Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

9 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

Akhir-akhir ini semut jepang menjadi tren pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Apa saja manfaatnya? Apa kata dokter?

Ada gula ada semut. Begitu pepatah yang kita kenal. Namun ternyata ada semut yang nggak suka gula. Iya, semut satu ini tidak makan gula tapi justru memakan ragi tempe. 

Semut jepang orang menyebutnya. Pada dasarnya serangga ini bukan tergolong semut atau tidak berwujud semut. 

Entah mengapa orang menyebutnya semut. Tubuhnya lebih mirip kumbang kecil dan tidak bisa terbang. 

Karena sudah terkenal dan marak digunakan, kali ini kita akan bahas manfaat semut jepang bagi kesehatan.

Semut jepang sendiri merupakan spesies semut asli negeri jepang. Ada lebih dari 150 spesies bahkan ada yang mengabarkan hingga 200 spesies. 

Semut jenis ini di Jepang sendiri disebut ‘Ari’. Semut ini berkembang biay dengan sangat cepat. 

Karena itu banyak orang yang membudidayakan semut ini berhasil dengan cepat. Selain mudah, makanan yang dibutuhkan cuma ragi tape atau ragi tempe. 

Media untuk memelihara semut ini juga hanya toples dengan kapas saja.

Beberapa spesies semut jepang yang populer di seluruh dunia antara lain adalah Pachycondyla pilosior, Ponera swezeyi, Solenopsis japonica, Camponotus nipponicus, Polyergus samurai.

9 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

Manfaat semut Jepang bagi kesehatan diklaim banyak sekali. Berbagai penyakit berat konon bisa disembuhkan dengan mengonsumsi hewan kecil ini. 

Bahkan banyak penjual kapsul semut Jepang. Sebagian masyarakat yang ingin rutin mengonsumsinya biasa memelihara semut Jepang dalam toples-toples. 

Nah, dari sekian banyak manfaat semut Jepang tersebut, berikut ini 9 diantaranya…

1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh manusia justru membahayakan. Kolesterol ini memicu munculnya penyakit stroke, hipertensi, obesitas/kegemukan dan lain sebagainya. 

Menurut beberapa informasi, kandungan senyawa aktif dalam semut Jepang berguna untuk membakar kolesterol jahat dan menghilangkannya dari dalam tubuh.

2. Meringankan Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mendunia. Hampir setiap menitnya di penjuru dunia ada orang meninggal karena serangan penyakti jantung. Sebagian testimoni masyarakat ada yang menyarankan untuk konsumsi semut Jepang dalam usaha diet untuk kesehatan jantung.

3. Untuk Hipertensi

Manfaat semut jepang yang selanjutnya, masih menurut banyak orang, adalah untuk mengatur tekanan darah. 

Bagi Anda yang menderita hipertensi akan bisa dinormalkan dengan rutin konsumsi semut Jepang. 

Konon semut Jepang diperkaya dengan adanya kandungan mineral essens yang berguna dalam memacu sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi hinggamelancarkan pembuluh darah.

4. Menambah Stamina

Untuk pria maupun wanita, manfaat semut Jepang yang lain adalah menambah stamina. Terutama bagi para pekerja berat, konsumsi semut Jepang secara rutin akan membantu meningkatkan tenaga.

5. Meringankan Sakit Liver

Bagi penderita penyakit liver, semut Jepang akan memabntu meminimalisir kambuhnya sakit. Namun tidak bisa menyambuhkan total.

6. Obat Asam Urat

Penyakit asam urat buasa menyerang para lansia, namun kadang juga orang dewasa bahkan anak-anak ada yang menderita asam urat. 

Untuk menurunkan tingginya kadar Purin dalam tubuh maka konsumsi semut Jepang akan sangat membantunya. 

Tingginya kadar purin inilah penyebab utama munculnya radang sendi yang dialami penderita asam urat.

7. Mengobati Diabetes dan Mengatur Kadar Gula

Tingginya kadar gula dalam darah merupakan salah satu pemicu timbulnya panyakit diabetes Melitus. Salah satu manfaat semut Jepang yang terkenal di masyarakat adalah semut Jepang bermanfaat untuk mengatur dan menurunkan kadar gula dalam darah. 

Sehingga orang yang mengidap diabetes melitus akan sangat terbantu.

8. Obat Stroke

Stroke terjadi akibat pecahnya pembuluh darah dan hioertensi adalah salah satu pemicu paling tinggi terjadinya stroke. Konsumsi semut Jepang diyakini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati stroke.

9. Obat Kanker

Ini adalah manfaat semut Jepang yang paling mencengangkan. Soalnya hingga sekarang obat kanker belum bisa diketahui pasti apa obat yang paling ampuh menyambuhkannya. 

Nah, mengonsumsi semut Jepang secara teratur diyakini berguna untuk mencegah dan mengobati kanker.

Khasiat Semut Jepang Menurut Kedokteran

Dari sekian banyak manfaat semut Jepang untuk kesehatan, nampaknya perlu juga memperhatikan pendapat dari dunia kedoteran terkait hal ini. 

Dr. Yan William dari situs Alo Dokter ketika ditanya soal berbagai khasiat semut Jepang yang beredar di masyarakat menjelaskan tentang ini.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada penelitian secara ilmiah yang bisa membuktikan berbagai manfaat dan efek samping dari mengonsumsi semut Jepang. 

Bahkan ada laporan adanya risiko infeksi saluran pencernaan akibat mengonsumsi semut Jepang. Hal ini karena kemungkinan adanya bakteri berbahaya yang melekat pada tubuh semut Jepang. Apalagi sebagian tips menyarankan untuk mengonsumsi semut Jepang hidup-hidup.

Akhir Kata

Itulah ulasan terkait 9 manfaat semut Jepang bagi Kesehatan dan dilengkapai dengan komentar dari kedokteran. Kesimpulannya, klaim manfaat samut Jepang belumlah teruji secara klinis. Karena itu sebaiknya gunakan pengobatan cara lain saja. Demikian, semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan"