Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Pencernaan ?

Cara Menghindari Gangguan Pencernaan Yang Buruk

Ketahuilah cara menghindari gangguan pencernaan yang baik. Memang bukan hal yang baru dari masalah pencernaan. 

Pasti pencernaan akan menjadi tidak nyaman jika sebelumnya mengkonsumsi makanan berminyak atau makanan pedas. 

Oleh karena itu cara menghindari gangguan pencernaan sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengalaminya. 

Untuk meningkatkan pencernaan anda dapat melakukan cara yang sederhana selain mengkonsumsi pil pencernaan. 

Cara Menghindari Gangguan Pencernaan

Untuk meningkatkan sistem pencernaan berikut ini langkah-langkah nya yang dapat anda lakukan di rumah.

Konsumsi Buah Amla

Untuk mengobati masalah pencernaan obat ayurveda bisa digunakan untuk mengobatinya, buah ini berasal dari India dan sering disebut dengan buah malaka. 

Gas dan kembung sering kali terjadi apabila pencernaan tidak normal. Partikel makanan akan dapat dipecah dengan mudah karena buah amla merupakan buah yang tinggi akan serat. 

Sehingga dengan mengkonsumsi buah amla merupakan cara menghindari gangguan pencernaan.

Berlatih Yoga

Cara menghindari gangguan pencernaan yang paling efektif adalah dengan melakukan latihan yoga. 

Sistem pencernaan akan dapat sehat dengan melakukan gerakan yoga seperti pranayama, bridge dan triangle.

Lurus Membalikkan

Dengan posisi punggung tegak dan kaki lurus duduklah di tanah. Ke lutut kaki kanan arahkan telapak kaki kiri, yang sebelumnya kaki kiri secara perlahan ditekuk. 

Kemudian pada sisi kiri putar tubuh bagian atas (tulang belakang). Tariklah nafas dalam-dalam. Hitung sampai 10 dengan menahan posisi. 

Pada kaki kanan ulangi hal tersebut dan rileks. Sebagai cara menghindari gangguan pencernan dan meningkakan kinerja sistemnya dari manfaat melakukan latihan sederhana ini.

Gunakan Cuka Sari Apel

Dalam meningkatkan pencernaan minuman yang paling efektif sebagai cara menghindari gangguan pencernaan adalah dengan menggunakan cuka sari apel. 

Caranya sangat mudah yakni dengan meminum ramuan dari jus buah yang telah dicampurkan dengan beberapa sendok teh cuka sari apel ketika perut masih dalam keadaan kosong.

Hindari Minuman Dingin

Kinerja sistem pencernaan dapat diperbaiki dengan suhu tubuh. Pencernaan akan dapat diperlambat dengan fluida dingin. 

Oleh karena itu fikirkanlah lagi apabila anda sebelumnya berfikir bahwa makanan akan dapat dicerna dan masalah lambung bisa dicegah dengan mengkonsumsi soda dan minuman dingin. 

Sebagai cara menghindari gangguan pencernaan dan akan lebih baik lagi dari sestem pencernaan maka hindarilah minuman dingin.

Makanan Ringan

Pencernaan akan dapat diperlambat dengan makanan yang berat. 

Maka sebagai cara untuk menghindari gangguan dalam pencernaan anda maka hindarilah dalam memonopoli makanan bila dalam mencerna makanan anda tahu akan sulit. 

Efek negatif dari makanan berat adalah dapat menambah berat badan anda selain pencernaan akan lambat.

Lakukan Gerakan Simpul

Pada kedua sisi luruskan tangan dan rebahkan tubuh anda. Tarik nafas dalam-dalam dan buang nafas. Bagian atas tubuh stabilkan dan pada dada tekuk lutut anda. 

Ketika anda menekuk lutut anda pastikan tubuh bagian atas lurus. 

Dengan lembut perlahan tulang punggung bagian bawah putar dan pinggang di sisi kiri. Dan pastikan jika tidak berubah dari posisi dada dan bahu. 

Sebelum memutar di sisi kanan selama 10 hingga 15 detik, tahan. Selama sehari 5 hingga 6 menit lakukan cara ini untuk menghindari gangguan pencernaan.

Latih Pernafasan

Untuk meningkatkan kinerja sistem dan cara menghindari gangguan pencernaan, salah satu latihan yang paling umum yang dapat dilakukan adalah latihan nafas untuk pencernaan. 

Dengan posisi punggung yang tegak dan kaki lurus ke bawah pada kursi duduk dengan lurus. Tahan hingga hitungan lima dengan menarik nafas dalam-dalam sebisa mungkin. 

Sebanyak 2-3 kali ulangi latihan ini. Ganti latihan dalam membuang nafas sepenuhnya setelah latihan menarik nafas tersebut, hingga hitungan keenam, tahan. 

Dengan begitu fikiran anda akan rileks serta sistem pencernaan anda akan meningkat dengan melakukan latihan pernafasan ini.

Sering Berjalan Kaki

Anda disarankan untuk sering berjalan-jalan apabila makan banyak. Sistem pencernaan akan dapat meningkat dengan anda berjalan-jalan. 

Anda dapat berjalan dengan pelan-pelan apabila sebelumnya telah mengisi perut dengan makanan yang berat. 

Kegiatan ini tidak hanya untuk mencegah timbunan lemak dalam tubuh namun dapat pula sebagai cara menghindari gangguan pencernaan.

Sumber & Referensi
  • https://www.healthline.com/health/digestive-health-maintenance
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Pencernaan ?"