Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

9 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Ibu-ibu hamil harus tahu soal ini. Supaya tidak kebingungan lagi cara untuk mengatasi mual-mual.

Buah ini sangat populer di masyarakat. Dimana-mana dapat menemukan orang yang berjualan semangka. Ada warna merah dan kuning, ada yang berbiji dan tanpa biji. 

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, semangka juga mempunyai banyak nutrisi. Karena itulah kita harus tahu setidaknya 9 manfaat buah semangka untuk ibu hamil.

Memang semasa kehamilan banyak orang yang melarang si ibu memakan sembarang makanan. Namun menurut situs Alo Dokter, buah semangka merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. 

Kandungan vitamin A, B6, C serta serat baik untuk menyehatkan si ibu serta melancarkan pencernaan

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Semangka

Berikut ini merupakan informasi menarik soal berapa banyak dan apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah semangka. Dalam 100 gram bagian semangka saja, terdapat:

Energi – 127 kJ (30 kcal)

Air – 91.45 g

Karbohidrat – 7.55 g

Protein – 0.61 g

Vitamin B6 – 0.045 mg (3%)

Folat (Vit. B9) – 3 mg (1%)

Gula – 6.2 g

Serat pangan – 0.4 g

Vitamin C – 8.1 mg (14%)

Lemak – 0.15 g

Kalium – 112 mg (2%)

Fosfor – 11 mg (2%)

Kalsium – 7 mg (1%)

Besi – 0.24 mg (2%)

Magnesium – 10 mg (3%)

Seng – 0.10 mg (1%)

Vitamin A – 28 mg (3%)

Niacin (Vit. B3) – 0.178 mg (1%)

Riboflavin (Vit. B2) – 0.021 mg (1%)

Thiamine (Vit. B1) – 0.033 mg (3%)

Asam Pantothenat (B5) – 0.221 mg (4%)

Karena begitu banyaknya kandungan gizi dalam buah semangka tentu membuat buah ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Sehingga layak direkomendasikan untuk ibu hamil.

9 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Setidaknya ada 9 macam manfaat buah semangka untuk ibu hamil. Simak selengkapnya berikut ini…

1. Semangka Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Gangguan kehamilan yang paling umum terjadi pada ibu-ibu hamil adalah pembengkakan yang terjadi pada tangan dan kaki. 

Hal itu terjadi akibat pembuluh darah yang tersumbat sehingga aliran darah tidak normal. Secara medis disebut dengan Edema. 

Kandungan air yang terdapat dalam semangka akan mengurangi penhyumbatan yang terjadi sehingga pembengkakan akan berkurang.

2. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairang yang terjadi pada ibu hamil bisa berakibat fatal. Antara lain akan berakibat terjadinya kontraksi prematur hingga menyebabkan kelahiran prematur. 

Semangka yang 90% isinya adalah cairan akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil.

3. Mencegah Pigmentasi

Untuk masalah kulit, biasanya yang terjadi pada ibu hamil adalah pegmentasi.daerah perut, leher ataupun lipatan lainnya akan menjadi hitam atau berbintik. 

Penyebabnya adalah perubahan anatomi fisiologis yang pada sistem organ tubuhnya. Manfaat semangka untuk

4. Mencegah Keram Otot

Di masa kehamilan, seorang ibu mengalami berbagai perubahan dalam tubuhnya. Baik hormon maupun berat badan. 

Perubahan berat badan kadang menimbulkan otot ataupun tulang jadi sakit atau kram. Dengan mengonsumsi buah semangka maka gejala-gejala tersebut akan berkurang.

5. Mengatasi Mual-Mual

Morning sickness adalah suatu istilah untuk kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Bahkan tidak hanya di pagi hari, ibu hamil muda bisa juga mengalami mual ini pada siang, malam maupun sepanjang hari.

Kondisi tentunya terasa menyiksa sekali. Namun salah satu manfaat buah semangka untuk ibu hamil adalah memberi rasa segar dan menenangkan sehingga rasa mual akan berkurang. 

Selain itu semangka juga bsa menambah energi dan gizi yang dibutuhkan ibu hamil.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Biasanya para ibu hamil juga mengalami kondisi gangguan pencernaan. Ada yang kelebihan asam lambung, ada juga yang mengalami sembelit. 

Nah, buah semangka akan mengatasi masalah tersebut. Kandungan serat yang tinggi pada semangka juga akan memperlancar pencernaan sehingga masalah sembelit bisa teratasi.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Semangka kaya akan kandungan zat Likopen. Sehingga semangka merupakan makana sehat untuk ibu hamil yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Baik jantung si ibu maupun sang janin

8. Menjaga Sistem Imunitas

Karena kandungan vitamin C dalam semangka cukup tinggi, maka manfaat buah semangka juga untuk menjaga kekebalan atau imunitas tubuh ibu hamil. 

Saat perubahan musim atau cuaca sangat penting untuk menjaga kondisi ibu hamil. Maka asupan vitamin V dari semangka akan bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

9. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Kalium yang terkandung dalam buah semangka berfungsi untuk mendukung pembentukan tulang janin. Buah semangka juga akan menguatkan persendian pada ibu sehingga menjadi lebih sehat dan kuat.

Itulah 9 manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang perlu Anda tahu. Jangan lupa lengkapi asupan gizi dan nutrisi untuk ibu hamil dengan buah-buahan yang direkomendasikan termasuk semangka.

Semoga bermanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil"