Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Temulawak Untuk Wajah dan Kesehatan

9 Manfaat Temulawak Untuk Wajah dan Kesehatan

Selain untuk jamu penambah nafsu makan, temulawak juga bermanfaat untuk perawatan wajah. Apa saja itu? Simak selengkapnya hanya disini…

Temulawak bernama latin curcuma xanthorrizha roxb. Tanaman ini dikenal sebagai bahan obat atau jamu penambah nafsu makan sekaligus sebagai antioksidan alami. 

Dalam dosis dan takarang yang tepat, temulawak berkhasiat untuk menjaga kesehatan maupun perawatan kecantikan. Kali ini kita akan bahas berbagai manfaat temulawak untuk wajah dan kesehatan.

Untuk kandungan alaminya, temulawak memiliki minyak atsiri, kurkumin, xantorrizol, dan germakon. Minyak atsiri terkenal sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah wajah seperti flek hitam, dan jerawat. 

Sementara kurkumin dan senyawa lainnya berguna sebagai penetral racun dalam tubuh, antioksidan dan anti bakteri.

9 Manfaat Temulawak Untuk Wajah Dan Kesehatan

Berikut ini ada 9 manfaat penting dari temulawak. Ada yang untuk perawatan wajah dan sebagian berkaitan dengan penyembuhan penyakit berat.

1. Mencerahkan kulit

Sama halnya dengan kunyit, temulawak punya manfaat untuk mencerahkan wajah. Pemakaian temulawak untuk wajah biasanya dalam bentuk masker temulawak. 

Dengan menerapkan masker temulawak secara rutin maka Anda akan mendapatkan wajah yang cerah dan bebas jerawat.

2. Mengatasi Jerawat

Seperti disinggung di atas, temulawak bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang muncul akibat berbagai faktor bisa diatasi dengan temulawak. 

Ada dua metode pemanfaatan temulawak untuk mengatasi jerawat. Yaitu dengan dibuat masker temulawak dan dengan cara direbus lalu diminum. 

Khasiat temulawak sendiri adalah sebagai antiiflamasi sehingga mengecilkan jerawat dan mencegah terjadinya peradangan.

3. Menghaluskan Kulit

Dengan rutin menggunakan temulawak sebagai masker, dan minum air rebusan temulawak Anda tak hanya akan bebas dari jerawat. Namun kulit Anda juga akan menjadi lebih halus.

4. Mengencangkan Kulit

Minyak atsiri sebagai salah satu kandungan alami temulawak tak hanya berguna untuk mencegahg penuaan dini. Namun juga mengencangkan kulit wajah dan awet muda. 

Perkuatlah khasiat temulawak ini dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

5. Menyamarkan Flek Hitam Dan Bekas Luka

Keluhan akibat masalah flek hitam, maupun bekas jerawat di wajah juga bisa diatasi dengan temulawak. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan temulawak untuk mengatasi flek hitam bisa dengan cara memakai masker temulawak maupun dengan mengonsumsi minuman temulawak secara rutin sebagai perawatan dari dalam.

6. Mencegah Kanker Kulit

Pemicu timbulnya kanker kulit salah satunya adalah dari paparan buruk sinar UV, pemakaian produk kecantikan berbahaya, maupun penggunaan produk kecantikan yang kadaluarsa. 

Temulawak bisa dimanfaatkan sebagai pencegahan kanker kulit sedini mungkin. Pemanfaatannya bisa dengan cara dibuat masker maupun dalam bentuk minuman.

7. Mengobati Hepatitis

Hepatitis atau biasa dikenal dengan gejalanya, yaitu sakit kuning bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat temulawak ini. 

Caranya, cuci lalu kupaslah temulawal sebesar 2 jari. Setelah itu iris-iris temulawak lalu rebus dengan setengah liter air. Tambahkan gula aren jika ada. 

Rebuslah terus hingga tersisa separuhnya air tadi. Minuman ini dikonsumsi 2 kali dalam sehari sampai sembuh.

8. Mengatasi Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang bisa diobati dengan temulawak. Caranya sederhana saja. 

Siapkan setengah rimpang temulawak lalu cuci bersih kemudian iris-iris. Setelah itu rebuslah irisan temulawak dengan 5 gelas air. 

Tambahkan gula aren atau gula kelapa agar lebih sedap. Rebuslah terus hingga tersisa air seperuhnya. Jamu ini dikonsumsi 3 kali sehari sampai sembuh.

9. Atasi Sakit Ginjal

Temulawak pun berkhasiat untuk mengobati sakit ginjal. Adapun langkahya yaitu, bersihkan temulawak secukupnya. 

Setelah itu kupas dan rebus dengan 4 gelas air. Tambahkan segenggam daun kumis kucing dan meniran. Tunggulah hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin, minum jamu ini 3 kali sehari.

Meniran sendiri merukana sejenis rumput yang seperti rumput putri malu. Namun bedanya, meniran ini jika berbunga tidak berwarna ungu, beda dengan putri malu. 

Selain itu bungan milik meniran terletak di bagian bawah tangkai daunnya.

Penutup

Itulah 9 manfaat temulawak untuk wajah maupun untuk kesehatan. Sebagai tambahan, dengan mengonsumsi rebusan temulawak pada resep diatas, Anda juga bisa mengobati bisul secara alami dan ampuh. 

Demikian, semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Temulawak Untuk Wajah dan Kesehatan"