Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Varises Di Kaki

Cara Mengatasi Varises yang Benar

Cara mengatasi varises pastinya sangat diperlukan bagi mereka yang merasakan varises tersebut muncul. Layaknya sebuah jalan yang sangat ramai dimana merupakan tempat kendaraan yang berjalan kesana kemari itulah system dari peredaran didalam tubuh kita. 

Sel-sel darah anda diibaratkan dengan kendaraan tersebut. Bahkan dari hasil limbah metabolism di dalam tubuh dibuang dan berbagai kebutuhan sel lainnya di seluruh tubuh diangkut oleh sel darah tersebut. 

Melalui pembuluh darah aliran darah didorong oleh jantung supaya perjalanannya tetap lancar dan seimbang.

Lebih beratnya lalu lintas ketika melakukan perjalanan untuk kembali ke organ jantung. Di sisi lain berkuranglah tekanan dari pompa jantung. 

Gravitasi akan dilawan oleh aliran darah yang mana pada bagian tubuh yang akan dibawa kembali ke jantung misalnya paha dan betis. 

Untuk kembali ke jantung darah akan dialirkan melalui bantuan dari otot-otot kaki yang mana sangat diperlukan oleh pembuluh darah. 

Arus balik juga akan dicegah oleh katup di area pembuluh darah. Dalam hal ini apabila telah terjadi varises sangat diperlukan bagaimana cara mengatasi varises itu sendiri.

Arus balik darah akan terjadi apabila terjadi kerusakan pada salah satu katup. Mengenai arus yang bertumbuk untuk pergi ke jantung yang sebelumnya menjauhi arus dari jantung yang mana genangan darah menggenang. 

Sebelum terjadi kerusakan pada katup darah secara terus terusan tekanan pada pembuluh darah akan terjadi peningkatan sehingga terjadilah hal tersebut. 

Bentuk pada dinding vena akan berubah dan akan terjadi penggelembungan. 

Dalam hal ini dari balik kulit benjolan yang tidak teratur akan menyembul keluar yang mana ketika dilihat pembuluhnya warnanya menjadi biru. 

Sehingga timbullah varises yang mana harus segera di cari cara mengatasi varises tersebut agar tidak memperburuk keadaan.

Apakah Varises Berbahaya?

Memang tidak membahayakan dari beberapa kejadian mengenai varises tersebut namun jika dilihat dalam penampilan pastinya akan sangat mengganggu. 

Beberapa gejala seperti kaki menjadi kram karena bengkak, terasa berat yang mana apabila menderita varises pada level yang lebih tinggi lagi. 

Tak hanya itu saja ini juga akan menyebabkan perubahan pada warna kulit penderitanya. 

Varises akan membentuk bekuan darah namun hal ini yang telah ditemukan pada beberapa kejadian yang jarang ditemukan. 

Namun apabila hal ini terjadi maka akan bisa terjadi embolisme paru atau gagal jantung karena pembuluh darah yang tersumbat sebagai akibat dari pembuluh darah ke jantung atau paru paru (embolisme) darah yang membeku berpindah tempat yang pastinya sangat membahayakan para penderitanya apabila tidak segera di cari cara mengatasi varises. 

Dalam hal ini juga bisa terjadi penyumbatan vena sebagai akibat dari varises tersebut sehingga akan berlanjut pada gumpalan darah atau tumor. 

Sebagai konsekuensi dari pada penyakit yang sesungguhnya maka varises ini dinamakan dengan varises jenis sekunder.

Bakat bawaan

Di dalam riwayat keluarga yang mempunyai keturunan menderita penyakit ini akan rentan menyerang keturunannya. 

Katub vena dan strukutrnya akan terjadi kecacatan karena gen yang melemah yang mana merupakan pengatur dari perkembangan vena dan hal inilah yang diduga oleh beberapa ahli mengenai hal tersebut. Arus balik darah tidak mampu ditahan apabila sedikitnya katub vena pada beberapa orang.

Sehingga ketika usia mereka masih dalam keadaan dini pun varises akan berkembang. 

Oleh karena itu cara mengatasi varises harus segera dicari tahu apabila keluarga anda pernah ada yang menderita varises.

