Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Yang Harus Anda Ketahui

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Yang Harus Anda Ketahui

Kemiri merupakan salah satu bumbu penyedap masakan. Namun ternyata banyak manfaatnya untuk rambut. Ini 9 diantaranya …

Kemiri yang merupakan salah satu bumbu masak sudah sejak dahulu dipakai dalam kosmetik tradisional. 

Banyak sekali manfaat minyak kemiri untuk rambut yang telah dibuktikan oleh banyak orang. 

Bahkan kini kemiri juga sering menjadi salah satu bahan ekstra untuk kosmetik modern. Mulai dari shampoo hingga minyak rambut.

Dari sekian banyak manfaat minyak kemiri untuk rambut ada 9 yang sangat penting dan harus Anda tahu. 

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Setelah itu silakan Anda coba menerapkannya untuk perawatan rambut secara alami. Berikut ini manfaat minyak kemiri untuk rambut.

Menumbuhkan Kembali Rambut Yang Botak

Minyak kemiri menjadi salah satu obat penumbuh rambut secara alami. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam minyak kemiri dapat mengatasi kebotakan. 

Cukup oleskan minyak kemiri pada bagian rambut yang botak lalu berikan pijatan lembut. Tunggulah selam 15 menit baru kemudian dibilas sampai bersih. 

Dengan perawatan rutin maka rambut Anda akan tumbuh kembali.

Menghitamkan Rambut

Minyak kemiri juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Dengan minyak kemiri maka rambut Adna akan menjadi hitam dan berkilau. 

Demikian juga dengan rambut yang kusam. Caranya hanya degnan rutin mengoleskan minyak kemiri lalu didiamkan selama 30 menit. Setelah itu lalu dibilas.

Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut merupakan awal dari kebotakan. Namun hal itu bisa dicegah dengan manggunakan minyak kemiri. 

Kandungan protein dan mineral yang cukup tinggi sangat berkhasiat mengembalikan rambut Anda agar sehat. 

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kemiri ke kulti kepala lalu berikan pijatan lembut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas. 

Dengan perawatan rutin setiap hari maka minyak kemiri akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan kerontokan pun bisa dihentikan.

Menebalkan Rambut

Selain mengatasi kerontokan, mengobati kebotakan, menumbuhkan rambut, minyak kemiri bermanfaat untuk menebalkan rambut Anda. 

Jadi tetap rutinkan menggunakan minyak kemiri di rambut Anda agar semakin indah.

Menghitamkan Rambut Uban

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah untuk menghitamkan kembali uban. Ya, Anda yang sudah beruban bisa memanfaatkan minyak kemiri untuk mengambalikan warna rambut Anda. 

Selain dengan minyak kemiri biasa, cara praktis untuk mendapatkan minyak kemirri adalah dengan membakar biji buah kemiri. Setelah itu hancurkan hingga keluar minyaknya.

Meluruskan Rambut

Minyak kemiri juga bermanfaat agar rambut Anda lurus secara alami tanpa rebonding. Setiap hari selesai keramas usapi rambut dengan minyak kemiri dari ujung hingga pangkalnya.

Membuat Rambut Cepat Panjang

Dengan rutin memakai minyak kemiri, maka rambut anda juga akan semakina cepat panjang. Berikan pijatan ringan setiap Anda menggunakan minyak kemiri pada rambut Anda.

Menebalkan Alis Dan Bulu Mata

Bagi Anda yang ingin memiliki alis dan bulu mata lebih lebat dan hitam, maka minyak kemiri juga bermanfaat untuk itu. 

Oleskanlah minyak kemiri pada sepanjang alis dan diamkan selama 60 menit. 

Sementara untuk menebalkan bulu mata, oleskanlah minyak kemiri ke bulu mata menggunakan kuas atau sikat kecil. Pejamkan mata agar minyak tidak masuk ke mata.

Dengan perawatan yang rutin dan tekun, maka Anda akan memiliki rambut alis dan bulu mata yang lebih tebal dan hitam.

Untuk Brewok, Jenggot dan Jambang

Selain merangsang pertumbuhan rambut kepala, minyak kemiri juga bermanfaat untuk menumbuhkan brewok, kumis, jenggot dan jambang. 

Dengan mengoleskan minyak kemiri ke bagian dagu dan janggut lalu diamkan 15 menit lalu bilas, maka rambut jenggot Anda akan tumbuh. 

Hasilnya akan terlihat setelah rutin dilakukan selama beberapa minggu.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara membuat minyak kemiri cukup mudah. Siapkanlah sejumlah buah kemiri, cuci bersih. Selanjutnya haluskan buah kemiri. Bisa dengan ditumbuk ataupun menggunakan blender. Tambahkan sedikit air agar lebih mudah hancur.

Setelah halus, tampunglah kemiri halus dalam kain bersih yang telah diletakkan di atas wadah penampung. 

Peraslah agar kemiri halus tadi kelaur air dan minyaknya. Air perasan yang mirip santan kelapa ini lalu direbus sampai berwarna kecoklatan dan membantuk minyak dan keraknya.

Turunkan minyak dinginkan terlebih dahulu lalu saring dan peraslah keraknya untuk mengambil semua minyak kemiri. 

Tampung dalam wadah khusus agar mudah dipakai sewaktu-waktu.

Akhir Kata

Begitulah 9 manfaat minyak kemiri untuk rambut dan cara membuat minyak kemiri. Tentunya masih mudah untuk Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Yang Harus Anda Ketahui"