Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan Secara Alami

Cara Mengatasi Nyeri Haid Pada Wanita

Cara mengatasi nyeri haid sangat diperlukan bagi kebanyakan para perempuan yang pada saat haidnya datang merasakan nyeri yang menyakitkan. 

Nyeri ini terjadi pada area perut. Oleh karena itulah supaya segala kegiatan yang dilakukan tidak mempunyai kendala karena rasa nyeri tersebut maka sangat diperlukan cara mengatasi nyeri haid. 

Di dalam setahun sebanyak 12 kali merupakan jumlah dari haid yang akan dirasakan oleh para wanita yang mana merupakan perubahan secara fisiologisnya. 

Dalam hal ini beberapa rasa yang diderita akan seringkali dirasakan pada perempuan ketika merasakan haid atau menstruasi apalagi pada hari pertama dan kedua yang mana tak hanya sekedar datang dan pergi saja haid tersebut. 

Pada saat haid masalah kesehatan dan rasa nyeri akan terjadi selain mood yang terjadi perubahan pula.

Beberapa masalah ketika menstruasi yang seringkali dirasakan sebagian besar wanita adalah pegal-pegal, tubuh kurang fit, menggigil, demam, muntah, mual, perut dibagian bawah kram yang mana merupakan masalah nyeri haid yang bisa dikatakan pula dengan sahabat Female ini. 

Selama masa haid masih belum selesai sebagain besar wanita yang mengalami keluhan ini akan merasakan gangguan pada setiap kegiatan sehingga konsentrasi para perempuan akan hilang karena rasa sakit dan nyeri tersebut.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Pada Wanita

Untuk itu di dalam artikel ini akan disebutkan Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan Secara Alami supaya segala aktifitas anda tidak menjadi terganggu, diantaranya adalah :

Konsultasi Ke Dokter

Anda bisa mengkolsutasikan keluhan yang anda alami pada dokter jika dirasa rasa sakit tersebut tidak kunjung sembuh. 

Karena masalah organ reproduksi bisa saja terjadi karena rasa nyeri yang berkelanjutan walaupun kebanyakan wanita merasakan rasa nyeri ketika haid dan walaupun dianggap sebagai suatu hal yang sangat wajar.

Nyeri yang anda alami harus diketahui apa sebenarnya penyebabnya sheingga anda harus memeriksakan diri ke ahli ataupun ke dokter spesialis.

Olahraga Ringan

Masalah nyeri ketika haid bisa diatasi dengan olahraga ringan yang juga bermanfaat bagi tubuh. 

Tubuh anda akan lebih segar, rasa sakit berkurang dan aliran darah akan menjadi lancar apabila selama haid dan sebelumnya anda berolahraga ringan seperti senam atau berjalan-jalan.

Minum Jamu

Ketika haid datang dan rasa haid muncul di negara kita telah mempunyai warisan bahan-bahan alami yang bisa mengatasi masalah tersebut. 

Selama menstruasi tubuh anda akan lebih fit dan segar dengan anda minum jamu kunyit asam. Terlebih lagi anda membuat sendiri ramuan ini sehingga akan lebih terjamin khasiatnya.

Lakukan Pijatan Lembut

Rasa kram dan nyeri yang anda rasakan bisa dikurangi dengan pijatan ringan pada bagian bawah perut. Di bagian perut bawah anda telapak tangan anda usap dengan ringan dan lakukanlah kegiatan ini dengan lembut. 

Selain itu andapun juga akan merasakan aroma yang menenangkan dan rasa hangat apabila mengoleskannya dengan kayu putih.

Berbaring

Apabila ketika haid punggung anda terasa nyeri yang bisa anda lakukan adalah dengan membaringkan diri di tempat tidur atau sofa. 

Untuk menyangga lutut anda beri bantal, tarik nafas dan uang perlahan serta pejamkan mata anda. Lakukan kegiatan ini hingga rasa nyaman anda rasakan.

Kompres Perut

Air hangat juga bisa anda gunakan untuk mengompres perut sehingga rasa kram dan nyeri bisa hilang. 

Alat kompres khusus atau handuk bisa anda gunakan untuk mengompres yang sebelumnya telah direndam dan diperas dahulu dengan menggunakan air hangat.

Minuman Hangat

Makanan hangat (sedikit panas) atau minuman yang hangat dan dikonsumsi ketika haid kebanyakan wanita merasakan rasa nyeri yang dirasakah tiba-tiba hilang dan berkurang. 

Ada baiknya juga anda membaca cara mengurangi nyeri saat haid. 

Selain itu sebagai pilihan andapun juga bisa mengkonsumsi sup hangat atau jahe hangat yang mana juga merupakan cara mengatasi nyeri haid.

Sumber & Referensi
  • https://www.uofmhealth.org/health-library/aq0001
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan Secara Alami"