Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar

Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Mudah

Cara mencegah gigi berlubang merupakan hal yang sangat penting bagi orang yang rentan terhadap sakit gigi. 

Apalagi jika mereka sudah pernah mengalami gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi. Sakit gigi termasuk dalam sakit yang menyerang saraf oleh karena itu rasanya menjalar hingga kemana-mana.

Selain itu banyak orang yang menilai akan kesehatan dengan bagaimana cara mereka merawat gigi bahkan ada juga yang menganggap bagi mereka yang rajin merawat gigi berarti mereka termasuk orang yang menyukai kebersihan.

Bagi orang yang memiliki gigi berlubang pastinya dia sangat tersiksa karena selain menderita fisik (sakit gigi) dia juga akan menderita mental (malu) karena dia akan mengeluarkan bau mulut yang tak sedap. 

Penyebab utama gigi berluang adalah karena kurangnya merawat kesehatan gigi dan banyaknya mengonsumsi makanan yang manis (coklat, permen, dll). 

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Maka bagi anda yang masih memiliki gigi sehat bersyukurlah dan jangan lupa untuk mengikuti tips berikut ini yang akan menjelaskan tentang bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar, antara lain:

Rajin Menggosok Gigi

Rajin menggosok gigi adalah cara yang paling tepat dalam merawat kesehatan gigi. Selain menjaga gigi tetap sehat menggosok gigi juga akan membuat gigi kita tetap putih sehingga kita semakin percaya diri, selain itu nafas juga akan tetap segar. 

Lakukan ini minimal 2x sehari, hal ini bisa mencegah timbulnya plak dan gigi berlubang. 

Selain itu lakukan dengan cara yang benar artinya saat anda menggosok gigi usahakan agar semua bagian gigi tersentuh, mulai dari atas ke bawah, samping kiri dan kanan. 

Gunakan sikat gigi yang mampu menjangkau bagian gigi terdalam dan jangan lupa untuk menggosok lidah karena lidah termasuk sumber bakteri.

Berkumur

Berkumur adalah salah satu cara mencegah gigi berlubang. 

Dengan berkumur berarti kita telah membantu menjaga kesehatan gigi dengan membersihkan sisa-sisa makanan serta membantu meremineralisasi gigi. 

Sangat dianjurkan agar kita menggosok gigi 30 menit setelah makan namun jika anda tidak sempat gantikan dengan berkumur. 

Sebaiknya anda berkumur menggunakan air the tanpa gula agar gigi tetap sehat dan kuat.

Kurangi Makanan Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi

Cara mencegah gigi berlubang adalah dengan mengurangi atau menghindari makanan yang rentan terhadap gigi berlubang. 

Makanan itu bisa berupa makanan yang mengandung gula dan lengket. 

Jika memang anda menyukai makanan yang manis dan lengket anda harus menginmbanginya dengan perawatan gigi yang baik, jika tidak bisa-bisa gigi anda akan berlubang. 

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula akan memicu produksi asam berlebih yang bisa menyebabkan proses demineralisasi (proses hilangnya mineral dari gigi). 

Selain itu hindari juga kebiasaan makan makanan yang panas kemudian minum es, hal ini bisa menyebabkan gigi keropos dan akhirnya berlubang. 

Sebaiknya anda banyak mengonsumsi sayuran dan buah karena baik untuk kesehatan gigi (membantu meremineralisasi gigi)

Tinggalkan Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohal memang sangat berbahaya bagi tubuh termasuk mengancam kesehatan gigi. 

Selain itu orang yang merokok memiliki resiko sakit gigi dan gusi hingga 4x dari mereka yang tidak merokok sedangkan mereka pecandu alkohol sangat rentan terhadap iritasi gigi, gusi, lidah dan jaringan mulut lainnya. 

Oleh karena itu dengan menghindari rokok dan alkohol merupakan salah salah satu cara mencegah gigi berlubang.

Akhir Kata

Itulah Tips Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Mudah. Sekarang dapat kita simpulkan bahwa cara termudah menjaga kesehatan gigi adalah dengan Rajin menggosok gigi, Berkumur, Menjauhi makanan yang buruk bagi gigi, dan Tidak merokok serta minum alkohol.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Membesar"