Menjaga Kesehatan Mata Dengan Lindungi Mata Dari Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung UV (ultraviolet) yang dapat menembus retina mata sehingga dapat menyebabkan kerusakan. 

Kerusakan ini dapat menimbulkan penyakit katarak dan degenerasi macula. Maka dari itu jika kita bekerja atau berada dibawah terik matahari yang relative lama disarankan agar menggunakan kaca mata berwarna hitam. 

Ada juga kaca mata yang dirancang khusus untuk mlindungi mata dari terik sinar matahari. Biasanya kaca mata ini bisa memberikan perlindungan terhadap mata hingga 99 % sampai 100% dari sinar UV.

5. Menjaga Kesehatan Mata Dengan Merawat Mata Dengan Nutrisi Terbaik

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat baik untuk mata. Vitamin A sangat membantu dalam produksi rhodopsin yang merupakan pigmen mata. 

Pigmen ini sangat sensitive terhadap cahaya dan juga berfungsi untuk melihat dalam tempat yang gelap atau kurang cahaya. 

Kekurangan vitamin bisa mengakibatkan penyakit rabun senja dimana kita akan mengalami kesulitan dalam melihat ketika malam atau pada tempat yang kurang cahaya. Makanan yang banyak mengandung Vitamin A adalah wortel. 

Selain itu untuk merawat mata anda juga bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. 

Antioksidan berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak termasuk sel-sel mata. Selain itu antioksidan juga berfungsi untuk melawan radikal bebas. 

Makanan yang banyak mengandung antioksidan adalah jenis buah dan sayur, terutama pada buah dan sayur yang berwarna-warni.

6. Kendalikan Tekanan Darah Dan Gula Darah

Tekanan darah dan gula darah juga berpengaruh pada penglihatan. Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan retinopati hipertensif yaitu gangguan pada retina mata akibat tekanan yang sangat kuat. Retina merupakan lapisan jaringan yang berada dibelakang mata. 

Maka dari itu jika terjadi kerusakan pada retina maka juga akan mempengaruhi penglihatan. Selain tekanan darah tinggi, gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan kebutaan pada orang dewasa.

Penyakit ini disebut dengan diabetes, diabetes yang berkepanjangan dapat menyebabkan retinopati diabetic dan komplikasi mata seperti glaucoma dan katarak. 

Maka dari itu segera periksakan gula darah anda dan jika memang anda positif diabetes, atur pola makan yang sehat dan cek darah secara berkala, penanganan dan pengobatan sejak dini merupakan cara yang paling efektif untuk menyembuhkan diabetes.

7. Menjaga Kesehatan Mata Dengan Berhenti Merokok

Banyak alasan mengapa orang merokok meskipun mereka semua sudah tahu tentang bahayanya. Tidak ada sedikit pun manfaat yang bisa diperoleh dari rokok. 

Salah satu dari bahaya merokok yang berhubungan dengan mata adalah katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering dan kerusakan yang terjadi pada saraf optik. 

Jadi jika anda seorang perokok segera berhenti dan mulai hidup sehat masih ada kemungkinan untuk anda terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan.

Mengobati merupakan hal yang baik ketika kita sakit, tetapi kalau kita ingin berupaya untuk mencegah dan merawat itu akan lebih baik. 

Mata merupakan organ vital bagi manusia, kita sebagai manusia tidak bisa membuatnya. 

Mata merupakan nikmat yang diberikan oleh tuhan kepada kita dan tidak ada suku cadangnya maka dari itu sudah sepatutnya jika kita menjaga kesehatan mata.

Sumber & Referensi
  • https://medlineplus.gov/eyecare.html
  • https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight
  • https://www.specialtyeyeinstitute.com/6-tips-for-maintaining-good-eyesight/
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Mata"