Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencegah Sakit Pinggang Secara Alami

Cara Mencegah Sakit Pinggang Yang Benar

Mencegah sakit pinggang bisa dilakukan apabila kita mengetahui dengan rinci mengenai sakit pinggang itu sendiri. 

Setelah sakit kepala penyakit neurologis yang paling umum kedua adalah sakit pinggang. Memang tidak dipungkiri bahwa banyak orang yang pernah merasakannya. 

Namun sangat beruntung karena hanya beberapa hari saja sakit pinggang ini muncul. Namun dalam hal ini ada 2 macam dari sakit pinggang itu sendiri. Yakni:
  1. Sakit pinggang kronis yakni sakit yang lamanya 3 bulan lebih.
  2. Sakit pinggang akut (jangka pendek) yakni lamanya hanya beberapa hari hingga minggu saja.
Arthritis dan sciatica atau trauma punggung bawah merupakan beberapa masalah yang bisa menyebabkan sakit pinggang. 

Seperti contohnya dari gangguan tersebut yakni pada tulang belakang yang tertekan karena kecelakaan mobil, secara tak terduga tersentak, bekerja di ladang atau rumah dan cidera ketika sedang melakukan olahraga. 

Selain itu karena kegiatan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan yang mana otot-otot punggung sebagai alatnya juga merupakan penyebab yang paling sering ditemui seperti mencangkul, mengangkat barang yang sangat berat dan lain sebagainya. 

Untuk itu dalam hal ini sangat diperlukan cara untuk mencegah sakit pinggang.

Untuk berdiri tegak tidak bisa, nyeri atau sakit otot yang menusuk merupakan gejala sari sakit pinggang. 

Selain itu gejalanya juga bisa dilihat dengan adanya batasan untuk bergerak karena kaku. 

Parahnya lagi beberapa bagian yang lainnya juga bisa terkena rasa sakit tersebut apabila tidak tahu bagaimana cara mencegah sakit pinggang.

9 Tips Untuk Mencegah Sakit Pinggang

1. Menjaga Asupan Nutrisi Dan Diet Yang Tepat

Apalagi pada area disekitar pinggang lamaknya harus benar-benar dijaga supaya tidak berlebihan. Selain itu tujuan dari tips yang pertama ini juga untuk mencegah obesitas. 

Tulang yang baru akan tumbuh dengan cukup dalam mengkonsumsi berbagai nutrisi yang sangat diperlukan tubuh misalnya vitamin D, fosfor dan kalsium.

2. Menghindari Rokok

Yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan berhenti merokok. Degenerasi akan muncul sebagai akibat dari cakram tulang belakang dan aliran darah untuk ke tulang punggung bagian bawah berkurang dan hal ini karena dampak buruk dari rokok itu sendiri.

3. Olahraga Rutin

Rasa nyeri ketiksa sakit pinggang dapat dicegah dengan gaya hidup yang aktif. Dalam hal ini yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara rutin setiap harinya.

4. Tidur Miring

Tekanan yang terjadi pada tulang belakang anda bisa dikurangi dengan tidur dalam posisi miring. Selain itu anda juga bisa tidak menggunakan permukaan yang empuk namun pada permukaan yang cukup terasa padatlah anda tidur.

5. Tidak Mengangkat Benda Yang Berat

Apabila anda ingin mengambil benda yang berada dibawah disarankan pada lutut anda tekuk terlebih dahulu dan jongkok untuk mengambil benda tersebut. 

Benda tersebut usahakan dekat pada tubuh anda dan jaga agar punggung tetap lurus. Namun yang harus anda perhatikan adalah apabila ingin mengangkat benda tersebut putarlah tubuh anda. 

Selain itu untuk memindahkan benda bisa lebih baik anda tarik dari pada di dorong.

6. Selingi Duduk Anda

Ketegangan bisa dikurangi dengan menyelingi duduk dengan beberapa kegiatan seperti peregangan otot dan berjalan-jalan. 

Namun ada cara lain yakni gunakan tumpukan buku atau bangku yang rendah untuk mengistirahatkan kaki anda apabila pekerjaan mengharuskan untuk duduk lama.

7. Mengenakan Sepatu Yang Sesuai

Dalam hal ini yang bisa dipakai adalah sepatu yang tumitnya rendah dan nyaman bagi kaki anda.

8. Melakukan Peregangan

Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan yang berat cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan terlebih dahulu.

9. Tidak Membungkuk Waktu Duduk Ataupun Berdiri

Pada kaki anda seimbangkan berat badan sewaktu berdiri. Kenyaman pada ketinggian pada permukaan pekerjaan pastikan hal tersebut anda lakukan sewaktu bekerja di kantor ataupun sewaktu melakukan pekerjaan di rumah. 

Ketika melakukan pekerjaan tersebut upayakan untuk selalu benar pada posisi dengan ketinggian ketika duduk bersandar pada kursi. Hal ini juga merupakan salah satu yang bisa anda lakukan sebagai cara mencegah sakit pinggang.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Sakit Pinggang Secara Alami"