Pencegahan dan Penanganan Varises

Cara mengatasi varises bisa dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Tidak Berpakaian Ketak

Varises akan lebih berat lagi apabila aliran darah tidak lancar sebagai akibat dari beberapa pakaian yang bisa menghambatnya seperti berpakaian yang terlalu ketat pada tungkai, paha ataupun pinggang.

Namun dalam hal ini berbeda dengan stocking yang mana rancangannya dikhususkan untuk memperlancar aliran darah ke atas.

Berhenti Merokok

Varises akan terjadi dengan dampak buruk dari rokok. Dengan merokok pembuluh darah di dalam tubuh akan bisa rusak.

Menggunakan Stocking Pendukung

Terbuat dari bahan yang elastisitasnya sangat kuat walaupun bentuk celananya tergolong ketat. Namun stocking tersebut merupakan pendukung atau stocking kompresi dan stocking kaki. 

Dalam pemakaiannya bisa pula digunakan sewaktu-waktu mulai dari pagi hari hingga malam hari. 

Dengan menggunakan stocking pada kaki anda aliran darah akan lancar dan varises mampu ditekan. Selain dari pada itu penampilan anda akan lebih menarik lagi selain bisa mengurangi rasa sakit.

Mengangkat Kaki Anda

Selama 10 menit perjam di atas ketinggian jantung anda bisa mengangkat kaki anda. 

Varises akan mampu dicegah dan dikurangi dengan cara tersebut karena pembuluh vena akan mampu ditekan dan dikurangi. 

Pada saat anda tidur bisa pula menggunakan bantal untuk meletakkan kaki anda.

Tidak Duduk Terlalu Lama

Tertekuknya pangkal paha atau lutut bisa ketika sedang duduk bisa menyebabkan timbulnya varises. Sehingga akan lebih berat aliran darah yang akan menuju ke jantung. 

Anda bisa berjalan-jalan sebentar ataupun meluruskan kaki anda apabila sebelumnya anda terlalu lama duduk karena bekerja ataupun sehabis perjalanan yang sangat jauh. 

Selain dari pada itu aliran darah juga akan terhambat dengan anda duduk dengan posisi menyilang.

Menerapkan Diet Seimbang

Varies juga bisa dicegah dengan anda melakukan diet yang seimbang, yang mana manfaatnya selain bisa mengecilkan tubuh. 

Protein dan vitamin C akan sangat dibutuhkan oleh otot tubuh dan pembuluh darah akan bisa dibentuk dengan kolagen tersebut. 

Sehingga otot dan pembuluh darah tidak akan gampang aus apabila tubuh kita nutrisinya cukup.

Mengurangi Berat Badan

Beban vena akan ditambah dengan tubuh yang gemuk. Vena akan lebih banyak lagi dalam mengalirkan darah apabila kondisi tubuh seseorang tersebut gemuk. 

Dalam hal ini pekerjaan vena yang sangat berat tersebut akan tidak mampu didukung oleh otot apabila mereka kurang dalam melakukan aktifitas fisik.

Tidak Berdiri Terlalu Lama

Dengan jantung kaki anda bisa mempuanyai jarak yang jauh apabila anda sedang ebrdiri. Dalam hal ini gaya gravitasi yang sangat kuat adalah dengan posisi yang tegak. 

Sehingga beratlah kerja vena karena kedua hal tersebut. sehingga dalam hal ini yang bisa anda lakukan adalah dengan berjalan-jalan sebentar apabila pekerjaan anda mengharuskan untuk berdiri terlalu lama. 

Selain itu supaya tekanan bisa berkurang kaki anda bisa diangkat.

Berolahraga

Varies akan mudah muncul apabila vena tidak mamu didukung oleh lemahnya otot apabila anda kurang dalam melakukan olahraga. 

Namun dalam hal ini yang bisa dilakukan adalah dengan rutin dalam berolahraga sehingga hal tersebut tidak terjadi. 

Mengalirnya darah kembali ke jantung dari vena apabila tungkai, paha dan oto pantat terjadi kontraksi. 

Dengan melakukan olahraga seperti berenang, senam aerobic, menaiki tangga, berjalan dan bersepeda yang merupakan cara mengatasi varises.

Sumber & Referensi
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicose-veins/diagnosis-treatment/drc-20350649
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Varises Di Kaki"