Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

9 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Anda, Bisa Buat Wajah Semakin Sehat

9 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Anda

Memanfaatkan air hangat tentu tidak ribet dan tak susah. Ada 9 macam manfaat lho, simak ulasanya…

Kegiatan dan aktivitas keseharian di luar rumah tentunya membuat wajah Anda terkena sinar matahari dan debu serta polusi. 

Berbagai kotoran itu membuat wajah menjadi kusam dan kotor. Jika tidak dibersihkan dengan benar akan memicu timbulnya jerawat dan berbagai masalah kulit wajah lainnya. 

Ada cara praktis, murah, mudah namun efisien untuk merawat dan membersihkan wajah Anda. Yaitu dengan mengerti manfaat air hangat untuk wajah serta melakukannya. 

Nah, tak hanya itu saja karena masih ada manfaat air hangat lainnya untuk wajah Anda. Berikut ini kita akan bahas sampai 9 poin.

Menggunakan air hangat untuk membersihkan dan melakukan perawatan ringan pada wajah merupakan solusi cerdas untuk perawatan wajah secara murah meriah dan mudah.  Namun perlu juga tata cara agar berhasil.

Nah, sebelum menggunakan air hangat untuk perawatan wajah, sebaiknya ikuti langkah berikut ini. Yaitu tangan Anda harus bersih. 

Gunakanlah pembersih khusus tangan ataupun sabun cuci piring untuk cuci tangan Anda. Selain itu harus teratur dan rutin. Dan untuk mengringkan wajah nantinya Anda harus memilih atau menyiapkan handuk yang lembut. 

Yang paling penting adalah memilih suhu air hangat yang tepat, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.

Manfaat Air Hangat Untuk Wajah

Membersihkan Atau Menghilangkan Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah yang nyaris tiap orang mengalaminya. Masalah kulit satu ini bias disebabkan karena kulit wajah yang berdebu dan kotor dan tidak segera dibersihkan. 

Kotoran dan debu akan menutup pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat. Jerawat akan semakin parah jika sering dipencet dengan tangan yang kotor.

Untuk mencegah jerawat ternyata sangat mudah. Cukup dengan rutin membersihkan wajah dengan air hangat ketika menjelang tidur malam dan sangat bangun tidur. 

Bagi Anda yang mengalami jerawat yang sudah meradang tambahkanlah sesendok atau dua sendok garam pada air hangat lalu gunakan untuk cuci muka.

Membersihkan Komedo di Wajah

Manfaat air hangat untuk wajah selain untuk mencegah jerawat juga untuk membersihkan komedo. Meskipun tidak menyakitkan, namun komedo juga membuat wajah kurang sedap dipandang. 

Tak hanya pada daerah hidung, komedo juga bisa muncul di bagian dahi dan dagu. 

Penyebab timbulnya komedo adalah juga akibat tersumbatnya pori-pori bersama adanya kotoran dan debu.

Cara membersihkan komedo dengan air hangat yaitu dengan membasuh wajah Anda menggunakan air hangat terlebih dahulu. 

Setelah itu Anda boleh membersihkan komedo dengan menggunakan pinset yang bersih. Sesudah itu akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air dingin agar pori-pori rapat kembali.

Air Hangat Untuk Relaksasi Wajah

Otot wajah yang tegang dan lelah bisa dikendurkan dan direlaksasi dengan air hangat. Selain itu air hangat juga membuat mengatasi masalah kulit kering dan jerawat. 

Gunakanlah air hangat untuk membasuh wajah agar lebih rileks. 

Selanjutnya gunakan masker tomat untuk menutrisi kulit wajah Anda. Diamkan hingga mengering lalu lap menggunakan handuk lembut.

Membantu Kinerja Kosmetik

Selanjutnya air hangat juga bermanfaat untuk membantu kerja kosmetik perawatan wajah. Fungsinya sebagai pembersih awal dan membuat pori-pori kulit wajah terbuka dan siap menyerap kandungan zat dalam kosmetik.

Mengatasi Peradangan pada Kulit Wajah

Air hangat juga bermanfaat untuk mengatasi radang kulit. Caranya pun midah dan singkat. Cukup tambahkan 2 atau 3 sendok makan garam ke dalam segelas air. 

Setelah diaduk dan tercampur merata gunakan untuk membersihkan kulit yang sedang mengalami radang. Gunakan bantuan kapas wajah untuk mempermudah.

Melembabkan Kulit Wajah

Air yang menjadi salah satu sumber mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Baik untuk kesehatan tubuh teramsuk kulit wajah. 

Dengan banyak mengkonsumsi air secara rutin, maka kulit Anda akan lebih lembab, kencang dan elastis. 

Meskipun banyak yang menyaranakna untuk konsumsi air minum 8 gelas perhari, namun sebenarnya tidak harus demikian. 

Jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh memang total ada 8 gelas perhari, namun itu tidak harus berupa minuman berupa air.  Karena pemenuhan air tersebut bisa juga berasal dari buah-buahan dan sayuran. 

Seperti dilansir situs Hoaxes.id, konsumsi air putih harus 8 gelas perhari hanyalah mitos saja tanpa bukti ilmiah. 

Jadi, Anda harus tetap memperbanyak konsumsi air putih tanpa harus terpaku pada ukuran 8 gelas tersebut. Ikuti saja kebutuhan tubuh Anda, jika haus minum, jika sudah kenyang ya jangan di paksa.

Menjaga Keelastisan Kulit

Dengan kulit yang elastis dan terus terjaga keelastisannya, tentu Anda akan selalu terlihat awet muda. Keriput dan tanda penuaan juga akan tersamar secara sempurna. 

Untuk itu, camourkan saja beberapa bahan berkhasiat ke dalam air hangat untuk membasuh wajah. Misalnya perasan jeruk nipis, madu, mawar ataupun yang lainnya.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kesehatan wajah bisa terjaga dila sirkulasi darah lancar. Nah, manfaat air hangat untuk wajah antara lain juga untuk melancarakan peredaran darah ke wajah. 

Anda perlu merutinkan membasuh wajah dengan air hangat agar sirkulasi darah menjadi lancar. Lakukan dua kali sehariu untuk hasil yang maksimal.

Untuk Melawan/Menghilangkan Kantuk

Banyak orang yang memilih membasuh muka menggunakan air dingin saat kantuk datang di saat yang tidak diinginkan. Saat meeting, saat lembur dan sebagainya. 

Nah, manfaat air hangat untuk wajah yang selanjutnya adalah untuk melawan dan menghilangkan kantuk. Ini tak lepas dari fungsi air hangat yang bisa memperlancar sirkulasi darah ke wajah.

Itulah ulasan tentang 9 manfaat air hangat untuk wajah yang perlu Anda coba praktikkan sendiri. 

Selain mudah dan simple, tentu murah meriah dan tidak perlu mahal-mahal. Sekian, semoga bemanfaat.
Disclaimer: Seluruh Informasi Kesehatan yang tersedia di blog ini bersumber dari Jurnal serta situs-situs kesehatan yang telah terverifikasi. Mohon gunakan konten atau artikel tersebut untuk rujukan atau referensi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan/ketidakakuratan pada konten. Silahkan hubungi Dokter atau Ahli Medis untuk mendapatkan Penanganan secara Profesional.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Anda, Bisa Buat Wajah Semakin Sehat"