Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Menyikat Gigi Yang Benar ? Ini Penjelasannya

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menyikat gigi yang benar pastinya sangat dibutuhkan oleh semua orang. Kebanyakan kita hanya menyikat gigi sebagaimana apa yang menurut kita baik tanpa memperhatikan cara-cara yang mungkin lebih baik. 

Salah satu cara terbaik dalam merawat gigi adalah dengan menyikatnya secara teratur. Standartnya dalam menyikat gigi adalah 2 kali sehari, sebelum tidur dan setelah sarapan. 

Cara yang paling utama dalam menyikat gigi adalah dengan menggunakan sikat gigi yang bisa mencapai seuruh permukaan gigi sehingga kesehatannya lebih terjaga.

Penyebab utama kerusakan pada gigi adalah adanya bakteri yang menempel pada gigi. Bakteri ini ada karena adanya sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. 

Namun bukan setiap habis makan anda menyikat gigi, ini bergantung pada jenis makanan apa yang anda makan. 

Jika makanan ini mengandung kadar asam tinggi seperti teh, kopi, soft drink dan buah yang rasanya asam, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi. 

Akan tetapi berkumurlah terlebih dahulu dan tunggu hingga 1 jam setelah itu barulah anda boleh menyikat gigi, itu adalah salah satu cara menyikat gigi yang benar.

Yang perlu anda ketahui adalah tingkat keasaman yang ada pada mulut setelah kita makan. Setelah makan PH dalam mulut akan turun yaitu yang normalnya 6,8 menjadi 4, dalam keadaan ini anda jangan menyikat gigi langsung karena ini bisa menghilangkan struktur saliva dalam mulut. 

Struktur saliva ini berada pada air ludah, dan ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan PH dan memperlancar proses pencernaan. 

Maka dari itu tunggulah hingga 20 menit kemudian, karena ini tingkat keasaman ludah akan kembali normal. 

Sebenarnya untuk menghilangkan bakteri pada mulut anda cukup dengan menggosok gigi saja secara teratur dan untuk menghilangkan sisa-sisa bakteri yang tertinggal, anda bisa berkumur dan menyikat permukaan lidah. 

Pilihlah sikat gigi yang berbulu halus dan usahakan mampu menjangkau gusi dan sebelah bawah permukaan gusi. 

Sikat secara perlahan dari atas ke bawah (gusi ke gigi) lalu selesaikan dengan menyikat lidah anda, itulah cara menyikat gigi yang benar.

Cara menyikat gigi yang benar sudah anda ketahui bukan, sekarang kita menentukan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. 

Fluoride terbukti sangat ampuh dalam mencegah berbagai kerusakan pada gigi sehingga menjadikan gigi lebih sehat, kuat dan tidak mudah berlubang. 

Selain itu fluoride juga mampu menghilangkan kepekaan pada akar gigi.

Tips Menyikat Gigi

Mungkin sebagian besar anda sudah mengetahui cara menyikat gigi yang baik, namun ini bisa juga anda jadikan referensi untuk menyikat gigi yaitu :

Mulai dengan menyikat gigi pada bagian yang lebih sering digunakan untuk mengunyah sehingga sisa makanan yang masih menempel bisa dihilangkan.

Sikat gigi dengan posisi sikat miring dan gerakkan memutar dengan sudut 45 derajat.

Jangan menyikat gigi dengan gerakan kiri ke kanan atau sebaliknya namun gerakkan sikat gigi dengan arah atas bawah (gusi ke gigi).

Gosok gigi dengan lembut untuk merangsang gigi dan menghilangkan plak. Pemijatan juga bisa anda lakukan agar peredaran darah pada gusi bertambah lanacar.

Fokuskan sikat pada gigi bagian depan karena bagan inilah yang sering menjadi tempat berkumpulnya plak. Gerakkan sikat secara vertical yaitu dari atas ke bawah.

Pastikan gigi anda bersih hingga ke celah-celahnya dan juga pada saku gusi.

Untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, jangan lupa untuk menyikat bagian lidah, bagian dalam pipi juga langit-langit mulut. Ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel pada tempat-tempat itu.

Jika anda merasa masih ada yang mengganjal setelah anda sikat gigi, atau mungkin merasa kurang bersih, anda bisa mengulang lagi menyikatnya.

Berkumurlah dengan menggunakan air bersih agar kotoran hilang dan rendam sikat gigi anda pada air bersih, ini untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada sikat gigi anda.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menyikat Gigi

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam menyikat gigi yang benar.

Pastikan anda menyikat gigi dengan tepat dan efisien.

Pastikan cara anda menyikat gigi tidak merusak jaringan gigi dan menghilangkan lapisan gigi dengan cara memberikan tekanan yang berlebihan.

Terlalu sering menyikat gigi juga kurang baik untuk kesehatan gigi, sikatlah gigi paling tidak 2 hingga 3 kali dalam sehari jangan lebih dari itu, yaitu setelah sarapan, makan siang dan makan malam/sebelum tidur.

Pastikan sikat gigi dan cara menyikat gigi anda mampu menjangkau celah-celah gigi dan daerah saku gusi.

Mungkin bagi anda yang masih sekolah, anda tidak bisa menggosok gigi sehari 3 kali namun dengan 2 kali gosok gigi saja itu sudah cukup kok, itu sesuai dengan pendapat manson pada tahun 1971. 

Itulah cara menyikat gigi yang benar.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menyikat Gigi Yang Benar ? Ini Penjelasannya"