Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Dunia tak selebar daun kelor. Begitu pepatah mengatakan. Namun manfaat daun kelor tak sesempit ukuran daunnya. Ini dia ulasannya…

Ukuran daun kelor memang kecil saja. Sehingga muncullah peribahasa dunia tak selebar daun kelor. Namun tahukah Anda? Meski ukurannya kecil, namun daun kelor memiliki beragam manfaat dan khasiat. Sampai-sampai para ilmuwan menyebutnya sebagai pohon ajaib/miracle tree. 

Daun yang berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil ini biasa dimasak sebagai sayur. Di sebagian daerah sengaja di tanam di tiap rumah sebagai tanaman tolak sihir/santet. Penggunaan berbau mistis lagi misalnya untuk meluruhkan susuk yang tertanam di tubuh.

Kandungan Gizi Dalam Daun Kelor

Sejak 1980 penelitian terhadap daun kelor telah dimulai. Dari daun, kulit batang, buah dan bijinya menjadi sasaran penelitian itu. 

Sementara itu organisasi WHO sendiri juga menganjurkan bagi anak-anak dan balita untuk mengonsumsi daun kelor. 

Hal ini karena daun kelor mengandung: Potasium tiga kali lebih banyak dari pada pisang, Kalsium empat kali lipat daripada susu, Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk, Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel. Daun kelor juga memiliki kandungan protein dua kali lipat.

Daun kelor juga mengandung mineral seperti seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. 

Artikel dan laporan yang membahas tentang manfaat daun kelor serta kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit bahkan lebih dari 1300 studi. Hasilnya hampir setiap bagian dari tanaman kelor itu memiliki khasiat penting.

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan. Banyak sekali. Namun kali ini kami cukup cantumkan saja 9 diantaranya agar tidak melelahkan Anda yang membaca.

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah untuk menjaga berata badan agar tidak berlebih. Daun kelor yang dibuat sebagai minuman seperti teh, menurut para ahli akan membantu lancarnya pencernaan. Sehingga bermanfaat untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.

Seperti dilansir Jabar.TribunNews.com, teh daun kelor mengandung poluphenol yang berfungsi sebagai antiioksidan.

2. Menghilangkan Flek Wajah

Ambillah beberapa lembar daun kelor yang muda lalu tumbuklah hingga halus. Daun yang sudah halus ini dioleskan ke wajah atau bisa juga dicampur dengan bedak. 

Bahkan di negara-negara lain ekstrak daun kelor digunakan sebagai bahan kosmetika untuk kulit. Semua bagian tanaman kelor mulai dari kulit batang, daun, bunga dan biji bisa dimanfaatkan.

3. Daun Kelor Untuk Kecantikan

Daun kelor bisa menjadi perawatan alternatif di tengah mahalnya biaya jasa perawatan kecantikan. Anda hanya perlu beberapa tangkai daun kelor. 

Ambil daunnya lalu haluskan dan peraslah airnya saja. Tambahkan air sedkit saja. Kemudian masker daun kelor ini dioleskan ke wajah. 

Diamkan beberapa saat lalu bilaslah. Masker daun kelor yang tersisa bisa tahan hingga maksimal 3 hari dalam lemari es.

4. Untuk Ibu Menyusui dan Anak

Menurut seorang dosen Fakultas Farmasi di UGM Yogyakarta, Dr Yosi Bayu Murti, seperti dilansir Health.liputan6.com bahkan Indonesia sudah ketinggalan pengelolaan dengan negara lain. Dengan mengonsumsi daun kelor, maka ASI akan lebih banyak dan lancar.

Menurutnya daun kelor itu mengandung protein, zat besi, dan vitamin C. Ada unsur Flavanoid yang bermanfaat membantu menghasilkan ASI lebih banyak. Kandungan protein dalam daun kelor pun membuat ASI lebih berkualitas.

Namun Dr. Yosi juga mengingatkan sebaiknya ibu hamil pada trisemester pertama justru menghindari konsumsi daun kelor.

5. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam daun kelor membuat daun mungil ini sangat baik dikonsumsi demi kesehatan mata. Bahkan bisa menyambuhkan penyakit mata. 

Menurut seorang pakar herbal Yayasan Tanaman Obat Karyasari bernama Tati Winarto, kandungan vitamin A dalam daun kelor akan melindungi kesehatan mata. Mulai dari masalah mata minus, plus, silinder hingga katarak. 

Untuk penderita diabetes, konsumsi daun kelor juga akan membantu menjernihkan pandangan matanya. Demikian dikutip dari Jitunews.com.

6. Sebagai Anti Oksidan Dan Senyawa Anti-Inflamasi

Asia Pacific Jounal of Cancer Prevention pernah menerbitkan laporan bahwa daun kelor mengandung asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, antioksidan seperti quercetin, dan senyawa antibakteri alami yang bisa berfungsi sebagai obat anti-inflamasi. 

Daun kelor juga mengandung senyama anti penuaan yang berguna untuk menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. 

Manfaat ini semakin kuat dengan adanya senyawa lainnya yaitu polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat. Yang mana senyawa tersebut memiliki manfaat yang berkaitan dengan minimalisasi penyakit kronis semacam perut, paru-paru, kanker usus besar, dan lainnya akibat faktor usia.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Konsumsi makanan sehat otentunya juga akan memabntu kerja ginjal menjadi lebih ringan. Adapun sebaliknya, maka kerja ginjal akan menjadi lebih berat. 

Sementara itu konsumsi daun kelor dengan segela kandungan vitamin dan mineralnya tentu saja akan menjaga kesehatan ginjal.

8. Memperlambat Efek Penuaan

Pada tahun 2014, Jurnal Ilmu Teknologi Pangan menerbitkan jurnal yang mengungkap penelitian manfaat kelor. 

Melihat kadar enzim antioksidan yang ada dalam daun kelor, maka peneliti ingin menguji apakah daun kelor biusa memperlambat proses penuaan.

Dengan melibatkan sembilan puluh wanita berusia antara 45-60 tahun yang sudah menopause, peneliti melakukan uji coba dengan membaginya menjadi tiga kelompok dan masing-masing diberi tingkat suplemen berbeda. 

Hasilnya, pemberian suplemen dengan daun kelor dan daun bayam memperlihatkan peningkatan signifikan adanya senyawa antioksidan yang merupakan komponen penting untuk memperlambat efek penuaan.

9. Mengobati Rematik

Manfaat daun kelor untuk kesehatan yang selanjutnya adalah ternyata bisa digunakan sebagai obat rematik. 

Dalam penggunaan daun kelor ini, rasa sakit di persendian akibat penumpukan asam urat menjadi berkurang. 

Karena itu, bagi Anda yang menderita rematik dan asam urat, cobalah konsumsi daun kelor untuk mengobatinya secara alami.

Itulah ulasan tentang 9 manfaat daun kelor untuk kesehatan. Ternyata meski kecil mungil daun kelor punya manfaat yang luar biasa ya? Selamat mencoba, semoga sehat selalu.

Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan"