Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

“Mendengkur”, aku tidak mendengkur”. Itulah kata-kata yang sering terungkap oleh mereka yang tidurnya mendengkur. Memang orang yang tidurnya mendengkur tidak akan sadar jika selama ini tidurnya mendengkur. 

Maka dari itu kita yang biasa tidur di sebelahnya bisa mengingatkannya. Karena jika ini dibiarkan terus menerus bisa membuat orang yang tidur di sebelahnya sangat terganggu dan kualitas tidur juga menjadi kurang bagus. 

Bayangkan saja, bagaimana kita bisa tidur dengan nyenyak jika orang yang tidur di sebelah kita mendengkur dengan keras. 

Menurut data yang diperoleh oleh Readers Digest, ada sekitar 45% dari populasi orang dewasa, mereka mengalami masalah dengan dengkuran. 

Banyak sebab yang menjadikan seseorang mendengkur saat tidur, penyebab utama adalah adanya gangguan pernafasan, selain itu juga bisa disebabkan oleh kelelahan. 

Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Dengan Alami

Jika pasangan anda atau mungkin anda sendiri yang mengalami masalah dengan dengkuran maka anda patut membaca tips berikut ini sehingga dengkuran segera menghilang dari tidur anda.

Kurangi Alkohol dan Obat-Obatan Penenang

Alkohol dan obat penenang mampu menekan sistem saraf pusat, hal ini menyebabkan otot menjadi lemas. Banyaknya otot yang lemas ini bisa menjadikan tidur anda menjadi mendengkur. 

Maka dari itu hindari konsumsi alkohol dan obat penenang. Jika memang anda terbiasa mengonsumsinya paling tidak tidurlah setelah lebih dari 2 jam. 

Karena kemungkinan efek dari alkohol dan obat penenang yang anda konsumsi sudah lebih mereda.

Kurangi Berat Badan

Berat badan juga sangat berpengaruh dalam menjadikan tidur seseorang mendengkur atau tidak. Hampir semua orang yang memiliki berat badan lebih tidurnya mendengkur. 

Hal ini disebabkan oleh menyempitnya berat disekitar tenggorokan sehingga sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan akibatnya dengkuranlah yang terjadi. 

Selain dengkuran orang yang memiliki berat badan lebih sangat rentan terhadap berbagai penyakit maka dari itu akan lebih baik jika anda mengurangi berat badan. 

Sehingga anda lebih sehat dan orang lain yang tidur disebelah anda juga menjadi lebih nyaman.

Ubah Posisi Tidur

Jika anda termasuk orang yang mendengkur saat tidur. Ada kemungkinan itu disebabkan oleh posisi tidur anda yang salah atau kurang tepat. 

Posisi tidur telentang bisa menjadikan tidur anda menjadi mendengkur hal ini disebabkan oleh jatuhnya pangkal lidah jantung dalam tenggorokan. Ini menjadikan saluran pernafasan semakin sempit dan timbulnya dengkuran. 

Maka dari itu segera ubah posisi tidur anda, tidur menyamping akan lebih menyehatkan karena saluran pernafasan menjadi semakin lancar. 

Dalam islam kita memang disarankan agar tidur dengan posisi menyamping dan tubuh bagian kanan dibawah. 

Jika anda khawatir posisi tidur anda kembali seperti biasanya maka ada baiknya jika anda mengganjal kepala dengan beberapa bantal karena saat tidur kita tidak akan sadar dengan posisi tidur kita.

Jauhkan Semua Pencetus Alergi di Kamar

Alergi yang menyebabkan adanya gangguan pada saluran pernafasan bisa menjadikan tidur kita mendengkur. Sebagian orang ada yang alergi dengan debu. 

Jika anda tidak sering membersihkan tempat tidur anda, banyak kemungkinan tempat tidur anda menjadi berdebu, bahkan bantal anda juga bisa tertutup oleh debu. 

Jika hal ini sampai terjadi maka bersin-bersin yang akan anda alami dan pastinya mengganggu saluran pernafasan anda. 

Selain membersihkan tempat tidur sebaiknya anda memastikan bahwa sirkulasi udara pada kamar anda berjalan dengan baik karena sirkulasi udara yang bagus bisa membuat udara senantiasa fresh dan bersih.

Hindari Hidung Tersumbat

Pernafasan pastinya akan terganggu jika hidung kita tersumbat, sehingga saat tidur kita bernafas menggunakan mulut dan membiarkan mulut terbuka lebar. 

Inilah yang memicu terjadinya dengkuran saat tidur. Hidung tersumbat memang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Biasanya hidung tersumbat terjadi saat anda sedang flu. 

Maka dari itu segera atasi masalah ini dengan tepat dan cepat. Anda juga bisa mandi menggunakan air hangat agar badan sedikit enakan dan legakan pernafasan anda dengan menggunakan salep inhaler.

Memakai Counter Nasal Strips

Penyebab utama dari dengkuran adalah kurang lancarnya saluran pernafasan. Untuk mengatasi ini anda bisa menggunakan Counter Nasal Strips, yaitu Strips khusus penjepit hidung yang bisa membuat saluran pernafasan anda terbuka dan melegakan pernafasan. 

Untuk mendapatkannya anda anda bisa membelinya di apotek terdekat.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup artinya adalah tidurnya sesuai dengan jadwal biasanya anda tidur dan teratur. Karena jika anda tidur dalam keadaan lelah maka tidur akan sangat dalam dan otot-otot menjadi lemas sehingga tidur menjadi mendengkur. 

Maka dari itu hindari kegiatan yang terlalu melelahkan dan tidur larut malam.

Konsultasi ke Dokter

Apakah semua cara sudah anda lakukan? apakah dengkuran anda sudah berkurang atau hilang? jika semua cara sudah anda lakukan namun dengkuran masih tetap maka akan lebih baik jika anda memeriksakan diri pada dokter. 

Penanganan yang cepat dan tepat akan segera menghilangkan gangguan tidur anda sehingga tidur menjadi lebih bekualitas dan sehat.

Minum Banyak Air

Air putih memang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mampu mengurangi bahkan menghilangkan dengkuran yang mungkin selama ini anda alami. 

Gangguan pernafasan bisa disebabkan oleh lendir yang ada pada saluran pernafasan. Jika hal ini terjadi maka udara yang keluar masuk akan terganggu. 

Lendir ini bisa timbul akibat kurangnya cairan pada tubuh yang menyebabkan dehidrasi maka dari itu minum air putih minimal 8 gelas atau lebih setiap hari.

Sumber & Referensi
  • https://www.sleepcycle.com/snoring/10-natural-snoring-remedies/
  • https://www.medicinenet.com/how_to_stop_snoring/article.htm
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur"