Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

9 Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Buahnya manis, mengenyangkan namun tidak membuat gemuk. Itulah buah naga. Simak ulasan 9 manfaatnya jus buah naga berikut …

Buah naga memang jenis buah yang semakin banyak dikenal masyarakat. Selain manis dan mengenyangkan, ternyata buah ini tidak mengakibatkan gemuk. 

Hal tersebut karena tidak adanya karbohidrat kompleks dalam buah naga, sehingga ia lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

Daging buah naga empuk dengan biji-biji yang kecil seperti bintik-bintik hitam. Uniknya biji tersebut aman dikonsumsi sekaligus dengan daging buahnya. 

Banyak juga yang menjadikan buah naga sebagai minuman segar berupa jus buah. Nah, apa saja manfaat jus buah naga untuk kesehatan? Kita akan bahas tuntas kali ini.

Kandungan & Khasiat Buah Naga

Buah naga ini merupakan tumbuhan yang umumnya berada di Asia Selatan, Asia Tengah dan Tenggara. Termasuk vietnam, Filiphina dan Indonesia, kulitnya yang khas berwarna merah muda dan tebal. 

Berdasarkan warna daging buahnya, ada tiga jenis buah naga. Yaitu kuning, putih, dan merah. Umumnya satu buah naga bisa mencapai bobot 150-600 gram.

Kandungan manfaat dalam buah naga cukup beragam. Dalam 7 ons buah naga terdapat nutrisi makro berupa 2 g protein dan 0,4 g lemak. Ada juga 14 gr karbohidrat tak kompleks, terdiri dari glukosa dan fruktosa. 

Terdapat pula 1 gr serat sebagai probiotik untuk mencegah perkembangan bakteri berbahaya.

Selain itu buah naga dalam jumlah tersebut juga memiliki nutrisi mikro berupa 8% kebutuhan harian terhadapat zat besi. 

Zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah yang mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh. Terdapat juga 15% kebutuhan vitamin C harian. 

Takaran tersebut juga mengandung 10% kebutuhan potasium harian yang berguna untuk mendukung fungsi jantung, otot, saraf dan saluran pencernaan.

Buah naga juga mengandung 9 gram kalsium. Tanpa kolesterol, lemak trans, maupun lemak jenuh. Sedangkan biji buah naga juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 yan g berkhasiat meminimalkan gangguan kardiovaskular dan trigliserida. 

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin B 1 dan B 2 serta B3. Ketiga vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan metabolsime karbohidrat, menjaga kesehatan kulit, menjaga sistem pncernaan dan sel darah, juga untuk kesehatan kulit dan untuk mengurangi kolesterol jahat.

Warna merah yang terdapat pada buah naga merupakan kandungan Likopen, suatu antioksidan yang diperkirakan dapat mencegah kanker prostat. 

Ada juga kandungan fitoalbumin yang berfungsi menghilangkan racun logam berat dalam tubuh.

Menurut penelitian, buah naga jika dikonsumsi akan memberi manfaat meredakan gejala kekakuan arteri pada penderita diabetes yang menjadi sebab ganggaun jantung. 

Ekstrak buah naga juga mampu meningkatkan kadar antioksidan darah. 

Hanya saja ketika Anda mengonsumsi buah naga, maka kemungkinan besar bisa mengakibatkan air seni dan tinja berwarna kemerahan, tapi tenang saja karena itu tidak berbahaya.

Manfaat Jus Buah Naga Untuk Tubuh

Berikut 9 Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan dan juga Kecantikan Tubuh Anda:

Menurunkan Kadar Kolesterol

Jus buah naga mengandung vitamin B3 yang tinggi. Manfaatnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada dalam darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat larut dalam jus buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. 

Sehingga mengonsumsi jus buah naga akan membantu program diet Anda. Kandungan lemak dalam usus akan larut terbawa keluar oleh serat.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Dalam jus buah naga terdapat kandungan betakaroten yang cukup tinggi. Tak kalah jumlahnay dari betakaroten yang terdapat dalam buah wortel. 

Karena itu jus buah naga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Dengan rutin minum jus buah naga, maka akan mempertajam daya ingat dan pandangan mata.

Mencegah Munculnya Kanker

Kandungan senyawa antioksidan dari vitamin C dalam jus buah naga cukup tinggi. Senyawa ini sangat ampuh untuk melawan serangan radikal bebas dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Jus Buah Naga Untuk Perawatan Kecantikan Luar dan Dalam

Dengan kandungan nutrisi dalam jus buah naga, maka konsumsi rutin jus ini akan memberi Anda hasil yang mengagumkan. 

Jus buah naga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, mencegah jerawat, kulit kering, kusam dan sebagainya. Sementara untuk perawatan dari luarnya, Anda bisa gunakan masker buah naga.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti disinggung di depan, kandungan vitamin C dalam jus buah naga cukup tinggi. 

Saat pergantian musim, Anda perlu mengonsumsi jus buah naga secara rutin untuk menjaga tubuh dari serangan panyakit akibat adanya peralihan musim.

Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam jus buah naga terdapat kandungan kalsium dan fosfor. Dengan begitu, manfaat jus buah naga selanjutnay adalah untuk menjaga kesehatan tulang. 

Kandungan tersebut juga mampu mempercepat proses penyembuhan akibat patah tulang dan berbagai masalah tulang. Dengan terjaganya tulang, maka penyakit seperti osteoporosis akan tercegah sejak dini.

Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil aman bahkan sangat dianjurkan mengonsumsi jus buah naga. Ini karena dalam jus buah naga terdapat asam folat yang gunanya adalah untuk mempercepat pertumbuhan jaringan otak pada janin. Juga untuk mencegah janin terkena cacat tabung syaraf serta terhindar dari kelahiran premature.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil dari Serangan Penyakit

Dengan mengonsumsi jus buah naga secara teratur, maka para ibu hamil bisa lebih sehat dan lebih kebal terhadap serangan virus penyakit. 

Pertumbuhan tulang dan gigi bayi serta otaknya juga terbukti meningkat dengan konsumsi rutin terhadap jus buah naga ini.

Nah, tunggu apalagi? Jika Anda atau keluarga Anda suka minuman segar, maka sebaiknya meraih manfaat jus buah naga untuk kesehatan dengan rutin mengonsumsinya di saat tertentu. Demikian semoga bermanfaat.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh"