Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Wajah

9 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Wajah

Daun jambu biji tak hanya berguna untuk kesehatan terkait obat diare, namun juga bermanfaat untuk perawatan wajah. Ini dia 9 manfaatnya …

Banyak orang yang hanya tahu bahwa jambu biji enak dan bermanfaat. Tentang daunnya masih jarang orang yang mengungkapkan kegunaannya. 

Padahal sebenarnya daun jambu biji juga punya banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk wajah. Manfaat daun jambu biji untuk wajah disebabkan oleh kandungan daun jambu biji yang memiliki beberapa vitamin. 

Ada kandungan anti oksidan, anti inflmatori, serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin C, potasium, tembaga, dan mangan.ada juga kandungan polifenol, karotenoid, flavonoid dan tanin yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai gangguan dalam tubuh.

Secara tradisional, daun jambu biji sering digunakan dalam obat herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan. Diabetes, menurunkan koleskterol, diare dan lainj sebagainya.

9 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kecantikan Wajah dan Kesehatan

Manfaat daun biji ternyata memang luar biasa. Dari masalah jerawat, komedo hingga infeksi akan teratasi dengannya. Berikut ini rinciannya…

1. Mengatasi jerawat

Kandungan anti bakterial dalam daun jambu biji merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat. 

Daun jambu biji yang memiliki kandungan anti bakterial, juga ada kandungan vitamin C akan sangat membantu untuk mengatasi jerawat. 

Anda cukup menumbuk beberapa lembar daun jambu biji lalu oleskan pada jerawat dan bekas luka.

2. Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan keluhan kulit yang paling sering dialami pemilik kulit berminyak. Ada dua macam komedo, yaitu komedo putih dan hitam. 

Biasanya banyak orang memilih pelayanan dari salon hanya untuk menghilangkan komedo. 

Nah, sekali-kali cobalah memakai daun jambu biji yang bermanfaat ini. Blenderlah sejumlah daun jambu biji dengan air sedikit saja. 

Selanjutnya hasilnya dipakai untuk mengoles wajah sebagai srub. Usap-usap agar komedo terangkat, lalu bilaslah dengan air dingin.

3. Meremajakan Kulit

Daun jambu biji memiliki kandungan anti oksidan yang beguna untuk menangkal efek radikal bebas. Sehingga masalah penuaan dini dapat tercegah dengan perbaikan tekstur kulit serta warnanya. 

Daun jambu biji juga bemanfaat untuk mengencangkan kulit. Kandungan mineral serta nutrisi yang terkandung dalam daun jambu biji bahkan dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih segar, sehat dan bebas kerutan.

Gunakanlah rebusan daun jambu biji yang telah tua untuk cuci muka. Ini merupakan cara agar kulit wajah lebih kencang. 

Setelah itu bilaslah dengan air dingin. Cara kedua untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk mengencangkan wajah yaitu dengan menghaluskan daun jambu biji yang tua menggunakan blender. 

Selanjutnya daun yang telah halus tersebut dipalkai sebagai masker wajah.

4. Mengatasi Noda Kemerahan Atau Hitam Pada Wajah

Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengatasi noda hitam, blemish/noda bekas jerawat, maupun kemerahan pada wajah. 

Caranya, tumbuklah daun jambu biji lalu masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan hingga air tersebut berubah warna menjadi merah kecoklatan dan mengental. Angkatlah lalu dinginkan. 

Jika sudah dingin gunakanlah kapas untuk mengoleskan cairang tersebut ke bagian wajah yang bernoda. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilaslah dengan air dingin. 

Dengan perawatan teratur sebanyak dua kali dalam seminggu, maka Anda akan mendapat hasil maksimal.

5. Mengatasi Gatal Pada Kulit

Kandungan antui alergi dalam daun jambu biji bermanfaat untuk mengatasi keluhan gatal-gatal pada kulit. Sehingga daun jambu biji juga dapat digunakan untuk keperluan ini. 

Sediakanlah air panas dan daun jambu biji yang telah kering. Masukkan daun jambu biji ke air panas. 

Diamkan beberapa saat kemudian tempelkan daun jambu biji ke bagian kulit atau wajah yang gatal. Gatal dan kemerahan yang sedang Anda atau keluarga alami akan segera hilang.

6. Mengatasi Kulit Yang Digigit Serangga

Gigitan serangga di kulit biasa menimbulkan bekas yang gatal ataupun membengkak. Anda dapat mengatasinya dengan daun jambu biji juga.tumbuk saja daun jambu biji hingga halus lalu oleskan ke bagian tubuh yang baru digigit serangga.

7. Mengatasi Lecet, Luka Tergores, Atau Terpotong Yang Tidak Parah

Daun jambu biji jugadapat menjadi bahan pertolongan pertama pada luka ringan. 

Tempelkan saja daun jambu biji yang telah didinginkan pada luka lecet, tergores atau terpotong. Dengan ditempeli daun jambu biji maka luka akan terhindar dari infeksi.

8. Mengobati Keputihan

Keputihan yang merupakan masalah yang sangat umum di kalanagan wanita juga bisa diobati dengan daun jambu biji. 

Caranya, rebuslah daun jambu biji bersama daun sirih dengan air hingga mendidih. Rebusan ini diminum 2x sehari hingga sembuh.

9. Mengatasi Kerontokan Rambut

Rambut adalah mahkota wanita. Setiap penampilan dan kecantikan wanita tak bisa lepas dari rambut. Ketika mengalami kerontokan wanita tentu saja menjadi pusing tujuh keliling. 

Nah, manfaat daun jambu biji untuk kecantikan dan wajah termasuk salah satunya adalah mengatasi kerontokan.

Caranya pun cukup mudah. Rebus saja beberapa lembar daun jambu biji hingga mendidih lalu angkat dan dinginkan. 

Setelah dingin gunakan untuk memijat kulit kepala. Terapi ini dilakukan secara rutin sampai ada perubahana yang positif.

Itulah 9 manfaat daun jambu biji untuk kecantikan wajah yang bisa dengan mudah anda terapkan. Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan Wajah"