Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Mentimun Untuk Wajah & dan Cara Pemakaiannya

9 Manfaat Mentimun Untuk Perawatan Wajah

Hampir semua orang tahu mentimun. Tapi manfaatnya untuk perawatan wajah apa saja ya? Simak ulasannya kali ini

Siapa tak kenal buah mentimun? Sepertinya hampir semua orang tahu buah segar ini. Ada yang biasa mengonsumsinya sebagai lalapan maupun sebagai buah segar. Ada juga yang menjadikannya sebagai bahan acar. 

Kandungan air yang tinggi dalam buah ini memang membuatnya segar dimakan. Namun tahukah Anda bahwa banyak sekali manfaat mentimun untuk perawatan wajah? Kali ini kami akan bahas lebih tuntas.

Nama latin mentimun adalah Cucumis Sativus. Ciri khasnya adalah kandungan air yang tinggi dalam daging buahnya. 

Perlu diketahui bahwa ternyata satu buah mentimun saja sudah mencukupi kebutuhan harian terhadap vitamin.

Kandungan Utama Mentimun

Vitamin dan meineral yang terkandung dalam mentimun yaitu Tiamin (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Niacin (vitamin B3), Vitamin B6, Asam Folat, Kalsium, Besi, Potasium, Zinc, Magnesium dan Fosfor. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan silika yang sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan.

Kaitan berbagai kandungan vitamin dan mineral tersebut dengan perawatan kulit wajah adalah sebagai berikut:

Air

Tentu saja kandungan air dalam mentimun sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dari dehidrasi atau kekeringan. Manfaatnya untuk melembutkan, membuat kenyal dan -mencegah gatal-gatal dan pecah pada kulit.

Vitamin A

Vitamin A ini pentign sekali untuk pertumbuhan sel normal dan juga berfungsi sebagai anti radang dan anti oksidan. Vitamin A juga melindungi kulit dari infeksi maupun peradangan.

Vitamin B1

Manfaatnya adalah untuk meningkatkan peredaran darah dan cairan tubuh agar lebih berkualitas. Selain itu juga berguna mencegah radang, kulit bersisik hingga eksim.

Vitamin C

Merupakan bahan yang penting dalam pembentukan kolagen pembentuk struktur kulit. Vitamin C juga menetralkan radikal bebas pemicu penuaan dini.

Biotin

Keberadaan biotin dalam mentimun berguna untuk mencegah iritasi kulit, eksim dan infeksi jamur.

Potasium

Fungsinya bagi kulit adalah agar tidak kekeringan, kusam dan terkelupas. Potasium sangat penting agar fungsi kulit kembali bekerja dengan baik.

9 Manfaat Mentimun Untuk Wajah

Setalah membahas berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam mentimun, tentunya Anda penasaran, apa saja manfaat mentimun untuk perawatan wajah? 

Nah, berikut ini 9 Manfaat mentimun untuk wajah dan cara pemakaiannya…

1. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

Berawal dari terlalu sibuk kerja yang menumpuk, akhirnya jadi stress dan kurang istirahat. Karena kurang istirahat akhirnya akan timbul lingkaran hitam di sekitar mata. 

Itulah yang disebut juga dengan mata panda.

Manfaat mentimun untuk perawatan wajah salah satunya adalah untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. 

Caranya, sediakan mentimun berukuran sedang. Bersihkan lalu potong menjadi beberapa bagian. 

Selanjutnya tempelkan irisan mentimun yang berbentuk lingkaran itu ke bagian mata Anda. Diamkan beberapa menit agar meresap. 

Terakhir bilaslah dengan air bersih.

2. Mengurangi Bengkak Pada Kantung Mata

Kondisi bengkak pad akantung mata bisa jadi penyebabnya sama dengan lingkaran hitam di sekitar mata. 

Dalam hal ini mentimun yang mengandung asam karbonat berguna untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di kantung mata. 

Caranya pun tak berbeda. Cukup tempelkan irisan buah mentimun ke bagian mata yang bengkak, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Mengurangi Bintik Hitam

Setelah jerawat hilang kadang masih meninggalkan bekas berupa bintik hitam pada wajah. Bintik tersebut bisa dihilangkan dengan memanfaatkan mentimun juga.

Caranya yaitu, bersihkan sebuah mentimun ukuran sedang. Parut sampai halus. Selanjutnya oleskan timun halus ke bagian wajah seperti halnya memakai masker. 

Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih. Dengan perawatan 2 sampai 3 kali seminggu, maka Anda akan memperoleh hasil maksimal.

4. Meremajakan kulit

Manfaat mentimun untuk perawatan wajah yang selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit. Cara pemakaiannya sama dengan cara membuat dan memakai masker mentimun. 

Bersihkan mentimun, parut hingga halus, lalu tambahkan perasan jeruk nipis madu, susu ataupun putih telur. 

Bisa Anda pilih saja salah satunya. Aduk merata lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan beberapa menit agar mengering lalu bilas.

5. Menghilangkan Jerawat

Mentimun sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah secara cepat, aman dan alami. Selain itu tentunya cocok untuk sekaligus melembabkan kulit dan menyegarkannya. 

Gunakan dua buah mentimun segar, bersihkan, lalu parut hingga halus. 

Oleskan timun halus tersebut ke bagian wajah yang berjerawat lalu diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat. 

Dengan perawatan setiap harinya, maka Anda akan mendapat hasil yang maksimal.

6. Merawat Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari bisa berakibat terasa terbakar. Untuk mengobatinya, manfaatkanlah buah mentimun ini. 

Bersihkan sebuah mentimun, parut hingga halus, lalu oleskan ke kulit yang terbakar. Diamkan beberapa menit agar mengering baru kemudian dibilas dengan air bersih.

7. Mengencangkan Pori-Pori Wajah

Manfaat mentimun untuk perawatan wajah yang selanjutnya yaitu untuk mengencangkan pori-pori wajah. Dengan pori-pori yang kencang, maka kulit juga akan terlihat lebih halus. 

Sama seperti cara merawat kulit yang terbakar sinar matahari dengan mentimun, lakukan hal yang sama untuk mengencangkan pori-pori.

8. Merawat Kulit Wajah Sensitif

Mentimun juga bermanfaat untuk merawat wajah denga nkulit sensitif. Kulit jenis ini mudah sekali memerah, terkelupas bahkan mengalami radang. 

Untuk perawatannya, Anda memerlukan tambahan oatmeal dan apel sebagai bahan campuran buah mentimun.

Haluskan buah mentimun dan apel, tambahkan satu sendok oatmeal lalu aduk hingga merata. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah lalu diamkan sekitar 25 menit agar meresap dan mengering. Terakhir, bilas hingga bersih.

9. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat mentimun untuk wajah yang selanjutnya adalah untuk mengatasi kulit yang kering di wajah. Buatlah masker mentimun seperti berikut ini. 

Siapkan setengah cangkir mentimun halus, setengah cangkir daging buah alpukat, serta putih telur dan susu bubuk sebanyak dua sendok teh.

Campurkan semua bahan tersebut lalu aduk merata hingga menjadi pasta. Setelah itu gunakanlah untuk mengoles wajah Anda sambul diberi pijatan melingkar. 

Diamkan masker melekat sekitar 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat kemudian di akhiri dengan air dingin.

Penutup

Itulah 9 manfaat mentimun untuk perawatan wajah Anda. Silakan diterapkan sesuai kebutuhan dan keluhan yang Anda alami. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Mentimun Untuk Wajah & dan Cara Pemakaiannya"