Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita Yang Harus Anda Ketahui

9 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita Yang Harus Anda Ketahui

Daun sirih sudah terkenal sebagai salah satu bahan herbal bermanfaat. Khusus untuk wanita, ini 9 manfaatnya…

Daun sirih sudah sejak dahulu menjadi salah satu bahan alami yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Contohnya ada kebiasaan menyirih atau nginang. 

Meskipun efek sampingannya adalah gigi yang berubah warna menjadi merah darah, namun gigi nenek kita yang menginang banyak yang utuh dan kuat. 

Khusus untuk wanita, kali ini kita akan ungkap 9 manfaat daun sirih bagi wanita.

Sirih sendiri merupakan tanaman asli Indonesia. Hidupnya selalu membutuhkan tempat merambat semisal pohon. Ada jenis sirih merah dan ada sirih hijau. Keduanya sama mengandung manfaat khusus bagi wanita.

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri dari betlephenol, eugenol, dan chavicol. Zat ini berfungsi untuk membunuh kuman-kuman, anti oksidan dan anti radang. 

9 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita 

Nah, berikut ini rincian manfaat daun sirih bagi perempuan:

1. Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Organ Intim

Organ intim yang kurang sedap akan menimbulkan masalah tersendiri. Selain mengganggu keharmonisan, wanita tentu akan tidak percaya diri kalau organnya bermasalah. 

Rebuslah 10 lembar daun sirih dengan 2 gelas air bersih. Diamkan mendidih hingga tertinggal kira-kira separuhnya. 

Selanjutnya minumlah ramuan tersebut dengan rutin tiap harinya agar organ intim menjadi harum.

2. Mengobati Keputihan

Manfaat daun sirih bagi wanita yang selanjutnya adalah untuk mengobati keputihan. Untuk membuatnya, sediakanlah 20 lembar daun sirih. Sediakan juga bangle, kunyit, kulit batang krangean masing-masing satu ruas jari. 

Khusus kunyit dan bangle harus diiris-iris lalu dijemur. Setelah kering rebus semua bahan menggunakan dua liter air bersih. 

Tunggulah hingga mendidih, angkat lalu dinginkan dulu. 

Setelah dingin saringlah air rebuisan tersebut. Saat mandi pagi dan sore, oleskan ramuan ini ke sekitar organ intim Anda.

3. Mencegah kehamilan

Daun sirih juga bermanfaat sebagau kontrasepsi alami. Dengan meminum ramuan daun sirih ini saat siang hari, maka akan berfungsi membuat indung telur kurang bekerja dengan baik sehingga pembuahan akan terganggu.

Sediakan sebuah nanas yang masih muda, 20 gr daun sirih, 1 buah jeruk nipis, 5 gr kayu rapet, 5 gr jenitri dan 20 gr tape ketan hitam. 

Tumbuklah daun sirih, kenitri, dan kayu rapet. Kupas nanas lalu parut. Kemudian hasil parutannya diperas, airnya dicampurkan dengan bahan yang sudah ditumbuk tadi. 

Jeruk nipis dibelah lalu airnya diperas dan campurkan pula dengan bahan yang sudah tercampur. Ramuan ini dimakan bersama tape ketan hitam saat siang hari.

4. Mengatasi Haid Terlalu Banyak Darah

Jika Anda tergolong sebagian wanita yang hadinya terlalu banyak dan sakit-sakit saat datang bulan, cobalah ramuan daun sirih ini untuk meringankan derita Anda. 

Sediakan sepotong gambir, 3 lembar daun sirih dan 10 gr kunyit. Semua bahan ini ditumbuk halus lalu airnya diperas hingga mendapat setengah gelas minuman. 

Ramuan ini diminum agar rasa sakit karena terlalu banyak darah.

5. Mengobati Gatal Pada Organ Intim Wanita

Untuk mengatasi gangguan gatal organ wanita, buatlah ramuan tradisional ini. Sediakan 7 lembar daun sirih, asam kawak dan 2 gelas air bersih. 

Cuci lalu resbuslah daun sirih kemudian sedikit asam kawak. Biarkan mendidih kemudian baru diangkat lalu didinginkan.

Ramuan tersebut dijadikan 2 bagian, ½ bagian diminum sedang setengah yang lainnya untuk mencuci organ kewanitaan.

6. Meredakan Batuk

Manfaat daun sirih yang satu ini tidak hanya tertuju untuk wanita saja namun juga untuk pria, gunakanlah daun sirih merah beberaopa lembar saja. 

Rebuslah lalu minum airnya 2 kali sehari sampai batuk reda. Khusus bagi batuk yang lebih berat semisal bronkitis maka dosis bisa ditambah dengan meminum ramuan tadi 3 kali sehari.

7. Menyembuhkan Luka Bakar

Luka bakar kecil sering didapatu para wanita saat memasak. Misal terpercik minyak panas, terkena air panas dan sebagainya. 

Tumbuklah daun sirih merah, campur dengan madu lalu oleskan pada bagian kulit yang terbakar.

8. Menghentikan Mimisan

Manfaat daun sirih yang lainnya adalah untuk menghentikan mimisan. Cara ini dikenal efektif. 

Cukup dengan menggosok-gosok daun sirih hingga layu lalu digulung dan disematkan ke hidung yang mimisan, maka tak lama kemudian mimisan akan berhenti.

9. Menyembuhkan Sakit Mata

Menurut sebagian sumber air rebusan daun sirih juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit mata. Air rebusan daun sirih digunakan untuk mengompres mata yang sakit atau digunakan sebagai obat tetes mata.

Namun hal itu ternyata dilarang oleh dokter. Mengutip dari Klik Dokter, bahwasanya rebusan daun sirih mengandung tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga akan membuat mata jadi perih dan terjadi iritasi jika diteteskan ke mata. 

Karena itu sebaiknya tidak usah menggunakan daun sirih untuk mengobati sakit mata.

Itulah ulasan tentang 9 manfaat daun sirih bagi wanita. Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita Yang Harus Anda Ketahui"